Room OT: all about masakan dan memasak
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Ketentuan/Teknik] Room OT: all about masakan dan memasak

yoi teman-teman ii, misa mau belajar masak nih <-- senyumannya kayak banggga bener

bagi yang suka masak, atau baru, atau yang udah ahli atau bahkan yang udah ada punya restoran sendiri, gabung sini dong, share pengalamannya dong, sekalian pengen kenalan n tanya-tanya

misal dari tentang gimana baiknya buat pemula yang baru aja mulai dan pengetahuan dasar tentang memanaskan kompor (?) atau istilah Dry Heat Cooking (?)

dari beberapa artikel online yang misa baca, banyak banget yang bisa diserap ilmunya.
mungkin beberapa penggalannya bisa misa kutipkan disini ya


ada beberapa yang bilang untuk para pemula,

- belilah buku2 recipe masakan yang ada gambarnya lalu praktekan.
Nah, sementara di satu sisi ada yang bilang
- untuk pemula sebaiknya jangan menggunakan resep-resep untuk belajar memasak, pertama-tama kita kenali bumbu dari bahan-bahan masakan dulu.

mungkin bener ya dengan mengenali bahan-bahan dasar yang digunakan dulu.

"Dengan mengenal bumbu kita mengenal rasa, dan setelah mengenal rasa kita lebih jauh mengenal makanan dengan cita rasa yang berbeda." -misa-
(Ah, belum pernah ngomong bagus sebelumnya, kalau ada kritik dan saran buat kalimat ini kasih tau ya )

- setelah itu mungkin cari beberapa resep yang sederhana dan gampang, dan dari resep yang sederhana itu bisa kita lakuin dengan eksperimen dengan menambah bumbu-bumbu yang lain.

untuk tahap awal yang disebutin tentang mengenal bahan/pelengkap dasar yang biasa digunain misa udah cari-cari
nih misa buat threadnya http://indonesiaindonesia.com/f/1040...ngkap-memasak/


come..come..come
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

re: Room OT: all about masakan dan memasak

Mengenal dengan baik rasa bumbu belum berarti bakal lebih jauh mengenal makanan dengan cita rasa yang berbeda, lho Misa....

Contoh kecil...kita ambil contoh semur daging, disitu ada rasa manis ada rasa sedikit pedas...Di tongseng daging tanpa kuah juga ada rasa pedas...di tongseng daging kuah juga ada rasa pedas...

Ketiganya sama2 rasa pedas, tapi bahan utama pembuat rasa pedasnya beda2, lho...ada yang ambil dari cabe, ada yang dari merica, ada yang dari jahe...

Kalo tip dari aku buat pemula yang pengen belajar masak, sering2lah masak untuk mencapai apa yang dinamakan 'kebiasaan' ... mau dari resep, mau karangan sendiri pokoknya masak ...

Dan mengenal bumbu seperti yang Misa bilang itu hal yang bagus, jadi nggak akan ada kesalahan menggoreng ikan rasanya pedes padahal pengennya gurih karena salah pake bumbu....


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #3   Report Post  

re: Room OT: all about masakan dan memasak

wah, kapan ya aku isa pinter masak
princess_newbie
princess_newbie princess_newbie is offline
Continent Level

Post: 3.495
 
Reputasi: 275

__________________
Kupu Kupu Air Terjun

Jangan jadi orang lain untuk mendapatkan apa yang kamu harapkan.
Jadilah dirimu sendiri
.
Biasakanlah, posting dan komen yang bermanfaat..





Reply With Quote     #4   Report Post  

re: Room OT: all about masakan dan memasak

Kok daku nggak tertarik jadi pinter masak ya?
Butuh bakat juga kali ya? Karena daku kalau masak pasti harus pegang buku resep atau catatan dari Kak Dip.
Beda dengan Kak Dip, yang cuma dari ngerasain sebuah masakan bisa langsung tahu bumbunya ini itu dan bisa langsung bikinnya.
Second_Sister
Second_Sister Second_Sister is offline
Continent Level

Post: 3.117
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

re: Room OT: all about masakan dan memasak

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Mengenal dengan baik rasa bumbu belum berarti bakal lebih jauh mengenal makanan dengan cita rasa yang berbeda, lho Misa....

Contoh kecil...kita ambil contoh semur daging, disitu ada rasa manis ada rasa sedikit pedas...Di tongseng daging tanpa kuah juga ada rasa pedas...di tongseng daging kuah juga ada rasa pedas...

