Kaisar paling gila yang pernah ada
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #1   Report Post  

[Sejarah] Kaisar paling gila yang pernah ada


Caligula adalah kaisar ketiga Roma, dia diangkat pada musim semi tahun 37. Selama tujuh bulan pertama pemerintahannya, Caligula merupakan teladan dari hidup sederhana. Ia meyakinkan Senat bahwa ia akan mendengarkan mereka – bahwa ia adalah hamba mereka. Ia mengadakan perjamuan-perjamuan besar bagi umum dan dia bersikap murah hati terhadap para penentangnya. Tetapi pada waktu akhir musim gugur ia menderita penyakit keras. setelah sembuh ia menjadi orang yang berbeda atau bisa kita katakan “gila”.

Berikut ini adalah sebagian dari kegilaan Caligula.


I. Tidak lama kemudian ia jatuh hati pada Drusilla, saudara perempuannya sendiri. Karena Drusilla sudah menikah, Caligula memaksanya untuk meninggalkan suaminya. Ia lalu memberitahukan masyarakat Roma yang terkejut bahwa ini adalah sangat pantas dan tidak seorangpun perlu mengeluh. Ia memberi alasan bahwa Firaun -firaun telah melakukan hal seperti ini dan karena Roma memerintah Mesir, maka perbuatanya adalah sesuatu yang benar-benar sah bagi dia.


II. Kira-kira waktu itu Gemellus datang untuk makan malam. Mulutnya menyebarkan bau obat batuk. Dengan segera Caligula menuduh gemellus meminum obat penawar racun; dan karena hal itu jelas tercermin pada dirinya, maka Caligula memerintahkan Gemellus untuk segera bunuh diri. Pemuda yang berusia delapan belas tahun itu menurut dan menjatuhkan diri diatas pedangnya.

nb: Gemellus adalah saingan Caligula sebagai pewaris tahta Roma dari Tiberius, kakek mereka.

III. Memerintahkan orang untuk bunuh diri sekarang menjadi kegemaran Caligula. bermacam-macam orang dari berbagai lapisan masyarakat telah diperintahkannya untuk mengakhiri hidup mereka sendiri. Dengan memerintahkan hal itu, rasa kedewaan Caligula semangkin bertambah. Ketika suatu malam dia duduk dalam acara perjamuan bersama kawan-kawannya, ia sekonyong-konyong meledak tertawa. Lalu ia menjawab pertanyaan atas tingkahnya itu, ia berkata,” Aku sedang berpikir bahwa hanya dengan satu anggukan kepala, aku dapat menitahkan leher kalian digorok!” Pernyataan itu langsung menghilangkan suasana riang pesta.


IV. Penghinaan Caligula terhadap orang banyak meliputi segala hal. Untuk membesar-besarkannya ,ia secara resmi mengumumkan kuda kesayangannya , Incitatus, menjadi Konsul. Lalu ia menyediakan Rumah yang mewah, lengkap dengan sejumlah pelayan, untuk mengurus kuda itu. Pesta-pesta besa diadakan ,dengan kuda itu sebagai tuan rumahnya. namun smua itu belum memuaskan rasa Humor Caligula yang sudah tidak beres; maka ia menunjuk Kuda itu sebagai Imam di sebuah Kuil.

V. Ketika ia menghadiri suatu pernikahan seorang kawan, ia memutuskan bahwa ia sendirilah yang harus menjadi suami dari wanita itu sedangkan pengantin prianya hanya duduk membisu keheranan. Ketika kemudian ia bosan dengan isterinya ini, ia menceraikannya.

VII. Caligula menyukai acara lelang sehingga dia seringkali naik ke atas meja dan memerankan tugas juru lelang. Ia suka menjual budak belian dan para Gladiator, dan terkadang ia memaksa orang-orang Kaya untuk datang ke pelelangannya. Pernah suatu peristiwa, seorang bangsawan tertentu yang telah dipaksa untuk hadir, mengangguk angguk sambil tertidur. Caligula mengartikanny sebagai tawaran. Ketika orang malang itu mulai terjaga, ia mendapati dirinya telah membeli 13 Gladiator dengan harga yang amat besar, yaitu 2.250.000 Dinar.

VIII. Caligula memutuskan bahwa air biasa tidak cukup baik untuk mandi, maka ia mandi dalam air parfum, untuk sekali perjamuan saja ia mengeluarkan 2.500.000 Dinar. Dalam waktu singkat pemborosan ini menguras keuangan negara yang ditinggalkan Tiberius dalam jumlah yang cukup besar. Agar dapat memperbesar pendapatan negara, Caligula menetapkan pajak atas hampir semua barang.

IX. Ketika terjadi kekurangan daging dalam pasokan makanan kebun Binatang, Caligula menetapkan bahwa “semua tahanan yang kepalanya botak” dijadikan makanan bagi hewan-hewan itu. Ini adalah untuk memelihara agar hewan-hewan itu tetap sehat.

