(Ask) Berhenti Tumbuh
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post     Original Poster (OP)

Re: (Ask) Berhenti Tumbuh

Kutip:
Oleh depe_3rd View Post
Penambahan tinggi itu ekuivalen dengan pertumbuhan tulang, jadi pertumbuhan tinggi itu akan berhenti atau melambat pertumbuhannya antara usia 18-25, baik itu untuk laki-laki ataupun perempuan. Satu hal yang perlu dipahami terlebih dahulu bahwa tinggi badan sangat ditentukan oleh gen. Gen itu dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah "huruf" dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (disingkat dengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (disingkat dari Thymin). Begitu pula, bila seseorang memiliki C ganda akan membuat mereka lebih tinggi satu sentimeter dari yang memiliki T ganda.

Soal obat, gw sangat tidak menyarankan, karena dari obat-obat yang ada itu sebenarnya nggak ada bedanya dengan semacam booster yang bisa didapat dari sumber lain semacam minyak ikan. Jadi untuk lebih amannya ya langsung minum aja minyak ikan yang udah ada dipasaran.

Ketika seseorang memasuki usia 'berhenti tumbuh' itu bukan berarti nggak ada perkembangan sama sekali karena semua itu bisa dipicu. Caranya cukup banyak kok, walau terdengar klise. Seperti berolah raga secara rutin seperti joging, basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Renang bisa juga menambah tinggi badan seseorang, namun ada juga yang menyangkalnya dengan alasan bahwa berenang hanya membentuk badan supaya lebih proporsional sehingga tubuh kelihatan lebih tinggi, padahal tinggi masih tetap sama.

Dan olah raga itu dibarengi dengan asupan gizi yang baik serta pola makan yang benar. Banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan juga secara rutin mengkonsumsi kalsium yang bisa diperoleh dari susu, misalnya. Bisa dicoba tuh susu yang high calsium.

Waah, ternyta begitu. Terima Kasih penjelasannya Bu Dokter hhe..
Saya jadi ngerti banyak
G sekedar cuma denger info lngsung praktekin, terima kasih banyak
DouglasDouglas
DouglasDouglas DouglasDouglas is offline
Home Level

Post: 10
 
Reputasi: 24

__________________
       





Reply With Quote     #12   Report Post  

Re: (Ask) Berhenti Tumbuh

Rata-rata bayi mempunyai tinggi kira-kira satu kaki, delapan inci pada waktu dilahirkan. Dalam waktu 20 tahun berikutnya, manusia berkembang tiga kali lipat dari panjang tubuh ketika ia dilahirkan dan mencapai tinggi rata-rata sekitar lima kaki delapan inci.

Mengapa manusia tidak terus bertumbuh? Apa yang membuat tubuh berhenti bertambah besar? Di dalam tubuh terdapat sistem kelenjar-kelenjar yang dinamakan kelenjar-kelenjar endokrin yang mengendalikan pertumbuhan tubuh kita.

Kelenjar-kelenjar endokrin adalah: kelenjar tiroid (kelenjar gondok) di leher, kelenjar di bawah otak yang menempel pada otak, kelenjar timus yang terdapat di dalam dada, dan kelenjar kelamin. Kelenjar di bawah otak adalah kelenjar yang merangsang pertumbuhan tulang-tulang kita.

Jika kelenjar itu terlalu banyak bekerja, lengan dan kaki kita tumbuh terlalu panjang serta tangan dan kaki kita menjadi terlalu besar. Jika kelenjar tidak bekerja cukup keras, kita mungkin akan tumbuh sebagai orang kerdil.

Seorang anak dilahirkan dengan kelenjar timus yang besar dan kelenjar itu tetap menjadi semakin besar selama masa kanak-kanak. Ketika seorang anak mencapai usia 13 atau 14 tahun, kelenjar timus mulai menyusut.

