Tips Bermanfaat untuk iPad dan iPad2

crdeikon

New member
Mungkin bermanfaat untuk para pengguna iPad dan iPad2.

1. Screen Capture

ipad-screenshot.jpg


Seminggu lalu, jumlah aplikasi iPad menembus angka 100.000 aplikasi. Namun, Anda tidak akan menemukan aplikasi untuk mengkopi tampilan layar, atau fungsi screen capture. Hal ini terjadi karena Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah. Tekan tombol Home dan Sleep/Wake secara bersamaan maka tampilan layar akan terkopi. Anda dapat menggunakan screen capture dalam semua aplikasi yang Anda miliki, bahkan game 3D. Hasil screen capture akan muncul dalam Photos.

2. Mengubah Susunan Home Screen

ipad-delete-app.png


Anda dapat mengatur susunan aplikasi pada homescreen sesuai keinginan. Klik dan tahan salah satu icon aplikasi sampai icon bergoyang-goyang dan muncul logo “x”. Dari sini, Anda dapat menggeser icon ke mana saja, termasuk ke halaman lain. Anda juga dapat menghapus aplikasi dengan menekan tombol “x”. Tekan tombol Home setelah Anda selesai mengatur icon.

3. Folder Aplikasi

1-folders-420-90.jpg


Sistem operasi Apple, iOS, saat ini sudah mendukung beberapa pembuatan folder pada aplikasi. Langkah pertama di dalam pembuatan folder baru adalah dengan melakukan tekan dan tahan pada salah satu icon aplikasi sampai ada reaksi “bergoyang”. Kemudian, tarik salah satu icon sampai bertumpuk dengan icon lain dan lepas. Proses pembuatan folder telah berhasil dengan terdapat dua icon aplikasi didalamnya. Folder tersebut akan dinamai secara otomatis sesuai kategori aplikasi, tetapi Anda juga dapat mengubah nama folder itu sesuai dengan keinginan Anda.

4. Batasan Akses

photo-1.png


Jika iPad Anda sering digunakan anak-anak atau Anda memfasilitasi iPad untuk pegawai kantor Anda maka Anda dapat mengatur akses sehingga pengguna tak dapat sembarangan mengubah setting. Masuk ke Settings – General – Restrictions untuk mengaktifkannya. Dari sini, Anda dapat menonaktifkan Youtube dan Safari, menghalangi instalasi dan penghapusan aplikasi, mengatur penggunaan GPS dan email account, menghalangi pembelian item-item dari dalam aplikasi, dan banyak lagi.

5. Berganti Aplikasi dengan Cepat

2-access-420-90.jpg


Untuk mengaktifkan proses tersebut, lakukan double-clicking pada tombol Home, maka Anda akan mendapatkan tampilan semua aplikasi yang sedang berjalan yang terdapat d ilayar pada bar bagian bawah. Anda dapat menggeser halaman ini ke kiri atau ke kanan untuk mengakses fungsi lain. Klik salah satu icon untuk berpindah ke aplikasi tersebut dengan cepat.

6. Orientation Lock atau Mute?

3-OrientLock-420-90-e1309792650664.jpg


Di samping iPad terdapat sebuah switch yang dapat berfungsi sebagai tombol mute atau tombol pengunci orientasi. Anda dapat mengubah fungsi tersebut melalui Settings – General.

7. Passcode Denied…DELETE ALL!

4-Passcode-420-90.jpg


Jika Anda memiliki beberapa data yang cukup sensitif pada iPad, Anda dapat mengaktifkan feature ini. Apabila ada seseorang memasukkan passcode yang salah hingga 10 kali, maka semua data dalam iPad akan terhapus. Untuk mengaktifkannya, dimulai dari Setting – General – Passcode Lock, lalu pilih Erase Data.

8. Perbesar Tampilan iPad

ipad-accessibility-ogrady2.png


Jika ada bagian dari tampilan iPad yang Anda rasa terlalu kecil, maka Anda dapat memperbesar tampilan dengan mengaktifkan fungsi Zoom. Masuk ke Settings – General – Accessibility, dan nyalakan fungsi Zoom. Dari sini, Anda dapat mengatur zoom dengan menggunakan tiga jari. Double klik layar dengan tiga jari untuk memperbesar. Scroll dengan tiga jari untuk bergeser ke bagian lain layar. Double klik, tahan, dan geser ke atas-bawah untuk mengubah tingkat zoom. Feature ini juga dapat diatur sebagai fungsi Triple-click Home.

