Khasiat Buah Kersen Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Khasiat Buah Kersen




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Buah] Khasiat Buah Kersen

Khasiat Buah Kersen






Siapa yang tidak kenal dengan buah kersen yang kalau di Jakarta suka disebut dengan buah ceri. Buahnya kecil dan rasanya manis. Selama ini kita jarang memperhatikan kegunaan/manfaat buah kersen (ceri). Sehingga buah ceri kebanyak dibiarkan membusuk, atau malah sering digunakan mainan oleh anak-anak.

Kersen merupakan salah satu jenis pohon pinggir jalan yang umum sekali dijumpai, terutama di wilayah-wilayah yang kering. Kersen tumbuh sendiri di pekarangan dan sepanjang halaman muka rumah, di tempat yang tak ada pohon lain dapat tumbuh.

Karena masih kurangnya pemanfaatan buah kersen, mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Fakultas MIPA UNY yaitu Nugrahini Dwi dan Maya Istikhomah, meneliti buah kersen untuk mengetahui kandungan gizinya dan berhasil membuat produk olahan kersen berupa sirup sebagai salah satu upaya meningkatkan nilai guna dari buah kersen.

Menurut Nugrahini, ditinjau dari segi kandungan gizinya buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg.

“Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat,” ungkapnya seraya menambahkan, rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.



Cara Membuat

Maya, menerangkan cara membuat sirup kersen. Bahan-bahannya meliputi buah kersen masak, air, gula putih, kayu manis, garam, vanilla, pewarna makanan dan alat yang digunakan adalah ember, panci, penumbuk (cobek), saringan dan botol untuk mengemas.

Buah Kersen dipilih yang sudah matang (berwarna merah) lalu dicuci hingga bersih. Daging buah kersen dipisahkan dari kulitnya dengan cara di tumbuk lalu direbus dengan perbandingan 1 bagian air dengan 3 bagian kersen. (1:3).

Kersen lalu dicampur dengan gula dengan perbandingan 1:2 beserta vanilla, garam, dan kayu manis secukupnya sampai mendidih dan harus terus diaduk. Setelah mendidih sirup kersen disaring untuk menghilangkan ampas dan diberi pewarna agar lebih menarik dan dikemas dalam botol.

“Produk olahan dari kersen ini tidak menggunakan bahan kimia apapun semuanya alami. Oleh karena itu, produk olahan ini lebih sehat daripada produk yang ada di pasaran pada umumnya,” katanya.

Dikemukakan, kebanyakan produk di masyarakat seperti halnya sirup yang telah ada, pada umumnya hanya memberikan rasa dan kesegaran saja saat meminumnya, dan tidak mempunyai kelebihan atau manfaat bagi kesehatan khususnya.

Oleh karena itu produk olahan kersen itu nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk kesehatan tubuh karena terkait dengan khasiat yang dimiliki oleh kersen yaitu dapat mengobati asam urat.

(sumber : suaramerdeka.com)
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93

Dipi76: Megha: reppu :D

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Khasiat Buah Kersen

Kalo di Jakarta namanya Talok nih...
Pernah pengen nanem karena katanya gampang banget tumbuh, tapi kata dipe akarnya nggak bagus kalo ditanem deket rumah, karena bisa ngerusak pondasi...

Nice info, Non Kiki....


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Khasiat Buah Kersen

Oh, ngerusak pondasi ya, kuat amat tuh akarnya.....
Aq dari dulu mau tanam, tp ga sempat nyari pohonnya.....
Sebenarnya sih banyak di pinggir jalan, tp malu aja aq nyabutin tumbuhan liar kayak gitu buat ditanam di pekarangan rumah.
Setelah tau khasiatnya, aq jd semangat nih mo cari pohonnya.....
Biar ga malu lagi kl org tanyain, mo diapain tuh pohon liar, bilang aja, kl ini obat asam urat....
padahal, aq suka makan buahnya, mpe doyan banget.....
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Khasiat Buah Kersen

klo di tempat saya namanya keres...
orangtua dulu bilang jgn banyak2 makan keres (kersen) tar kena penyakit beri beri (wtf??)
kirain vitamin C lebih banyak pd buah yg ada asam2nya saja ternyata kersen yg manispun mengandung vitamin C.
Miki_Miki
Continent Level

Post: 4.709
 
Reputasi: 130

Megha: reppu
__________________





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Khasiat Buah Kersen

waah ane baru tau khasiatnya, padahal di tempat ane ada pohon kersen nya, makasih dah share ya
City Level

Post: 156
 





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Khasiat Buah Kersen

Oh itu namanya buah kersen toh?? karena gak tau nama buah ini aku dan temen-temen dirumah menyebutnya seri, karena mirip dengan buang cherry

dirumah dan dipekarangan kampusku banyak nih, buahnya merah-merah manis dan besar (sebesar kuku jempol), bener kata den Miki, orang tua saya juga sempat bilang buah itu buah liar dan bisa bikin sakit perut padahal saya dari TK sampai dewasa begini tetap sehat-sehat aja tuh hehehe..

Dan dari sepengamatan megha saat dulu pernah nanam dipinggir halaman, pohon kersen ini akarnya kuat banget, sampe tembok dekat pohon ini roboh.. mending tanam pohon kersen diperkarangan luas karena pohonnya rindang dan bikin adem
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543

__________________






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Khasiat Buah Kersen

Wah, beneran ya akarnya kuat banget..... Oh ya non, makasih repunya ya....
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Khasiat Buah Kersen

betul. Kersen ini akarnya memang ganas. Biarpun batangnya mudah patah, tapi akarnya bisa bikin jebol pondasi atau tembok. Sama halnya dengan tanaman pepaya.
Second_Sister
Mod

Post: 3.118
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Khasiat Buah Kersen

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Kalo di Jakarta namanya Talok nih...
Pernah pengen nanem karena katanya gampang banget tumbuh, tapi kata dipe akarnya nggak bagus kalo ditanem deket rumah, karena bisa ngerusak pondasi...

Nice info, Non Kiki....


-dipi-
Kutip:
Oleh Second_Sister View Post
betul. Kersen ini akarnya memang ganas. Biarpun batangnya mudah patah, tapi akarnya bisa bikin jebol pondasi atau tembok. Sama halnya dengan tanaman pepaya.
iya batang nya aja bisa memanjang kalau uda besar sulit nebang nya

batang ceri di belakang rumah ku aja di tebang karena uda terlalu besar

emang seri nya manis
rizalolo
Mod

Post: 45.172
 
Reputasi: 254

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Khasiat Buah Kersen

lama juga ya tidak makan buah ini, dulu waktu kecil padahal sering lho di desa saya.
yuhuuu
City Level

Post: 193
 
Reputasi: 3

__________________
tas branded batam |tas branded
:thumbsup:
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Khasiat Ajaib Buah Merah Dari Papua bebexbiroe Flora, Pertanian & Perkebunan 12
Khasiat Terong gunawancholis Kesehatan 6
khasiat kunyit Gia_Viana Flora, Pertanian & Perkebunan 9
Khasiat Jahe Rangga79 Kesehatan 2
Khasiat Zaitun Megha Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.