Buta Warnakah Lebah?

Status
Not open for further replies.

Archie_Chan

New member
Kita pernah melemparkan tuduhan kepada si Sapi yang mengidolakan warna merah, sehingga menumbuhkan persepsi pada masyarakat bahwa sapi akan menyeruduk pada seseorang yang mengenakan pakaian berwarna merah.
Hmmm...mitos yang satu ini sudah terpatahkan dengan penelitian yang menyatakan bahwa ternyata sapi termasuk hewan yang buta warna.

Ya, itu hanya intermezo mitos yang sudah terlanjur beredar di masyarakat. Selanjutnya kita telaah lagi kepada makhluk yang lebih kecil dan menarik, yaitu lebah.

Pertanyaannya, apakah lebah memiliki penglihatan yang dapat membedakan warna bunga ketika mereka menentukan bunga untuk dihisap madunya?

Great, pertanyaan yang sempurna bukan?

Jawabannya perlu berdasarkan penelitian dan eksperimen yang dapat kita cobakan secara sederhana.

Caranya, beri sedikit sirop pada kartu berwarna biru dan taruh juga kartu berwarna merah yang tidak diberi sirop. Sesaat kemudian kerubutan lebah akan mengerubuni kartu berwarna biru. Kemudian cobalah tukar kartu biru yang ada sirop tadi dengan kartu biru yang tanpa sirop, masih berdekatan dengan kartu merah yang tanpa sirop tadi. Alhasil, meski kedua-duanya (kartu biru dan merah) tidak terdapat sirop, niscaya lebah akan memburu kartu biru yang menurut persepsi lebah adalah mengandung sirop berdasarkan pengalaman sesaat sebelumnya.

Hmmm...Apa kesimpulan kalian?
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top