Wisata Candi Di Daerah Magelang Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Tempat Rekreasi] Wisata Candi Di Daerah Magelang

Candi Borobudur











Candi yang merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia ini dibangun oleh Raja Syailendra pada abad VIII masehi. Lokasi Candi Borobudur ada di Desa Borobudur, sekitar pegunungan Menoreh Kec. Borobudur Kab. Magelang. Kata Borobudur berasal dari Bara dan Budur. Bara/Vihara artinya komplek candi dan budur atau beduhur artinya diatas atau bukit. Jadi Borobudur bisa diartikan sebagai Komplek Candi yang berada di bukit. Tinggi bangunan candi adalah 15 m diatas bangunan sekitarnya. Candi ini merupakan Candi Budha. Tinggi bangunan candi mencapai 34,5 m. Bangunan candi merupakan tingkatan. Semakin keatas semakin kecil, mirip bangunan limas. Tingkat 1 sampai 6 berbentuk bujur sangkar dan tingkat 7 sampai 19 berbentuk lingkaran. Pada Candi Borobudur terdapat Arca Budha sebanyak 504 buah dan stupa 72 buah. Pada dinding candi terdapat relief yang berupa cerita dan hiasan. Jika dilihat dari atas, maka Candi Borobudur mengadopsi bentuk bunga lotus. Candi Borobudur merupakan obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Event tahunan terbesar adalah pada Hari Raya Tri Suci Waisak, dimana umat Budha berkumpul untuk memperingati hari kelahiran Sidharta Gautama dan penerimaan Wahyu. Peringatan ini diselenggarakan pada Bulan Mei.
Di sekitar taman candi banyak terdapat kios dan penjual berbagai macam souvenir. Mulai dari Kaus, patung, perak dan kerajinan kayu. HTM: Mancanegara: Dewasa: Rp99.000 Anak-anak: Rp54.000 Domestikewasa: Rp9.000 Anak-anak: Rp5.000

Candi Mendut



Candi Mendut merupakan Candi Budha, berjarak 3 Km dari Candi Borobudur menuju ke arah Yogyakarta. Candi ini berbentuk limas pada bagian atapnya dan mempunyai beberapa stupa kecil dibagian atasnya. Di dalam Candi terdapat 2 buah Arca Budha. Di sekitar Candi Mendut terdapat Komplek Asrama para Bhiksu. Fasilitas yang ada antara lain tempat parkir dan toilet. Serta beberapa kios penjual. HTM: Mancanegara: Rp3.000 Domestik: Rp1.500

Candi Pawon



Candi Pawon terletak 1,5 km ke arah barat dari Candi Mendut dan ke arah timur dari Candi Borobudur, juga merupakan sebuah candi Budha. Saat diteliti secara lengkap pada reliefnya, ternyata merupakan permulaan relief Candi Borobudur. Banyak orang mengira Candi Pawon merupakan sebuah makam, namun setelah diteliti ternyata merupakan tempat untuk menyimpan senjata Raja Indera yang bernama Vajranala. Candi ini terbuat dari batu gunung berapi. Ditinjau dari seni bangunannya merupakan gabungan seni bangunan Hindu Jawa kuno dan India. Candi Pawon terletak tepat di sumbu garis yang menghubungkan Candi Borobudur dan Candi Mendut. Kemungkinan candi ini dibangun untuk kubera. Candi ini berada di atas teras dan tangga yang agak lebar. Semua bagian-bagiannya dihiasi dengan stupa (dagoba) dan dinding-dinding luarnya dengan gambar-gambar simbolis.

