Fidel Castro Mundur dari Pucuk Pimpinan Partai Komunis

Dipi76

New member
Fidel Castro Mundur dari Pucuk Pimpinan Partai Komunis
Selasa, 19 April 2011 19:27 WIB

Havana (ANTARA News) - Fidel Castro mengonfirmasikan ia telah mengundurkan diri dari kemimpinan penting Partai Komunis Kuba, setelah partai itu menyetujui satu rancangan reformasi ekonomi.

"Raul tahu bahwa saya tidak akan menyetujui satu peran resmi di partai itu sekarang," kata Castro dalam satu artikel di portal Cubadebate.cu, mengcau pada adiknya Raul dan tidak duduknya ia dalam Komite Sentral baru partai itu, yang dipilih Senin.

Castro, 84 tahun adalah sekretaris pertama dalam Komite Sentral partai itu--- yang menjadi tiang pondasi pemerintah Komunis negara itu-- sejak partai itu dibentuk tahun 1965.

Fidel mengatakan ia menyerahkan fungsi fungsi ketua partai itu kepada Raul ketika ia melepaskan jabatan presiden kepada adiknya karena kesehatannya membunruk tahun 2006.

"(Raul) adalah sekretris pertama dan panglima militer," kata Fidel dalam artikel itu dikutip AFP.

Tindakan itu dilakukan setelah Kongres Partai Komunis keenam yang Senin menyetuji tindakan yang bertujuan untuk mempertahankan ekonomi yang direncanakan terpusat itu dari kehancuran tetapi tidak mendukung perubahan ekonomi berorientasi pasar.

Sejumah 1.000 utusan berembuk di Havana selama kongres empat hari partai itu yang menyetuji sekitar 300 usul ekonomi dan memllih para pemimpin satu komite sentral.

Raul, yang akan berumur 80 tahun 3 Juni, kemungkinan secara resmi menjadi sekretaris pertama partai itu.

Raul, Sabtu mengatakan ia mendukung batas masa jabatan para pemimpin politik 10 tahun.

Raul menolak reformasi berorientasi pasar yang lebih luas seperti yang dilakukan China, dengan mengatakan hal akan bertentangan dengan esensi ssosialisme... karena mereka mengizinkan konsentrasi kemiskinan."

===============

Raul Gantikan Fidel Castro Sebagai Pemimpin Partai Komunis Kuba
Rabu, 20 April 2011 04:56 WIB

Havana (ANTARA New/AFP) - Presiden Kuba Raul Castro telah ditunjuk sebagai pemimpin Partai Komunis yang berkuasa, menggantikan kakak laki-lakinya, ikon revolusi Fidel Castro, yang memegang jabatan tersebut sejak didirikannya partai itu pada 1965.

Seorang pejabat menyampaikan pengumuman bersejarah tapi telah diperkirakan itu pada upacara penutupan Kongres Keenam Partai Komunis Kuba, yang dihadiri oleh Fidel Castro yang sudah tua, yang telah memastikan pengunduran dirinya beberapa jam sebelumnya.

Komite Sentral baru spartai itu, yang ditunjuk pada Senin malam, juga menunjuk Wakil Presiden Jose Ramon Machado, 80, sebagai sekretaris kedua yang baru dan orang nomer dua (setelah) Raul Castro.

Di antara perubahan partai lainnya, (anggota) politbiro baru itu telah dikurangi dari 19 menjadi 15 orang, termasuk tiga anggota baru.(*)


sumber: antara



-dipi-
 
Udah Mbah Fidel, santai aja di Pantai Cuba sambil isep cerutu havana.
sambil menanti masa bertemu sahabatmu, Che Guevara.
 
Back
Top