Mengenal Lulur Tradisional dan Khasiatnya

kiki1505

New member
Meski sederhana namun semua orang tahu bahwa perawatan tradisional Indonesia sudah sangat modern. Sebut saja lulur, yang sama dengan body scrub. Perawatan tubuh tersebut bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati dan kasar agar berganti dengan sel kulit baru.
Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, untuk itu kebutuhan nutrisnya pun pasti berbeda. Lulur tradisional diolah dari berbagai jenis bahan alami, yang bisa diambil dari rempah, buah, dan sayur. Masing-masing bahan memiliki manfaat masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Lulur atau luluran digunakan dengan cara mengoleskan bahan lulur pada tubuh, mulai dari ujung kaki sampai bagian tubuh lainnya. Biasanya lulur dibiarkan setengah mengering, lalu gosok dengan telapak tangan sampai lulur berjatuhan. Lulur dipercaya dapat membersihkan kotoran yang melekat pada tubuh, mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori sehingga kulit bisa bernapas.
Biasanya setelah pemakaian lulur, kulit akan terasa lebih lembut dan bersih karena lapisan atas kulit yang mati terangkat oleh lulur. Berminat melakukan perawatan lulur tradisional dirumah? Jika iya, Anda bisa mencobanya di waktu senggang. Kenali manfaat dan cara penggunaannya.

Scrubing atau luluran, merupakan metode kecantikan terlama dan terbukti untuk merawat tubuh kita. nggak hanya baik untuk kulit, bila rajin melulur kulit kita akan awet muda dan nggak BB atau bau badan.
Akan lebih baik, bila kita menggunakan lulur yang terbuat dari bahan alami. Dan nggak ada salahnya kok, membuat ramuan tersebut sendiri. Selain bebas dari kandungan kimia berbahaya, juga akan lebih memudahkan kulit untuk menyerap kandungan positif didalamnya. Bila kamu ingin membuat lulur sendiri, tengok tips dari whatzups satu ini.

1. Kunyit
Siapa yang tidak kenal kunyit?. Itutuh sejenis akar yang biasanya digunakan untuk bumbu masak. Eits, ternyata kunyit punya fungsi baik lho buat kulit kita. Nggak hanya sebagai antioksidan, ternyata kulit juga berfungsi sebagai antoseptik, antibakteri, antijamur dan antialergi. Jadi, bila kamu rutin menggunakan kunyit sebagai ramuan kecantikan, niscaya kamu akan terbebas dari penyakit kulit. Psssttt, ternyata kunyit juga bisa menstimuli peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar lho. Cantik luar dalam bukan?!.

2. Kencur
Bentuknya hampir mirip dengan kunyit, hanya saja berwarna putih agak kecoklatan dan memiliki aroma segar. Banyak juga lho yang memamfaatkan kencur sebagai bahan untu menghangatkan tubuh. Nah, kencur juga banyak fungsinya, selain menghaluskan kulit juga dapat menghilangkan bau badan, merawat jaringan kulit yang teriritasi dan antiseptik. Yang paling whatzups suka dari bahan ini adalah, membuat rasa hangat dan nyaman yang menciptakan kesan relaks dan membantu menghilangkan rasa lelah. Serasa pijat di SPA dech!.

3. Kopi
Nggak mungkin ada yang nggak suka minum kopi. Selain wanginya harum, dan bisa partner klop saat ngekafe bareng teman. Well, selain diminum ternyata kopi sangat bermamfaat bagi kulit. Kopi dapat membuang racun (detoks) dalam tubuh. Juga menghilangkan bekas luka/gigitan nyamuk, melancarkan peredaran darah, memperbaiki metabolisme kulit sehingga menjadi lebih sehat dan kuat.

4. Green Tea
The hijau atau green tea punya banyak khasiat baik bagi tubuh. Dan kulit, tentunya dapat membantu regenerasi kulit mati serta baik sebagai antioksidan. Dengan demikian, kita akan awet muda dan terjaga kesegarannya.

5. Cokelat
Sejak jama dahulu, coklat sering digunakan tidak hanya sebagai makanan tapi juga untuk merawat kecantikan kulit. Coklat mengandung zat anti penuaan dini yang berfungsi melawan sel-sel rusak.

6. Susu
Semua orang tahu, susu segar memberikan efek baik bagi kulit. Bahkan ramuan ini merupakan salah satu rahasia kecantikan Cleopatra di masanya. Susu berfungsi baik bagi tubuh untuk memutihkan, melembutkan, meremajakan dan mempercepat regenerasi jaringan kulit. No wonder kan kenapa banyak produk dipasaran mengandung susu.
 
3. Kopi
Nggak mungkin ada yang nggak suka minum kopi. Selain wanginya harum, dan bisa partner klop saat ngekafe bareng teman. Well, selain diminum ternyata kopi sangat bermamfaat bagi kulit. Kopi dapat membuang racun (detoks) dalam tubuh. Juga menghilangkan bekas luka/gigitan nyamuk, melancarkan peredaran darah, memperbaiki metabolisme kulit sehingga menjadi lebih sehat dan kuat.


Btw kopi ini kan dia mengeluarkan warna pekat, apakah jika kita menggunakan kopi sebagai lulur akan berpengaruh juga ke kulit kita??
 
Back
Top