Manusia Roh

Mrs_Sumart1

New member
Gal 5:16-18 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging, karena keduanya bertentangan-sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

Ciri-ciri orang perjanjian baru adalah hidup dalam pimpinan Roh Kudus, tidak lagi dipimpin oleh daging/perasaannya. Segala sesuatu yang dari Roh selalu setuju dengan Allah Bapa, tetapi apa yang dari daging merupakan seteru apa yang dari Allah. Segala sesuatu yang dari daging cenderung membawa kita pada pengaruh-pengaruh duniawi, bahkan kadang sampai membawa kita jauh dari Allah, sehingga kita hanya menjadi orang kristen biasa-biasa saja yang hanya sekedar beragama.
Orang kristen yang sesungguhnya adalah orang yang dimateraikan oleh Roh Kudus, dipenuhi oleh Roh Kudus, hidup dikuasai dan dipimpin Roh Kudus dan hidup dalam Firman Allah.
Ketika seseorang dilahirkan baru, Allah memberikan sebagian dari Roh-Nya untuk disatukan dengan roh kita, maka roh kita sekarang menjadi roh yang baru yang memiliki benih illahi, sehingga roh ini sekarang membawa jiwa dan tubuh kita tunduk kepada Allah, masuk pada hukum yang baru yaitu hukum kerajaan Allah. Oleh karena itu sejak kita mengalami kelahiran baru, kita harus pindah daerah, kita ganti sistem kita memakai hukum kerajaan Allah, tidak lagi memakai hukum dunia/daging.
Bila kita tak pindah daerah dan memakai hukum daging, kita akan terus menerus dipermainkan dan digilas oleh iblis/setan, maka akan mengalami kekalahan terus-menerus. Kalau kita pindah daerah dalam kerajaan Allah dan menerapkan hukum kerajaan Allah dalam hidup kita, maka yang ada adalah kebajikan, kemuliaan, anugerah Allah dan berkat-berkat Allah yang luar biasa, karena itulah yang Allah janjikan kepada kita dan Dia tidak pernah gagal dan selalu setia pada janjiNya. Supaya kita hidup dipimpin Roh, kita harus mengembangkan manusia roh kita, untuk dapat mengembangkan manusia roh kita ini, ita harus melakukan suatu tindakan, kita harus mengusahakannya. Jangan biarkan jiwa yang menguasai hidup kita, karena jiwa mudah terpengaruh oleh apa yang terjadi di sekeliling kita apa yang dilihat oleh mata, yang didengar telinga. Sedangkan roh selalu menuruti apa kata Allah, maka kalau kita mau menikmati dan mengalami perkara-perkara yang luar biasa dari Allah, hidup berkemenangan, kita harus hidup dipimpin oleh Roh.
Roh-lah yang harus mendominasi hidup kita sepenuhnya, sehingga jiwa dan tubuh tunduk kepada Roh.Dan Roh tidak pernah melawan Allah, tetapi selalu sehati dengan Allah, karena Roh Allah sendiri itulah yang ada di dalam kita. Banyak orang kristen mengalami kegagalan dan jatuh bangun dalam kehidupan kerohaniaanya, karena ia tidak mampu untuk mengambil/ mempergunakan hak-haknya sebagai anak Allah, ahli waris kerajaan Allah, hal ini disebabkan karena manusia rohnya terlalu lemah.
Allah sangat memperhatikan roh kita, manusia roh kita sangat berharga di mata Allah, maka roh kita diperbaharui-Nya. Dengan roh yang baru ini, kita mampu taat pada hukum Allah. Ketika roh kita sudah diperbaharui, sekarang kita mempunyai kerinduan, kehausan, kelaparan akan Firman Allah dan mencari Allah sungguh-sungguh. Keadaan jiwa dan tubuh kitapun tidak luput dari perhatian Allah. Bila ada jiwa yang luka, hancur, tergores, Allah sembuhkan dengan kasih-Nya.
Demikian juga tubuh, Allah terlebih dahulu membereskan keadaan roh kita. Kita harus melakukan suatu tindakan untuk mengembangkan manusia roh kita, sehingga roh dapat mendominasi kehidupan kita.
Yudas 1:20-21 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus. Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.
Yang perlu kita lakukan untuk mengembangkan manusia roh kita supaya kuat, adalah berdoa secara efektif.
Yak 5:16b ..Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sanagt besar kuasanya.
Kita dapat menikmati suasana doa yang menyenangkan dan hidup, bila kita berdoa di dalam Roh, berdoa dengan pimpinan Roh Kudus. Kita dapat mengerjakan banyak hal dalam doa-doa kita dan merupakan doa yang efktif, bahkan kita mengalami hal-hal yang baru dari Tuhan. Kita dapat dengan segera menerima jawaban doa-doa kita.
Dengan berdoa di dalam roh, kita akan merasakan persekutuan yang indah dengan Tuhan dan hari-hari kita merupakan hari-hari yang menyenangkan (I Tes 5:17). Doa yang berkuasa adalah doa dalam Roh, bukan doa yang monoton dan hanya doa mulut/hafalan saja. Dalam berdoa kita harus yakin dengan iman, tidak bimbang, karena doa orang benar bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya.
Kita adalah orang-orang benar, bukan karena perbuatan kita, tetapi karena iman kepada Yesus yang sudah membenarkan kita.
Salah satu cara mengasah manusia Roh kita adalah dengan berdoa yang sungguh-sungguh, patuh pada Firman Allah. Manusia Roh selalu lapar dan membutuhkan Firman, berbeda dengan manusia daging. Kalau kita gemar Firman, kitapun akan mempunyai kehidupan doa yang luar biasa. Makan Firman tidak hanya dari renungan harian, tetapi kita baca sendiri dengan pimpinan Roh Kudus. Juga mendengar khotbah-khotbah yang membangkitkan iman.
Kalau kita dekat dan mengenal Roh Kudus dengan sungguh-sungguh, kita tahu betul pada dorongan Roh Kudus. Jangan membuat doktrin/prinsip sendiri. Kita mempercayai Firman Allah, karena Firman Allah adalah penuntun kita, buang jauh-jauh manusia lama kita dengan filsafat-filsafat dunianya.
Manusia roh kita akan semakin kuat bila kita mengisi pikiran kita dengan doktrin Allah, pikiran kita diganti dengan pikiran Kristus.
Bila manusia roh kita berkembang, kita dapat mengalami lompatan-lompatan iman dan Allah menghendaki kita melakukan banyak Allah untuk memuliakan Alah dan semakin hari semakin meningkat. Jangan biarkan iman kita statis, tetapi pacu terus untuk bergerak maju dan mencapai kesempurnaan sampai kita serupa dan segambar dengan Kristus.
Amin
 
Back
Top