Kelenjar timus dan kelenjar kelamin mungkin mempunyai hubungan tertentu. Selama kelenjar timus bekerja, kelenjar-kelenjar kelamin tetap kecil. Pada waktu kelenjar-kelenjar kelamin berkembang, kelenjar timus berhenti bekertja. Inilah sebabnya mengapa ketika seseorang menjadi dewasa secara seksual pada usia kira-kira 22 tahun, ia akan berhenti bertumbuh!

Kadang-kadang kelenjar-kelenjar kelamin terlalu cepat berkembang dan menghambat pertumbuhan kelenjar timus lebih cepat. Hal ini sering kali membuat seseorang mempunyai tinggi badan di bawah rata-rata.

Karena kaki kita bertumbuh lebih lambat dan lebih dari bagian-bagian tubuh lainnya, perkembangan awal ini membuat kaki menjadi pendek. Itulah sebabnya mengapa orang-orang berkembang terlalu cepat sering kali bertumbuh pendek dan gemuk. Napoleon adalah contoh dari jenis orang ini.

Jika kelenjar-kelenjar kelamin berkembang terlalu lambat, kelenjar timus tetap bekerja dan orang itu menjadi lebih tinggi dari ukuran tinggi rata-rata. Sebenarnya, kita tetap bertumbuh sedikit bahkan setelah mencapai usia 25 tahun, dan kita mencapai tinggi maksimum kira-kira pada usia 35 atau 40 tahun.

Setelah itu tubuh kita menyusut kira-kira setengah inci setiap 10 tahun sekali! Alasan untuk ini adalah mengeringnya tulang-tulang rawan di dalam sendi-sendi kita dan di dalam tulang belakang pada waktu kita bertambah tua.

sumber
Carl_Sagan
Carl_Sagan Carl_Sagan is offline
City Level

Post: 242
 
Reputasi: 12

__________________
Alam semesta adalah segala yang pernah ada, yang ada, dan yang akan ada.

Visit my science blog here





Reply With Quote     #13   Report Post  

Re: (Ask) Berhenti Tumbuh

Kutip:
Oleh depe_3rd View Post
Penambahan tinggi itu ekuivalen dengan pertumbuhan tulang, jadi pertumbuhan tinggi itu akan berhenti atau melambat pertumbuhannya antara usia 18-25, baik itu untuk laki-laki ataupun perempuan. Satu hal yang perlu dipahami terlebih dahulu bahwa tinggi badan sangat ditentukan oleh gen. Gen itu dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah "huruf" dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (disingkat dengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (disingkat dari Thymin). Begitu pula, bila seseorang memiliki C ganda akan membuat mereka lebih tinggi satu sentimeter dari yang memiliki T ganda.

Soal obat, gw sangat tidak menyarankan, karena dari obat-obat yang ada itu sebenarnya nggak ada bedanya dengan semacam booster yang bisa didapat dari sumber lain semacam minyak ikan. Jadi untuk lebih amannya ya langsung minum aja minyak ikan yang udah ada dipasaran.

Ketika seseorang memasuki usia 'berhenti tumbuh' itu bukan berarti nggak ada perkembangan sama sekali karena semua itu bisa dipicu. Caranya cukup banyak kok, walau terdengar klise. Seperti berolah raga secara rutin seperti joging, basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Renang bisa juga menambah tinggi badan seseorang, namun ada juga yang menyangkalnya dengan alasan bahwa berenang hanya membentuk badan supaya lebih proporsional sehingga tubuh kelihatan lebih tinggi, padahal tinggi masih tetap sama.

Dan olah raga itu dibarengi dengan asupan gizi yang baik serta pola makan yang benar. Banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan juga secara rutin mengkonsumsi kalsium yang bisa diperoleh dari susu, misalnya. Bisa dicoba tuh susu yang high calsium.
Benarkah?? wah berarti harapan megha kecil banget dong untuk bertambah 1 inchi lagi??
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.426
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #14   Report Post  

Re: (Ask) Berhenti Tumbuh

sama donk non egha ma aku... wehehe...
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245

__________________
Nyi Belang


Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Berhenti merokok kukuku Kesehatan 4


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.