Gunung Dieng Siaga, Warga Diungsikan

Dipi76

New member
Gunung Dieng Siaga, Warga Diungsikan
Doty Damayanti | Glori K. Wadrianto | Senin, 30 Mei 2011 | 08:56 WIB

0855455p.jpg


JAKARTA, KOMPAS.com — Status Gunung Dieng dinaikkan menjadi siaga menyusul adanya aktivitas erupsi di Kawah Timbang. Warga dalam radius 1 km akan diungsikan.

Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwonugroho, Senin (30/5/2011), mengemukakan bahwa keputusan menaikkan status siaga itu diambil dalam rapat dengan unsur Muspida dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Banjarnegara, Jawa Tengah, semalam.

"Status Kawah Timbang di kompleks pegunungan Dieng tanggal 29 Mei 2011 pukul 20.45 dinaikkan menjadi siaga (level 3). Surat edarannya Nomor 997/45/BGL.V/2011 dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah dibacakan di hadapan Bupati Banjarnegara oleh petugas PVMBG," kata Sutopo.

Pegunungan Dieng berada di wilayah Kabupaten Batang, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Wonosobo. Kawah yang berada di area Dieng yaitu Sileri, Sinila, Siglagah, Condrodimuko, Sikidang, dan Timbang.

Menurut Sutopo, yang mengalami erupsi adalah Kawah Timbang yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Aliran gas mengalir sejauh 50 meter ke arah selatan. Erupsi bersifat freatic (lumpur, gas, uap) gas, di antaranya beracun, dalam bentuk CO atau CO2, serta tidak tampak dan tidak berbau.

Dengan naiknya status itu, radius aman diperluas dari 500 meter menjadi 1.000 meter. Warga yang berada di area kurang dari 1.000 meter akan dievakuasi pagi ini ke SMA 1 Kecamatan Batur atau ke kerabat terdekat. Hal itu akan didahului dengan sosialisasi melalui tokoh-tokoh masyarakat.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak tepancing isu terkait aktivitas Gunung Dieng yang tak jelas sumbernya. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah berkoordinasi dengan PVMBG, Bupati Banjarnegara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, BPBD Banjarnegara, dan dinas terkait, dinas kesehatan, dinas sosial, Kepala Polres, Dandim, dan BPBD Wonosobo," papar Sutopo.


Sumber: Kompas



-dipi-
 
Gunung Dieng Naik Status Menjadi Siaga
SENIN, 30 MEI 2011, 07:27 WIB Elin Yunita Kristanti

64720_panorama_alam_di_pegunungan_dieng_wonosobo_jawa_tengah_300_225.jpg

VIVAnews -- Gunung Dieng yang terletak di tiga kabupaten di Jawa Tengah: Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara dan Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah mengalami peningkatan status.

"Jadi kemarin, Minggu 29 Mei 2011 pukul 20.45 WIB, Dieng dinaikkan dari Waspada, atau Level II ke Siaga atau Level III," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, saat dihubungi VIVAnews, Senin 30 Mei 2011 pagi.

Ada sejumlah indikator yang mengakibatkan status Dieng dinaikkan. "Pertama dari pengamatan visual di Kawah Timbang," kata Surono.

Untuk diketahui, status Dieng sebelumnya telah dinaikan dari Normal menjadi Waspada pada 23 Mei 2011 pukul 14.00 WIB.

Terkait peningkatan status Dieng, petugas Palang Merah Indonesia (PMI) telah memperingatkan warga yang tinggal di sekitar Dieng agar waspada.

"Kami melarang warga mendekati kawah Timbang karena sangat berbahaya," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Banjarnegara, Edi Purwanto saat berbincang dengan VIVAnews.com, Minggu malam 29 Mei 2010.

Kata Edi, kawah Gunung Dieng terus mengeluarkan gas CO2, disusul dengan gempa vulkanik.

Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah segera melakukan evakuasi terhadap warga Desa Sumberejo yang tinggal di dekat sekitar gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sebanyak 140 kepala keluarga (KK) atau sekitar 510 jiwa dari desa Sumberejo Dusun Simbar, dan 151 KK atau sekitar 669 jiwa dari Dukuh Serang, dan ratusan warga Dukuh Kaliputih siap untuk dievakuasi.


sumber: vivanews
 
Back
Top