Musik Flamenco

imnanay

New member
Pengaruh Arab dalam Musik Flamenco


flamenco.jpg


Flamenco @ discovermadrid.com



Musik Flamenco memang lahir dan berkembang hingga saat ini di Andalusia, daerah di sisi selatan spanyol Namun, sebenarnya Musik tersebut merupakan hasil dari pengaruh budaya Arab yang kuat.

Pengaruh itu meliputi gaya pertunjukannya, ritma, hingga. rentang nada yang digunakan dalam setiap lagu, Jadi bisa dikatakan, Flamenco yang ada saat ini merupakan gabungan antara tradisi Spanyol dan Arab. Keduanya saling mengisi. sebagai sebuah karya seni, lagu dalam Flamenco dapat dikenal dari link lokal, gerakan tarian improvisasi, dan ritme Riinis yang mengiringi, baik link vokal maupun tariannya.

Lagu klasik dark Flarnenco ini banyak mengeksplorasi kesedihan, luka, ban kematian. Pada awalnya, lagu-lagu ini hanya menggunakan instrumen musik ritinis atau sekadar akapela. Alat musik gitar baru digunakan pada ábad ke-19 saat para gipsi menyanyikan dan menarikan Flamenco di kafe-cafe.

Berdasarkan penelusuran sejarahnya, kata Flamenco serertinya berasal dari turunan bahasa Arab, felag mangu, yang artinya petani yang menjadi buronan’, Makna itu didapatkan dari turunan akar bahasa Arab yang berarti melarikan diri, kata tersebut digunakan pada sekitar abad ke-14, dan digunakan oleh kaum gipsi di Andalusia. Ketikca itu;. mereka sering disebut gitanos atau flamencos.

Sedangkan untuk sejarah musiknya, asal usul Flamenco terlepas dari pengaruh kerajaan: Muslim di Andalusia terutama ketika kekuatan kerajaan itu mulai menurun, diiringi masuknya kekuatan Katholik di bagian tengah dan utara Spanyol yang semakih mendesak kerajaan Muslim di selatan, Saat itulah terjadi pertukaran budaya, Flamenco muncul ketika orang-orang Muslim, Yahudi, Kristen, dan gitanos berinteraksi satu sama lain.

Republika, britanica.com, Wachidah handasah/Resyid Nurid Hakim
 
Back
Top