9. Black-on-White

ipad-invert-colors.jpg


Anda merasa terlalu silau saat sedang membaca sebuah situs, Anda dapat mengubah tampilan yang mungkin akan menjadikan lebih nyaman. Aktifkan mode White-on-Black dan semua warna dalam tampilan iPad akan berbalik. Teks akan ditampilkan putih di atas latar hitam. Untuk mengaktifkan, Anda perlu masuk ke Settings – General – Accessibility. Jika Anda sering menggunakan feature ini, Anda dapat mengaktifkannya sebagai fungsi Triple-click Home Button dari halaman settings yang sama. Setelah itu, setiap kali Anda mengklik tombol Home sebanyak tiga kali dengan cepat, Anda akan mengaktifkan feature Black-on-White.

10. Quick Volume Mute

10-tip1mute-420-90.jpg


Anda dapat mengaktifkan mute dengan switch di samping iPad, tetapi fungsi switch ini dapat diubah-ubah. Untungnya, ada cara lain untuk mematikan suara. Tekan dan tahan tombol Volume-down di samping iPad dan iPad Anda akan ter-mute dalam sesaat.

Sumber: http://www.jagatreview.com/2011/07/10-tips-trik-andalan-untuk-ipad-2/
 
Wah, kok malah jd Android?

Ini ada tips-tips lanjutannya:

11. Keyboard Berkabel

ipad_camera_kit_connected_keyboard_1_0.jpg


Apple iPad kompatibel dengan semua keyboard bluetooth. Namun, bagaimana jika Anda membutuhkan keyboard, namun tak tersedia keyboard bluetooth. Jika Anda memiliki Apple Camera Connection Kit, maka Anda dapat memanfaatkannya. Hubungkan keyboard USB dengan camera connection kit, dan pasangkan pada iPad. Anda mungkin akan mendapat pesan bahwa aksesoris yang terhubung tidak kompatibel, tetapi keyboard tetap dapat digunakan. Cara ini mungkin tak berlaku dengan semua keyboard, tetapi kami belum pernah gagal saat mencobanya dengan keyboard dari berbagai merek.

12. Koneksi ke Televisi HD

12-connect-TV-420-90.jpg


Sekarang Anda dapat menghubungkan tablet iPad 2 Anda ke televisi HD milik Anda dengan menggunakan adaptor yang bernama Apple’s new Digital AV (yang menghubungkan adaptor Dock 30-pin ke port HDMI) atau bisa juga menggunakan adaptor Apple VGA. Kedua alat tersebut sudah tersedia pada Apple Store. Selain itu, iPad2 juga juga sudah mendukung Video Mirroring, sehingga tampilan Home pada iPad, dapat ditampilkan pada TV, bukan hanya video saja yang dapat diputar.

13. Kompatibilitas USB

image8.png


Beberapa tipe notebook, termasuk Apple Macbook seri lama, memiliki daya yang lebih kecil pada port USBnya. Akibatnya, Anda akan menemukan tulisan “Not Charging”. Jangan khawatir. Jika Anda melupakan charger iPad, Anda tetap dapat men-charge iPad Anda menggunakan port USB tersebut, asalkan layar iPad tidak aktif sama sekali. Tentu saja, membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai charge penuh. Jika Anda menemukan hal yang sama pada port USB desktop bagian depan, coba hubungkan iPad dengan port USB bagian belakang yang biasanya memiliki daya lebih tinggi.

14. Memanfaatkan Feature Multitouch (iOS5)

16-gestures-420-90.jpg


Isyarat Multitouch atau disebut Multitasking Gestures, memungkinkan Anda untuk empat atau lima gerakan jari pada iPad. Feature ini tersedia pada iOS versi 5 yang kini masih dalam tahap Beta. Untuk menggunakannya, Anda dapat “mencubit” layar dengan lima jari untuk kembali ke layar Home atau menggeser empat jari ke kiri/kanan/atas untuk mengakses aplikasi lain.