Candi Asu





Candi Asu adalah nama sebuah candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi Pos, kelurahan Sengi, kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah (kira-kira 10 km di sebelah timur laut dari candi Ngawen). Di dekatnya juga terdapat 2 buah candi Hindu lainnya, yaitu candi Pendem dan candi Lumbung (Magelang). Nama candi tersebut merupakan nama baru yang diberikan oleh masyarakat sekitarnya. Disebut Candi Asu karena didekat candi itu terdapat arca Lembu Nandi, wahana dewa Siwa yang diperkirakan penduduk sebagai arca asu ‘anjing'. Disebut Candi Lumbung karena diduga oleh penduduk setempat dahulu tempat menyimpan padi (candi Lumbung yang lain ada di kompleks Taman Wisata candi Prambanan). Ketiga candi tersebut terletak di pinggir Sungai Pabelan, dilereng barat Gunung Merapi, di daerah bertemunya (tempuran) Sungai Pabelan dan Sungai Tlingsing. Ketiganya menghadap ke barat. Candi Asu berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 7,94 meter. Tinggi kaki candi 2,5 meter, tinggi tubuh candi 3,35 meter. Tinggi bagian atap candi tidak diketahui karena telah runtuh dan sebagian besar batu hilang. Melihat ketiga candi tersebut dapat diperkirakan bahwa candi-candi itu termasuk bangunan kecil. Di dekat Candi Asu telah diketemukan dua buah prasati batu berbentuk tugu (lingga), yaitu prasasti Sri Manggala I ( 874 M ) dan Sri Manggala II ( 874 M ).

Candi Ngawen





Candi Ngawen terletak di desa Ngawen Kecamatan Muntilan. Persisnya berada 2 km sebelah selatan Kompleks Makam Kyai Raden Santri, Gunung Pring, dan sekitar 5 km sebelah timur Candi Mendut. Menurut perkiraan, candi ini dibangun semasa dengan Candi Borobudur yakni pada masa Wangsa Syailendra. Berbeda dengan candi-candi Budha lainnya, Candi Ngawen terdiri dari 5 (lima) buah candi kecil-kecil. Namun dari kelimanya baru satu candi yang utuh kembali, itupun tanpa atap.
Candi yang menghadap ke timur ini berada ditepian Kali Blongkeng Muntilan, sebuah sungai yang dipercaya banyak mengandung belerang. Seperti pada candi Mendut, masing-masing candi disini dihiasi ornamen singa pada keempat sudutnya sebagai aliran pembuangan air. Relief yang masih tampak jelas adalah kinnara yakni makhluk surgawi yang berbentuk setengah manusia setengah burung.
anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned

Same hotel, Same room, Different price. Compare hotel prices and find the best deal, in Rupiah or US Dollar

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

ada ASU nya. . .
zoeratmand
Continent Level

Post: 6.486
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua

Recent Blog: different island   





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

Kutip:
Relief yang masih tampak jelas adalah kinnara yakni makhluk surgawi yang berbentuk setengah manusia setengah burung.
jadi pingin lihat candi nya,kalau kesana mau mampir ah lihat relief nya

apakah itu sebuah alien ya mana gambar nya den relief manusia setengah burung
rizalolo
Mod

Post: 45.525
 
Reputasi: 261

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

kapan2 asyik juga tu den main kesana ama anak2 II
anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

benar juga den
rizalolo
Mod

Post: 45.525
 
Reputasi: 261

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

oke den atas kebenarannya
anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

jadi kepingin ke borobudur lagi nich.
Village Level

Post: 75
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

@mas

Wah klu jd ke sana upload fotonya donk
anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

candi ASU?????

terakhir ke candi borobudur kelas 6 sd..jd kangen jg
Miki_Miki
Continent Level

Post: 4.709
 
Reputasi: 130

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Wisata Candi Di Daerah Magelang

pic borobudurnya keren, diambil pas masih ada kabutnya.
erka
Home Level

Post: 18
 
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tempat wisata di wilayah kabupaten magelang anak_dumai Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel 2
Info berbagai tempat Wisata di Purwakarta mulai dari wisata alam,wisata budaya,wisata ziarah,dan wisata kuliner anak_dumai Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel 3
Wisata Candi di Yogyakarta Dipromosikan Lagi achdiat Politik, Ekonomi & Hukum 12
[Sejarah] Candi-Candi di Nusantara. Dipi76 Sejarah & Budaya 13
[Sejarah] Benarkah Ada candi yang lebih besar dari candi Borobudur? EsterAntonia Sejarah & Budaya 10


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.