Yeremia menemukan Gereja

Mrs_Sumart1

New member
Sementara nabi Yeremia yang saleh terkurung dalam penjara, Yerusalem mengalami keruntuhan. Kota ini merupakan pusat ibadah gereja Perjanjian Lama. Beberapa waktu sebelumnya, Yerusalem adalah tempat yang suci - penuh dengan kemuliaan Allah, dan dilayani oleh nabi-nabi yang suci dan hamba-hambaNya yang kudus.

Tetapi sekarang Yerusalem penuh dengan sakit-penyakit dan kematian, dan dihuni oleh nabi-nabi palsu dan orang yang mati kehidupan rohaninya. Seandainya saudara termasuk salah satu orang suci yang tersisa dan bertahan pada waktu itu, saudara tidak akan bisa menemukan satu rumah ibadah pun yang benar atau seorang hamba Tuhan pun yang saleh. Segala sesuatu yang dulunya kudus dan penuh berkat sudah rusak binasa.

Hati Yeremia hancur ketika ia melihat keadaan yang payah itu. Allah sudah memberitahu Yeremia di pasal sebelumnya bahwa Yerusalem sudah terlalu berdosa dan sekarang Dia "menyembunyikan wajahNya" dari kota ini. Dia memperingatkan, "Aku tidak tahan melihat gerejaKu yang sudah berubah. Penyembahan berhala dan kebodohan orang-orang - semua gerakan "sotoh rumah" yang baru - semua ini membangkitkan amarahKu. Segala kedagingan dan hal yang tidak berasal dari Aku, akan Kubakar sampai hangus!" (lihat Yeremia 32:29).

Yeremia sendiri menjadi sangat terpusat perhatiannya pada puing-puing di sekelilingnya sehingga pandangannya tidak tertuju pada janji-janji yang Allah telah tetapkan untuk umatNya. Yeremia bisa menjadi kehilangan harapan, hari-harinya habis terbuang untuk memikirkan hal-hal yang menyedihkan dan makin tenggelam ke dalam keputusasaan. Barangkali dia berpikir, "Sia-sialah semuanya ini - Allah sudah menyembunyikan wajahNya dari kita. Tidak ada satu rumah ibadah pun yang murni!"

Tetapi tiba-tiba Tuhan berfirman kepada nabi ini, "Yeremia, berdoalah kepadaKu dengan sungguh-sungguh. Kamu kira gerejaKu sudah tidak ada sisa-sisanya lagi. Tetapi akan Kutunjukkan kepadamu keajaiban yang sudah Kurencanakan untuk umatKu!" (lihat Yeremia 33:3).

Jika orang Kristen dewasa ini ingin mencari gereja yang benar, mulailah dengan cara ini: dengan doa! Gereja Allah yang benar tidak akan bisa ditemukan dengan cara naik-turun bis, kereta api, atau pesawat terbang dan hilir-mudik ke seluruh penjuru dunia. Kita tidak bisa sampai di gerejaNya dengan cara modern apa pun. Satu-satunya petunjuk yang dapat diandalkan adalah persekutuan doa kita dengan Tuhan!
 
Back
Top