Creative Ziio 7: Tablet Android dengan Fitur X-Fi

crdeikon

New member
Bosan dengan tablet ala kadarnya yang banyak beredar saat ini? Mungkin tablet yang satu ini bisa jadi pilihan Anda. Tablet Android dari Creative ini ternyata dilengkapi dengan sound premium X-Fi!

Tablet keluaran Creative ini diberi nama Ziio 7. Angka 7 tersebut merujuk kepada layar 7 inci yang digunakan tablet ini. Prosesor yang dipakai tablet ini adalah prosesor yang dikeluarkan oleh Creative sendiri, yaitu ZiiLABS ZMS-08 HD Media-Rich Applications dengan kecepatan 1 GHz. RAM yang digunakan berkapasitas 512 MB.

Creative-Ziio-7-Tampak-Depan.jpg


Creative-Ziio-7-Tampak-Belakang.jpg


Android: Akhirnya Froyo
Creative-Ziio-7-About.jpg


Saat perangkat ini datang pertama kali ke kantor Jagat Review, sistem operasi yang digunakannya masih menggunakan Eclair. Saat memeriksa website resminya, ternyata sudah ada update firmware serta sistem operasinya. Kami pun meng-update-nya menjadih Froyo versi 2.2.1.

Berbeda dengan tablet yang biasa kami uji, Ziio hanya memiliki tiga layar home screen. Akan tetapi, setiap home screen memiliki dua layer yang bisa Anda ubah dengan menggeser ke atas dan ke bawah.

Creative-Ziio-7-HomeScreen-2.jpg


Layar: Resistif dilengkapi dengan Stylus
Jika Anda mendengar bahwa sebuah tablet Android dilengkapi dengan layar resistif, Anda mungkin akan mengabaikan tablet tersebut. Jangan salah! Ziio 7 dilengkapi dengan sebuah stylus sehingga Anda dapat menulis bak sebuah buku.

Creative-Ziio-7-Notes.jpg


Fasilitas Video dan Audio: Menggelegar dengan X-Fi
Di websitenya, Ziio 7 disebut sebagai entertainment tablet yang berarti utamanya ditujukan untuk menghibur pemiliknya. itu berarti, tablet ini telah mendukung video dan audio. Dengan layar 7 inci, Ziio 7 mampu memainkan video dengan resolusi 720p. Format video yang didukung juga termasuk lengkap, di antaranya H.264, MPEG4, WMV9, MOV, AVI, dan MKV. Saat Anda sedang menyaksikan video dan merasa layar 7 inci terlalu kecil, Anda dapat menancapkan kabel mini HDMI dan menyambungkan ujung lainnya ke layar monitor (yang tentu sudah mendukung konektivitas HDMI pula). Saat dalam kondisi seperti ini, tablet ini menjadi sebuah remote control. Anda dapat memainkan file video ini di aplikasi yang bernama ZiiVideo. Sayangnya, ZiiVideo tidak mendukung file subtitle.

Selain dapat memutar file video, Ziio 7 pun dapat memutar file audio. Dukungan terhadap format file audio juga sangat baik. Ziio 7 mendukung MP3, AAC, WMA9, FLAC, OGG, MIDI, dan WAV. Oleh karena FLAC merupakan format lossless, kami mencoba Ziio 7 untuk memainkan file FLAC. Suara yang keluar dari speakernya tergolong kurang baik. Akan tetapi, semua itu terhapus saat Anda menggunakan sebuah earphone atau headphone. Suara yang dihasilkan pun lebih baik. Akan tetapi, bagaimana jika pengguna tetap merasa bahwa suara yang dihasilkan kurang optimal?

Creative-Ziio-7-X-Fi.jpg


Ziio merupakan satu-satunya tablet Android yang memiliki fasilitas X-Fi yang dapat membuat video dan audio memiliki suara yang lebih keras dan lebih baik. Kami pun mencoba menggunakan X-Fi dan ternyata beberapa rekan menganggap suara yang dihasilkan tablet ini menjadikannya tablet Android dengan suara yang sangat baik.

Benchmark
Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui seberapa baik hardware yang dimiliki oleh sebuah smartphone atau tablet. Walaupun begitu, hasil benchmark belum tentu menandakan kencang tidaknya performa keseluruhan. Hal tersebut tergantung dari tingkat optimalisasi produsen dari segi software terhadap hardware-nya. Saat tablet atau smartphone teroptimalisasi dengan benar, seharusnya kinerja berbanding lurus dengan hasil benchmark tersebut. Untuk aplikasi benchmark yang kami gunakan, dapat Anda mengunduhnya secara gratis.

FPS Benchmark
Creative-Ziio-7-FPS-Benchmark.jpg

Kami menggunakan aplikasi benchmarking NeoCore dan GEARS. NeoCore merupakan aplikasi benchmark game yang menggunakan engine game dari Qualcomm. Selain itu, GEARS memperlihatkan tiga buah roda gigi yang berputar untuk menguji kemampuan OpenGL ES 1.0 dan 2.0 sebuah graphics processor. Tentunya, setiap hasil FPS yang tinggi, game yang kita mainkan akan lebih lancar. Jika Anda menemukan sebuah game 3D yang lagging, pengujian NeoCore sudah menjawabnya.

Quadrant
Creative-Ziio-7-Quadrant.jpg

Aplikasi gratis yang satu ini menghitung nilai dari CPU, I/O dan GPU. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

Sumber: Review Tablet Creative Ziio 7: Android X-Fi
 
Back
Top