15. Split Keyboard (iOS5)

iPadKeyboardiniOS5DockandMerge_thumb.jpg


Pada iOS 5 Anda dapat membagi keyboard menjadi dua. Cara mudah sekali, hanya dengan menahan keyboard dengan dua jari dan “memecahnya” ke kiri dan ke kanan. Dengan keyboard terpecah, Anda dapat mengetik dengan hanya menggunakan ibu jari, seperti pada ponsel. Untuk mengembalikan seperti semula, Anda dapat menekan-tahan tombol Hide Keyboard dan memilih “Dock and Merge”. Melalui tombol ini, Anda juga dapat menggeser posisi keyboard. Hanya perlu tekan-tahan dan menggesernya ke posisi yang Anda inginkan.

16. Tanda Kutip dan Apostrophe Tersembunyi

27-quick-quotes-420-90.jpg


Tidak perlu masuk ke keyboard simbol untuk mengetik tanda kutip satu (‘) atau tanda kutip dua (“). Anda hanya perlu menekan-tahan tombol “?” dan tanda kutip akan muncul. Begitu juga jika Anda menekan-tahan tombol “!”.

26-iPad-hidden-420-90.jpg


17. Shortcut Tanda Titik

28-ipad-double-space-420-90.jpg


Sama seperti pada Blackberry, Anda dapat mengetikkan tanda titik (.) dengan menggunakan tombol spasi. Cukup tekan spasi dua kali berturut-turut dan secara otomatis tanda titik akan ditambahkan.

18. Caps Lock

23-tip9CAPS-420-90.jpg


Mengetik dengan huruf kapital dianggap kasar dalam nettiquette, tetapi kadang kita perlu untuk pekerjaan. Untuk mengaktifkan Caps Lock pada iPad, cukup klik tombol shift dua kali. Tekan sekali lagi untuk menonaktifkannya.

19. Matikan Auto Correction

ipad-spell-checking.jpg


Pesan yang Anda ketik jadi berantakan? Mungkin Spell Checker yang merusaknya. Feature ini bagus untuk bahasa Inggris, tetapi tak berguna bagi bahasa Indonesia. Untuk mematikan Auto Correction dan Spell Checker, masuk ke Settings – General – Keyboard dan nonaktifkan keduanya.

20. Scroll ke Atas

images1.jpg


Anda membaca artikel ini dalam iPad Anda sampai bagian paling bawah dan ingin kembali ke atas? Cukup sentuh status bar (bagian iPad yang menampilkan jam) dan secara otomatis Anda akan dibawa ke bagian paling atas website. Navigasi ini juga dapat digunakan dalam aplikasi lain, termasuk Twitter, document writer, dan e-mail.

Sumber: http://www.jagatreview.com/2011/07/10-tips-trik-andalan-untuk-ipad-2-part-2/
 
Update lagi:

21. Lacak iPad (atau iPhone) Keluarga

19-find-420-90.jpg


Aplikasi Apple, Find My iPad, dapat berfungsi untuk pelanggan MobileMe, tetapi Anda juga dapat menggunakannya pada iPad Anda dengan gratis. Di bagian Setting – Mail, Contacts, Calendars, klik Add Account lalu pilih MobileMe. Jika Anda memiliki account iTunes atau MobileMe, masukkan account tersebut disini. Jika tidak, ada pilihan lain untuk membuat ID pada Apple secara gratis. Setelah itu periksalah inbox e-mail Anda untuk melakukan verifikasi account.

Lalu kembali pada bagian layar MobileMe, untuk mengaktifkan aplikasi Find My iPad. Setelah itu, Anda dapat melacak lokasi iPad Anda dari situs me.com atau dari perangkat iPhone/iPad lain.

22. Atur iPad Notification

6-notify-420-90.jpg


Pernah terganggu pop-up dari Facebook saat sedang asik balapan? Untuk mengatasinya, pilih Setting, lalu Notifications, kemudian konfigurasikan aplikasi apa saja yang cukup penting untuk memunculkan notifikasi. Anda dapat mengatur apakah ingin pesan pop-up saja, suara saja, atau mematikan keduanya.