Ketiganya sama2 rasa pedas, tapi bahan utama pembuat rasa pedasnya beda2, lho...ada yang ambil dari cabe, ada yang dari merica, ada yang dari jahe...

Kalo tip dari aku buat pemula yang pengen belajar masak, sering2lah masak untuk mencapai apa yang dinamakan 'kebiasaan' ... mau dari resep, mau karangan sendiri pokoknya masak ...

Dan mengenal bumbu seperti yang Misa bilang itu hal yang bagus, jadi nggak akan ada kesalahan menggoreng ikan rasanya pedes padahal pengennya gurih karena salah pake bumbu....


-dipi-
bener juga, bisa jadi bahan pedas itu dari lada, atau jahe ya.
kebiasaan, ini dia yang penting ya k, kemarin misa bilang ke mami bakal masak, misa kira bakal diketawain, tapi eh bilang ya udah belajar aja sana dengan muka agak kaget kayaknya hoho, lagian udah cape masak jadi ai yang siap harus memasak, sip lah, ini kesempatan besar
Kutip:
Oleh princess_newbie View Post
wah, kapan ya aku isa pinter masak
ayooo nn puput kita sama-sama mulai dari sekarang
Kutip:
Oleh Second_Sister View Post
Kok daku nggak tertarik jadi pinter masak ya?
Butuh bakat juga kali ya? Karena daku kalau masak pasti harus pegang buku resep atau catatan dari Kak Dip.
Beda dengan Kak Dip, yang cuma dari ngerasain sebuah masakan bisa langsung tahu bumbunya ini itu dan bisa langsung bikinnya.
waaaaa pie toh ka, kan udah punya, masa gak tertarik siih, gak pengen dipuji-puji ama acaynya ya
gak perlu bakat k, kebiasaan aja yang kata kayak k Dipi bilang *berusaha mempengaruhi
huoh, ka Dipi hebat ya, icip masakan udah langsung tau bumbunya, waaa musti banyak belajar nih
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post  

re: Room OT: all about masakan dan memasak

Dalam hal masak memasak, harus diperhatikan nilai gizi yang terkandung dalam makanan yang kita buat itu. Karena itu sangat penting. Banyak orang2 di sekitar kita cuma pentingin 3 hal aja: Mudah, murah, enak. tapi ga mempedulikan nilai gizinya.

Usahakan sayuran, daging itu masuk dalam kategori suatu makanan pembuka kita. dan sehabis makan2an yang berbau2 minyak, kita bisa minum air jeruk. untuk mencegah panas dalam, menjaga daya tahan tubuh dan membersihkan usus2 dr sisa2 makanan..
GMediator
GMediator GMediator is offline
National Level

Post: 1.120
 
Reputasi: 98

__________________
Jual beli Liberty Reserve, C-Gold, EGC, GDP, Insta Balance, Liberty Reserve Euro, dan FXopen Prepaid Card
www.goldmediator.com





Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

re: Room OT: all about masakan dan memasak

huooo..makasih bang jiem masukannya, nilai gizi juga termasuk ya untuk memasak
hmm hmmm nyatat ke otak dulu semoga membekas
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

re: Room OT: all about masakan dan memasak

anehnya.. terkadang tapi sering, hanya dengan mencium bau masakan, saya bisa mengetahui bumbu apa yang kurang.. padahal gak bisa masak.. aneh gak sih?
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.523
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

re: Room OT: all about masakan dan memasak

ini pasti karna efek menunggangi berubah menjadi membaui

serius caaaaaaaaaaaaaakkk??? dirimu mang pintar masak???
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

re: Room OT: all about masakan dan memasak

serius sa.. daku bener2 ndak bisa masak, cuma hapal dengan bau2 masakan + bumbu.. soale sering maen ke rumah temen yang dulu kul perhotelan trus juga ker di hotel (tapi bukan chef) dan kini punya usaha katering sendiri, jadinya sedikit tau jenis aroma masakan, klo ndak pas di hidung pastinya ada bumbu yang kurang, tapi itu pun cuma beberapa jenis masakan saja terutama yang berkuah.. hehehe.. tapi menurut temen saya, memasak itu ternyata harus pede lo..
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.523
 
Reputasi: 155

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Cara memasak Gethuk HulkHogan Memasak & Makanan 14
MUST READ; Peraturan, Panduan, dan Index Forum Memasak & Masakan misa_chan Memasak & Makanan 4
Cara Memasak Pare? Gastaseni Memasak & Makanan 10
memasak tanpa MSG? cumprit Memasak & Makanan 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.