Kota Joplin diterjang Angin Topan

d-net

Mod
SENIN, 30 MEI 2011, 08:06 WIB
Renne R.A Kawilarang

Obama Saksikan Kehancuran Kota Akibat Topan

112181_presiden-barack-obama-kunjungi-korban-angin-topan-di-missouri--30-mei-2011_300_225.jpg

VIVAnews - Tak lama setelah pulang dari tur negara-negara Eropa, Barack Obama terbang ke kota Joplin, negara bagian Missouri. Di sana, presiden Amerika Serikat menyaksikan secara langsung hancurnya kota Joplin setelah diterjang angin topan, Minggu 29 Mei 2011 waktu setempat.

"Saya berjanji bahwa negara kalian ini akan selalu bersama kalian semua setiap saat," kata Obama, yang dikutip kantor berita Associated Press. "Kalian telah menunjukkan kebenaran yang bersahaja, bahwa di tengah tragedi ini kita semua bersaudara. Tidak ada orang asing di sini," ujar Obama, menyemangati penduduk Joplin yang terpukul atas hancurnya rumah mereka.

Kepada penduduk setempat, Obama menyatakan bahwa perhatiannya ini bukan sekadar basa-basi. "Kami akan tetap di sini setelah para juru kamera pergi," kata Obama sambil memeluk sejumlah warga. "Ini bukan tragedi kalian saja, tapi juga tragedi nasional sehingga akan ada tanggapan dari pemerintah pusat," kata Obama.

Dia baru saja kembali dari lawatan di negara-negara Eropa pada Sabtu pekan lalu. Dalam tur enam hari, Obama melawat ke Irlandia, Inggris, Prancis dan Polandia. Kini, setelah mengurus masalah internasional, Obama langsung disibukkan dengan kabar bencana alam di Missouri.

Menurut stasiun berita Fox News, angin topan itu pekan lalu menewaskan sedikitnya 139 orang. Selain itu 2.000 rumah hancur akibat amukan topan.


source
 
Back
Top