Apa sih Mimba

ipo

New member
Mimba (Azadirachta indica)
Daun dan biji mimba (Azadirachta indica) memiliki kandungan bahan aktif azadirachtin, salanin, nimbinen, dan meliantrol. Bahan aktif mimba bekerja dengan menghambat makan dan perkembangan hama. Pestisida nabati mimba dapat dibuat dari biji atau daun. Cara pembuatan pestisida nabati mimba dengan menggunakan biji, berikut langkah-langkah nya:
1. Tumbuk halus 200-300 g biji mimba.
2. Rendam serbuk biji mimba kedalam 10 liter air selam semalam.
3. Aduk larutan sampai rata dan saring dengan kain halus.
4. Semprotkan larutan biji mimba tersebut ke pertanaman.
Jika menggunakan daun, berikut langkah-langkah cara pembuatannya:
1. Tumbuk halus 1 kg daun mimba kering
2. Rendam selama semalam hasil tumbukan daun mimba ke dalam 10 liter air
3. Aduk larutan sampai rata dan saring dengan kain halus
Pada tanaman tembakau,pestisida mimba efektif untuk mengendalikan nematoda puru akar. Pestisida mimba juga efektif untuk mengendalikan jamur fusarium dan sclerotium. Selain bisa digunakan sebagai obat tanaman, tanaman mimba juga bisa digunakan sebagai tanaman obat. Tanaman mimba berkhasiat obat pada berbagai macam penyakit.
 
Last edited by a moderator:
huo nice inpo [<:)

tadi liat di gugel gambar mimba itu begini ya?
Daun+Mimba.jpg

Mimba (Azadirachta indica Juss) adalah tanaman hutan yang tumbuh bagus di daerah kering atau tandus. Dari daun dan buahnya amat berguna bagi kesehatan sedangkan pohonnya dapat dipergunakan sebagai perkakas rumah namun kurang disukai oleh masyarakat karena kurang kokoh.
hebat juga :D
 
Tumbuhan ini aslinya dari India, Nepal, dan Myanmar.
Daku baru tahu kalau namanya di sini disebut dengan mimba, karena kalau daku menyebutnya ini pohon Nimba atau kalau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Indian Lilac.

Yang unik dari pohon ini adalah daunnya selalu hijau, walaupun akan rontok tetap berwarna hijau dan tidak berubah warna.
Rasa buahnya asam manis (kayak kepiting dan cumi ya?)

Kalau di India sering dipakai untuk obat, baik obat tradisional maupun obat medis. Karena fungsinya bisa sebagai antidiabetic, antifural, antibacterial, antiviral dan bahkan bisa sebagai obat kontrasepsi karena bisa berfungsi sebagai spermicide. Selain juga, bisa menghasilkan minyak yang bisa digunakan untuk bahan kosmetik.
 
Back
Top