pengertian zakat, arti zakat

ghazu14

New member
Definisi Zakat
Secara etimologi, az-zakah ( الزكاة ) mempunyai arti:
· الطهر : suci
· الشرف : mulia
· النماء : tumbuh
· الزيادة : bertambah
· البركة : berkah
Sedangkan secara terminologi, zakat ( الزكاة ) adalah:

القدر الواجب إخراجه لمستحقيه فى المال الذي بلغ نصابا معينا بشروط مخصوصة

“Harta yang wajib dikeluarkan karena telah mencapai nisab (batas minimal) tertentu yang harus ditunaikan kepada para mustahiqnya dengan syarat-syarat tertentu”

Hukum zakat

Zakat wajib ditunaikan oleh seorang muslim yang memiliki harta yang telah sampai nisab dan syarat-syaratnya. Zakat adalah rukun Islam yang ketiga.

Allah SWT berfirman:
"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka..." (QS. At-Taubah (9): 103).

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat" (QS. Al-Baqarah (2): 110)

Rasulullah SAW bersabda:

يا معشر المهاجرين! خصال خمس إذا ابتليتم بهن، وأعوذ بالله أن تدركوهن: لم تظهر الفاحشة فى قوم قط حتى بعلنوا بها إلا فسا فيهم الطاعون و الأوجاع التي لم تكن مضت فى أسلافهم الذين مضوا و لم ينقصوا المكيال و الميزان إلا أخذوا بالسنين و شدة المؤنة و جور السلطان عليهم و لم يمنعوا زكاة أموالهم ألا منعوا القطر من السماء و لو لا البهائم لم يمطروا، و لم ينقضوا عهد الله و عهد رسوله إلا سلط الله عليهم عدوا من غيرهم فأخذوا بعض ما كان فى أيديهم، و ما لم تحكم أئمتهم بكتاب الله عز و جل و يتحروا فيما أنزل الله إلا جعل الله بأسهم بينهم

“Wahai orang-orang Muhajirin, ada lima hal yang apabila kalian ditimpa olehnya, maka aku berlindung kepada Allah karena kalian akan menjumpainya, yaitu: Tidak akan tersebar luas perbuatan keji pada suatu kaum bahkan sampai mereka berani mengerjakannya dengan terang-terangan kecuali akan menyebar kepada mereka wabah penyakit tha’un (semacam kolera) dan kelaparan yang tidak pernah ada ada pada generasi sebelumnya. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan takaran kecuali dalam beberapa tahun mereka akan mengalami kesengsaraan dan kelaliman penguasa kepada mereka. Tidaklah mereka menolak membayar zakat kecuali mereka akan ditahan memperoleh hujan dari langit yang kalau tidak karena binatang ternak, niscaya hampir-hampir tidak akan turun hujan. Tidaklah mereka membatalkan janji Allah dan janji Rasul-Nya kecuali akan Allah kuasakan musuh mereka menjadi pemimpin yang akan mengambil sebagian harta mereka. Dan tidaklah pemimpin-pemimpin mereka berhukum dengan selain kitabullah dan apa-apa yang Allah turunkan, kecuali akan Allah timpakan kesukaran hidup kepada mereka.” (HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim dengan sanad shahih)

sumber:
http://zakatinfak.com/
 
Back
Top