[Review] Tablet Android Cina dengan Procesor VIA8650

amartagadget

New member
Setelah ePad Android 2.0 yang dibekali dengan prosesor VIA8505 (600Mhz) beredar lebih dulu, kini muncul ePad Android 2.2 yang masih dibekali dengan prosesor terbaru keluaran VIA yaitu VIA8650 (800Mhz). Sebenarnya apa sih yang yang membedakan tablet terbaru ini dengan yang lama selain dari penggunaan prosesor yang lebih cepat?


Fitur Baru
Hal yang paling signifikan dari tablet ePad Android 2.2 ini dibanding dengan sang kakak adalah OS yang tertanam didalamnya. ePad Android 2.2 sudah dibekali dengan OS Android Froyo (2.2) yang ditandai dengan antar muka yang berbeda dengan OS Android 2.0 yaitu dari sisi akses ke main menu yang sebelumnnya pada Android 2.0 menggunakan metode "tarik", pada Android 2.2 untuk mengakses main menu cukup dengan menekan tombol "menu" pada sisi kanan bawah ePad. Selain antar muka baru, android 2.2 juga telah mengefisiensikan sistemnya sehingga OS ini menjadi lebih ringan dan irit batere.


Kemampuan Multitouch & Flash
Selain perubahan OS, ePad Android 2.2 juga mengalami upgrade dari sisi layar sentuhnya. Pada tablet baru ini layar sentuh menjadi semakin responsif dan dibekali dengan teknologi multitouch. Mungkin kita ingat pada waktu pertama kali iPhone diperkenalkan dengan kemampuan "cubit" untuk melakukan zooming, nah fitur tersebut sekarang sudah dapat kita nikmati di ePad Android 2.2. Kemampuan multitouch pada tablet ini dapat diaplikasikan pada saat kita mengakses koleksi foto kita maupun pada saat melakukan browsing.

Selain kemampuan multitouch, upgrade juga dilakukan disisi browser. Browser pada tablet ini sudah dilengkapi dengan dukungan terhadap flash 10 (bandingkan dengan iPad yang sampai dengan saat ini belum mendukung fitur flash). Dengan adanya fitur ini, semua animasi dan aplikasi yang berbasiskan flash pada internet dapat diakses secara sempurna. Sebagai contoh web dari www.amartagadget.com yang didalamnya terdapat konten flash dapat diakses dengan sempurna pada tablet ini. Dengan dukungan flash dan kemampuan multitouch maka pengalaman browsing akan terasa beda saat berselancar dengan tablet ini.


Aplikasi
Dibekali dengan prosesor baru yang lebih bertenaga memiliki arti semakin banyak aplikasi dan game yang dapat dijalankan pada ePad Android 2.2 ini. Pada tablet ini sudah terinstall beberapa game yang cukup "berat" yang biasanya tidak mampu dijalankan pada tablet dengan performa rendah. Beberapa game yang terinstall antara lain adalah game Angry Bird yang sangat terkenal tersebut, pada game ini kemampuan multitouch juga berperan besar untuk melakukan zoom in dan zoom out area permainan. Selain itu ada juga game Zuma dan Robo Defense, khusus untuk game Robo Defense dijamin akan membuat kita ketagihan karena game yang ber-genre strategi ini memang membuat pemainnya ketagihan. Dan yang paling penting dari semuanya adalah semua game diatas sudah merupakan versi full version, jadi tidak ada iklan yang mengganggu dan level yang diberikan juga sudah lengkap (bukan demo version).

Untuk aplikasi yang berbasiskan produktivitas, didalam ePad Android 2.2 ini juga telah terinstall aplikasi Docs to Go full version yang memungkinkan kita untuk membaca dokumen Microsoft Office (word, excel, powerpoint dan pdf) serta melakukan editing dan membuat file baru. Selain itu tablet ini juga dilengkapi dengan aplikasi Adobe PDF reader dan Adobe Photoshop Express (dan lagi lagi semuanya sudah full version).


Konektivitas
Untuk akses terhadap internet ada 2 metode yang bisa digunakan oleh tablet ini, menggunakan wifi dan modem USB 3G. Untuk akses terhadap wifi cara menggunakannya sangat sederhana, cukup masuk ke menu wifi setting dan nanti sistem akan secara otomatis melakukan scanning terhadap access point yang berada disekitar anda, dan kemudian jika access point tersebut sudah dilengkapi dengan password anda tinggal mengisinya dan mulai berselancar.

Untuk akses internet via USB modem, ada beberapa modem yang sudah ditanamkan drivernya pada tablet ini (jadi kita tidak perlu mencari dan melakukan instalasi pada tablet ini). Modem yang disupport antara lain dari tipe Huawei E220, E230, E169G, E160x dan E1750. Untuk modem lain jika kita ingin menggunakannya maka kita harus mencari drivernya sehingga perangkat ini dapat mengenalinya dan melakukan koneksi internet.


Multimedia
Akses multimedia yang dimiliki oleh tablet ini sangat lengkap, mulai dari music player, video player, kamera VGA serta video recorder. Untuk kamera, resolusinya mencapai 640X480 pixel (VGA). Sedangkan untuk memainkan file multimedia kita cukup menggunakan video dan music player bawaan, dan apabila ada belum puas kita dapat mendownload aplikasi lainnya via AppBrain.
 
Yang pernah pakai tentu saja tahu akan gadget ini. Tapi ane memang tidak tertarik dengan itu, berhubung tidak membutuhkannya.
 
Back
Top