Kerupuk Atom atau Kerupuk Tenggiri

Megha

New member
Buat Raden dan juga Nona yang suka sekali dengan kenikmatan gurihnya daging ikan tenggiri gak perlu bingung, selain ikan ini enak dijadikan lauk pauk untuk menemani makan nasi, ikan tenggiri ini juga cocok untuk dijadikan kudapan dan juga cemilan, bukan di siomay tapi kita jadikan kerupuk ;)

Resep ini megha dapatkan dari "blog aneka resep bunda" beliau ini megha lihat sedang asik memarut-marut daging ikan tenggiri dengan sendok makan yang terbuat dari kaleng. Ikan tenggiri ini teksturnya memang lembut, baunya tidak terlalu amis dan rasanya asli gurih <3D


Aaaahhhh Megha kebanyakan cing-cong!!! yuk kita coba buat kerupuk tenggiri ini dirumah :D


Bahan-Bahan Yang Digunakan :

1. Daging ikan tengiri yang masih segar 200 gram
2. Tepung Sagu Aren 300 gram
3. Gula Pasir 20 gram
4. Garam secukupnya
5. Soda Kue 1 sendok teh
6. Penyedap rasa secukupnya
7. Telur ayam 2 butir


Cara Pembuatan :

1. Ikan tengiri yang masih segar, dicuci, dibersihkan dan buang semua durinya. Diambil dagingnya saja.

2. Daging ikan tengiri tadi ditumbuk sampai halus, kemudian diberi gula, penyedap rasa, soda kue dan garam. Ikan dan bumbu tadi dicampur lalu diremas-remas hingga semua bumbu tercampur rata.

3. Kocok telur, dan campurkan pada adonan daging ikan yang telah dipersiapkan tadi. Remas-remas sampai tercampur rata.

4. Masukkan tepung sagu aren kedalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diuleni sampai adonan kalis.

5. Ambil sedikit adonan, dipulung atau digiling dengan telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang, kira-kira sebesar jari kelingking.

6. Hasil gilingan tersebut diiris-iris dengan pisau setebal kurang lebih 1cm. Hasil irisan kemudan direndam kedalam minyak goreng/minyak kelapa dingin selama beberapa saat.

7. Panaskan minyak goreng. Goreng rendaman tadi kedalam minyak panas, sambil terus diaduk-aduk hingga kerupuk atom/tengiri rata matangnya.

8. Untuk menguji apakah kerupuk atom sudah matang atau belum, maka kerupuk atom dapat dibelah dua dengan pisau. Kerupuk atom dapat dikatakan matang, apabila penampang belahan kerupuk bagian dalamnya sudah rata. Sebaliknya apabila ada bagian dalam kerupuk yang masih berongga, berarti bagian dalam kerupuk tadi belum matang.

9. Untuk penggorengan berikutnya, minyak jangan terlalu panas. Jadi pergunakan api yang stabil dan tidak terlalu besar. Hal ini untuk menghindari kerupuk sudah gosong dibagian luar, tapi masih mentah di bagian dalamnya.

10. Setelah dingin, kerupuk atom/tengiri yang sudah matang, simpan dalam kantung plastk atau toples yang tertutup rapat. Kerupuk siap disantap.




Note :
Banyak diantara kita yang percaya bahwa hasil adonan kerupuk ada baiknya dijemur dulu sampai kering sebelum di goreng. Hal ini dipercaya dapat membuat gorengan kerupuk jadi lebih garing ;)





Selamat mencoba ya nanti post foto kerupuk tenggiri aden dan non disini ya..
 
nih kerupuk yang udah megha buat
 

Attachments

  • Image012.jpg
    Image012.jpg
    93.2 KB · Views: 944
  • Image011.jpg
    Image011.jpg
    82.3 KB · Views: 889
  • Image018.jpg
    Image018.jpg
    270.5 KB · Views: 1,806
Back
Top