Teh Ditambah Susu Sama Dengan Gemuk

lelly

New member
Penelitian terbaru membuktikan minum teh bisa membantu mengurangi berat badan tetapi efeknya batal bila anda menambahkan susu.

Para ilmuwan sudah menemukan bahwa teh mengandung senyawa tingkat tinggi yang membantu mengurangi jumlah lemak yang diserap oleh usus dan bisa mengurangi kolesterol. Bagaimanapun juga protein yang ditemukan dalam susu sapi menetralkan kemampuan melawan lemak ini.

Riset baru menunjukkan bahwa senyawa, yang disebut theaflavin dan thearubigin, mencegah obesitas saat diberikan oleh tikus yang juga menjalani diet tinggi lemak.

Para peneliti sekarang percaya ini bisa menjelaskan kenapa orang di Inggris tampaknya tidak mendapat manfaat dari dampak kesehatan teh meskipun menjadi salah satu konsumen teh terbesar di dunia.

"Bila teh dikonsumsi bersama susu, theaflavin dan thearubigin membentuk kelompok dengan protein susu, yang menyebabkan lapisan endapan. Artinya kita tidak memperoleh manfaat kesehatan dari senyawa ini maupun dari protein susu. Maka dari itu, selalu disarankan untuk minum teh tanpa susu," kata Dr Dejavit Borthakur, seorang ilmuwan The research Association, di Jorhat, India, dalam Telegraph akhir Maret lalu.

Para ilmuwan di pusat riset sekarang mengembangkan jenis baru dari teh dengan senyawa tingkat tinggi ini. Senyawa itu dikenal sebagai polifenol. Para ilmuwan juga mencari cara untuk membuatnya kurang peka untuk dinetralkan oleh susu.

Riset mereka menunjukkan bahwa dosis rendah dari ekstrak teh biasa mengurangi tingkat kolesterol dalam tikus juga mengurangi tingakt asam lemak dalam aliran darah binatang.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang mengungkapkan bahwa ekstrak daun teh menghalangi penyerapan lemak dalam usus tikus yang diberi makan tinggi lemak.

Tikus-tikus ini juga memiliki sedikit jaringan lemak dalam tubuh mereka dan kandungan lemak lebih rendah dalam hati mereka. Penelitian itu dipublikasikan dalam Journal of Nutrition bulan ini.

"Ekstrak teh hitam mungkin mencegah pola makan yang menyebabkan obesitas dengan menghalangi usus menyerap lemak," kata Dr Hiroaki Yajima, seorang ilmuwan yang melakukan riset bersama Kirin Beverage Company.

Proses fermentasi yang digunakan untuk membuat daun teh "hitam", juga ditemukan menaikkan tingkat senyawa penentang lemak ini dibandingkan dengan teh hijau, yang tidak difermentasi.

Riset itu menunjukkan meskipun perhatian lebih banyak diberikan pada manfaat teh hijau, teh hitam mungkin memiliki lebih banyak sifat meningkatkan kesehatan yang tertutup dengan kecenderungan meminumnya bersama susu.

Para peneliti Inggris juga menemukan bahwa jeis susu yang digunakan dalam secangkir teh bisa berdampak pada tingkat senaywa "sehat".

Dr Lisa Ryan, seroang dosen senior gizi manusia di FUnctional Food Centre di Oxford Brookers University, menemukan bahwa susu skim mengurangi tingkat senyawa aktif ini lebih jauh daripada keseluruhan atau susu semi-skim.

Timnya melihat lima merek teh hitam berbeda yang dijual di Inggris, mengukur aktivitas senyawa antioksidan dan polifenol setelah menambahkan beberapa jenis susu yang berbeda.

"Kadar lemak dari susu tampaknya menyangga antioksidan dan polifenol. Molekul-molekul yang disebut kasein mengikat polifenol dan menurunkan ketersediaan mereka bagi tubuh dan dalam susu skim hal ini lebih terjadi. Meskipun menambahkan susu berdampak pada ketersediaan polifenol, teh masih sumber penting bagi mereka," tambah Dr Ryan.

sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/k...tml?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter
 
aku dulu juga suka minum teh plus fresh milk gitu...
hmm, tapi masak si malah ga bisa mendapatkan manfaat kesehatan?
 
Back
Top