23. Aktifkan VPN

7-vpn-420-90.jpg


Pada bagian tips ini, Anda dapat melakukan pengaturan koneksi network pribadi secara virtual (VPN). Perangkat iPad sudah mendukung koneksi VPN. Untuk mengkonfigurasinya, Anda dapat memulainya dari Setting, lalu General, kemudian pilih Network. Pilih VPN dan jangan lupa untuk menggeser tombol slide menjadi On. Kemudian tambahkan konfigurasi VPN disertakan dengan server dan account secara lengkap.

24. Matikan Wi-Fi Autodetect

8-wifi-420-90.jpg


Jika kita sedang menggunakan koneksi 3G, kadang menjengkelkan jika kita selalu diganggu dengan pesan pop-up setiap kali ada hotspot tersedia. Untuk menonaktifkannya, masuk ke Settings – Wi-Fi, dan matikan “Ask to Join Networks”. Kapanpun Anda mau terhubung dengan hotspot, Anda hanya perlu masuk ke halaman ini dan memilih secara manual.

25. Matikan Persentase Baterai

9-battery-420-90.jpg


Ingin membuat status bar iPad Anda lebih minimalis? Matikan tampilan persentase baterai dari Settings – General – Usage. Pada bagian Usage, terdapat menu Battery Percentage, lalu geserlah tombol menjadi Off untuk mematikan tampilan Battery Percentage.

26. Pantau Kuota Data Internet

Memantau pemakaian data 3G pada iPad tidak mudah karena tidak ada keypad maupun feature SMS pada iPad. Salah satu workaround adalah dengan memanfaatkan data usage pada iPad. Dari Settings – General – Usage, Anda dapat melihat pemakaian data 3G. Reset Statistics setiap kali Anda baru mengisi pulsa, dan tampilan ini akan mencatat jumlah data yang terpakai dengan cukup akurat. Data yang dikirim via Wi-Fi tidak tercata di sini, hanya yang menggunakan jaringan seluler.

27. Batasi Pencarian Pada Spotlight

17-restrict-spot-420-90.jpg


Ketika menggeser layar iPad ke kiri, maka akan muncul sebuah menu pencarian Spotlight. Secara standar dapat melakukan pencarian termasuk koleksi lagu pada iPod Anda, podcast, dan aplikasi lainnya. Untuk membatasi tiap kategori pencarian, dapat dibatasi dengan cara ke bagian Setting, lalu pilih General, kemudian Spotlight Search.

28. Sinkronisasi Kalender Google

18-Calendar-Google-420-90.jpg


Via iTunes Anda dapat mensinkronisasi kontak dengan Google Contacts, namun tidak ada pilihan untuk mensikronisasi dengan Google Calendar. Tidak masalah. Anda dapat menambahkannya pada Setting – Mail, Contacts, Calendars. Tap Add Account dan pilih Other. Pilih Add CalDAV Account, lalu masukkan indentitas Account Google Anda (servernya adalah www.google.com). Setelah selesai, buka app Calendar maka akan muncul jadwal acara yang Anda buat. Secara default, semua akun dan event ditampilkan. Namun, Anda dapat memilih mana saja yang dibutuhkan.

29. Mencetak Secara Wireless

20-airprint-420-90.jpg


Dengan aplikasi AirPrint, Anda dapat mencetak ke printer wireless melalui iPad, asalkan printer tersebut kompatibel dengan AirPrint. Jika Anda sudah memiliki printer yang siap dengan feature AirPrint, pilih print dari menu Share dalam aplikasi apapun yang sedang Anda gunakan. AirPrint dapat berfungsi pada printer generasi terbaru dari Hewlett Packard (HP). Anda juga dapat mencetak ke printer yang terhubung pada Mac dengan menginstalasi aplikasi Mac yang bernama Printopia (www.ecamm.com).

30. Share dari Pages

22-pages-share-420-90.jpg


Agak merepotkan jika harus setiap kali mensinkronisasi file Pages via iTunes. Akan lebih cepat jika mengirimkan saja file yang sudah selesai via e-mail. Melalui menu Share, Anda dapat mengirimkan file Pages dalam format Pages, Adobe PDF, atau Microsoft Word. Lebih nyaman, bukan?

Sumber: http://www.jagatreview.com/2011/07/10-tips-trik-andalan-untuk-ipad-2-part-3/
 
Back
Top