Recovery Hati Setelah Putus Cinta

2008_10_17_04_18_23_broken-detail.jpg

Siapa yang tidak suka dengan perasaan jatuh cinta, yang kata orang memiliki berjuta rasa. Namun bagaimana dengan putus cinta? Dimana semua kebahagiaan yang mungkin telah berlangsung selama bertahun-tahun seakan hilang dalam sekejap, yang ada hanya tetesan air mata yang tak kunjung berhenti. Keadaan ini tentunya pernah dirasakan oleh hampir setiap orang, dan cara mengatasinya juga berbeda tergantung dari pribadi masing-masing.
Jika Anda sedang berada dalam keadaan ini, putus cinta untuk yang kesekian kalinya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari keadaan yang kurang menyenangkan itu.

1. Buatlah daftar tentang hal-hal yang Anda inginkan dan tidak dari sosok pasangan hidup. Bisa sampai ke hal-hal terkecil, seperti Anda ingin pasangan yang bisa berdansa misalnya, atau hal-hal yang serius, misalnya Anda menginginkan seseorang yang sangat bertanggung jawab pada keluarga. Kalau semua itu penting menurut Anda, jangan ragu untuk memasukkannya di dalam daftar.

2. Buat resolusi berhubungan yang baru.
Coba identifikasikan ketakutan-ketakutan yang memengaruhi hubungan Anda yang terakhir, dan putuskan apakah Anda akan mengambil langkah untuk menghadapi semua ketakutan tersebut. Misalnya, jika dalam hubungan yang terakhir Anda takut kehilangan kebebasan, bagaimana cara mengatasinya di hubungan yang baru, sehingga Anda tidak perlu merasa kehilangan jati diri dalam berhubungan.

3. Tanya pada diri sendiri, "apa yang menyebabkan Anda bisa bertahan selama itu dalam hubungan yang lalu?" Hal-hal apa saja yang tidak bisa berjalan dengan baik? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Hal apa yang akan Anda lakukan jika hal tersebut terjadi lagi?

4. Biarkan diri Anda bersedih dan menangis, apabila hal tersebut bisa membuat Anda nyaman. Untuk beberapa orang, mendengarkan lagu-lagu cinta yang sedih dan menghabiskan malam dengan menonton film-film romantis adalah hal-hal yang bisa mempercepat recovery hati. Namun untuk beberapa orang, berkencan dengan orang baru dalam nuansa yang kasual atau bersenang-senang bersama teman-teman adalah sesuatu yang bisa mempercepat perasaan sedih itu berlalu.

 
Back
Top