Pendidikan Seks

eL_priNcipE

New member
Pengetahuan remaja tentang pendidikan seks dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain usia, intelegensi, system nilai dan kepercayaan, dan gaya hidup. Sedangkan faktor eksternal yaitu pendidikan, pergaulan atau lingkungan sosial, sarana informasi, sosial ekonomi, dan latar belakang pendidikan keluarga.

Pengaruh dari faktor internal yaitu semakin bertambah usia, semakin bertambah pula pengalaman dan pengetahuan seseorang tentang seksualitas. Tingkat intelegensi seseorang mempengaruhi daya tangkapnya terhadap informasi pengetahuan termasuk tentang seksualitas. Remaja yang menganggap dan menilai seks adalah tabu atau tidak patut dibicarakan akan salah dalam berperilaku seksual karena kepercayaan yang salah. Gaya hidup remaja yang menganut seks bebas, akan memilki pengetahuan yang tinggi karena mereka tidak hanya sekedar mencari informasi tetapi juga melakukan aktivitas seksual secara bebas.

Pengaruh dari faktor eksternal yaitu pendidikan baik formal maupun informal berguna untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang seksualitas. Pergaulan yang sehat dan lingkungan sosial yang mendukung kreativitas remaja dapat memberikan kesempatan bagi remaja untuk memperoleh informasi tentang seksualitas. Maju teknologi seperti televisi dan internet, dapat mempengaruhi pengetahuan remaja tentang seksulitas. Status ekonomi yang rendah, akan berpengaruh terhadap rendahnya pengetahuan yang dimiliki seseorang. Pendidikan keluarga yang tinggi akan mempengeruhi pengetahuan anggota keluarga lainnya.
 
Back
Top