Penyusun Injil Yohanes

Mrs_Sumart1

New member
Siapakah penyusun Injil Yohanes? Penyusunnya bukanlah Tuhan dan bukan Yohanes sendiri. Bacalah ayat Injil Yohanes dibawah ini :

? Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya. ? (Yohanes 19:35)

?Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar.? (Yohanes 21:24)

?Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka saya khawatir agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.? (Yohanes 21:25)

Siapakah yang dimaksudkan oleh ayat diatas kata-kata ? orang yang?kesaksian nya? dan ?ia? pada Yohanes 19:35. Dan kata ?Dialah, kita? pada Yohanes 21:24. Dan kata ?saya? pada Yohanes 21:25? Dapatkah kata ganti yang termaktub pada ayat-ayat itu dikaitkan dengan Yohanes yang tiba-tiba meninggalkan Yesus di taman Gesmani ketika beliau membutuhkan bantuan? Atau bisakah dikaitkan dengan nama Yohanes, salah seorang dari empat belas orang yang menghadiri perjamuan terakhir bersama Yesus? Bukankah kedua orang itu sama-sama bernama Yohanes! Nama Yohanes adalah nama yang umum dipakai dikalangan orang Yahudi pada masa Yesus, juha dikalangan orang Kristen sekarang. Kedua orang yang bernama Yohanes ini bukanlah penulis Injil Yohanes. Jadi sudah jelas bagi kita, Injil Yohanes adalah hasil karya orang yang tidak jelas namanya sampai sekarang.
 
Back
Top