Poliposis Familial

mozilla_solo1

New member
Poliposis Familial
DEFINISI

Poliposis Familial adalah suatu penyakit keturunan, dimana tumbuh 100 atau lebih polip adenomatosa prekanker, yang menutupi usus besar dan rektum.

Polip ini tumbuh selama masa kanak-kanak atau remaja.

Pada hampir semua orang yang tidak diobati, kanker usus besar (kanker kolon) berkembang sebelum usia 40 tahun.
Pengangkatan seluruh usus besar dan rektum akan menghilangkan resiko terjadinya kanker. Tetapi bila hanya usus besar yang diangkat, dan rektum disambungkan dengan usus halus, kadang-kadang polip rektum bisa menghilang. Oleh karena itu, banyak ahli lebih menyukai cara yang terakhir, yaitu hanya mengangkat usus besar saja, tanpa rektum.
Bagian yang tersisa diamati dengan sigmoidoskopi setiap 3-6 bulan, sehingga jika terdapat polip baru, dapat segera diangkat.
Bila polip baru timbul terlalu cepat, rektum juga harus diangkat, dan pengosongan usus halus dilakukan melalui lubang di dinding perut.
Pembuatan hubungan antara usus halus dan dinding perut melalui pembedahan ini disebut ileostomi.

Sindroma Gardner adalah jenis poliposis yang diturunkan, dimana berbagai jenis tumor jinak terjadi di bagian tubuh yang lain seperti halnya di usus.
Sindroma ini memiliki resiko tinggi untuk terjadinya kanker kolon.

Sindroma Peutz-Jeghers adalah kelainan keturunan dimana benjolan kecil yang disebut juvenil polip tumbuh di lambung, usus halus dan usus besar. Polip ini bisa merupakan bawaan sejak lahir atau bisa didapatkan pada masa kanak-kanak.
Penderitanya memiliki kulit dan selaput lendir yang coklat, terutama pada bibir dan gusi.
Polip ini tidak meningkatkan resiko terjadinya kanker saluran pencernaan. Tetapi penderita sindroma ini memiliki resiko tinggi terhadap terjadinya kanker pankreas, payudara, indung telur dan rahim.




sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m
 
Back
Top