Ketika umur 29 tahun, Caligula sudah kelihatan seperti orang tua. Perbuatan perbuatannya yang melampaui batas telah menghabiskan vitalitas hidupnya, dan ia dibenci hampir seluruh Kemaharajaan Romawi. Pada tanggal 24 Januari tahun 41 ia membuat kesalahan dengan menghina seorang perwira pengawal pribadinya secara melampaui batas. Perwira ini yaitu Cassius Chaerea, menghunus pedangnya dan menebas Kaisar pada bahunya. Tetapi sementara ia masih terbelalak, anggota-anggota lain dari barisan pengawal menyerbu Kaisar Gila itu, membunuhnya dengan pedang mereka.


sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.822
 
Reputasi: 1589

       





    #2   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

Waduh, kok bisa ya dari yang dulunya murah hati jadi bejat begitu.
Penyakit apaan tuh bisa berubah begitu. Jangan-jangan kerasukan arwah gentayangan kali.
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





    #3   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

dari patungnya.. cakep. sayang gila.. -_-a
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #4   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

wow! kejam banget! ehmm..... met datang kalina!
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132

__________________
Size doesn't matter





    #5   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

ada pilemnya..klo ga disensor,seru abis..
zastro
zastro zastro is offline
Village Level

Post: 31
 
Reputasi: 0






    #6   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

Sebenarnya soal caligula ini bisa kita tinjau dari beberapa sudut...Dalam arti ada sisi2 kehidupannya yang hanya sekedar mitos populer, dimana masih perlu pembuktian lebih lanjut seperti contoh2 yang sudah ditulis Mojave di atas...Ada juga sisi lain yaitu pada sisi sejarah (sebagai pengertian sebagai ilmu pengetahuan), yang sayangnya ini banyak nggak diketahui orang karena lebih tertutup oleh cerita2 mitos populer seputar sejarah caligula...

Soal Caligula ini ada 2 sumber yang sering dipakai oleh sejarawan dan pengamat sejarah, yaitu dokumen yang berasal dari Philo dan Seneca...
Dokumen yang berasal dari Philo dengan judul On the Embassy to Gaius and Flaccus, merupakan catatan sejarah kehidupan Caligula yang lebih detail walau lebih banyak menyoroti soal rasa simpati caligula terhadap populasi Yahudi di Judea dan Mesir..catatan ini benar2 murni catatan sejarah dan berbeda dengan dokumen yang ditulis oleh Seneca yang merupakan cerita anekdot dari kehidupan Caligula, yang sayangnya dokumen inilah yang sering banyak dipakai karena lebih menarik untuk dibikin sebuah cerita populer...dan itu sangat mengaburkan cerita sejarah yang sebenarnya...

Dikalangan para sejarawan (kita bicara sedikit soal sejarah karena ini forum sejarah) banyak yang mengatakan bahwa kehidupan caligula yang digambarkan serba madness itu masih sangat layak untuk diperdebatkan, mengingat sumber yang dipakai adalah bersumber dari tulisa Seneca yang nggak lebih dari sekedar anekdot...Bahkan untuk soal skandalnya dengan Agrippina, Drusilla dan Livilla masih diperdebatkan dikalangan para sejarawan bahkan sampai sekarang...

Tapi memang, beberapa "kegilaan" Caligula ada yang disepakati tanpa ada perdebatan, salah satunya soal famine dan hunger (bencana kelaparan) yang secara nggak langsung disebabkan oleh Caligula....

Nanti kalo ada waktu aku salinkan dari buku yang disadur dari tulisan Philo, sehingga kita bisa sama2 mengamati apa, bagaimana dan siapa kaisar Gaius atau caligula itu...


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121

spirit: misa_chan: ^^





    #7   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

huo, gitu ya k Dipi, kayaknya menarik ya, ditunggu ka salinannya
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





    #8   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

Karena aku cari bukunya belum ketemu, coba aku bahas pelan2 dan sesuai dengan ingatanku saat baca bukunya waktu dulu...

Kita bahas dulu soal sumber sejarah mengenai kehidupan Caligula, karena dengan membahas ini lebih awal kita bisa sedikit mengerti kenapa banyak penulisan sejarah yang sedikit berbau 'mitos' mengenai kehidupan Caligula...

Seperti yang sudah aku tulis di postingan sebelumnya, cerita mengenai kehidupan dan sejarah dari Caligula bersumber dari tulisan Philo dan seneca. Disamping itu ada beberapa sejarawan dan orang2 Roma yang sempat menulis mengenai kehidupan Caligula, tapi kebanyakan catatan itu hilang dan tidak "sampai" ke sejarawan di masa selanjutnya...

Sebagai contoh apa yang dilakukan oleh Fabius Rusticus dan Cluvius Rufus, di mana keduanya menulis catatan soal kehidupan Caligula, tapi sayangnya catatan itu hilang tak berbekas...
Fabius Rusticus adalah teman dari Seneca (yang di atas tadi aku sebutkan sebagai salah satu penulis sejarah mengenai Caligula), seorang penulis sejarah yang tulisannya berkarakter dan mengandung arti kiasan dan penuh misinterpretasi, sedangkan Cluvius Rufus adalah salah satu tokoh yang ikut dalam konspirasi pembunuhan Caligula...Jadi meskipun catatan sejarah yang mereka tulis tidak hilang, hampir bisa dipastikan tulisannya akan sangat bias...

Selanjutnya, ada juga autobiografi yang ditulis oleh Agrippina, adik dari Caligula, tapi autobiografi ini juga hilang. Kemungkinan disebabkan karena pengasingan dan pembuangan Agrippina oleh Caligula. Agrippina diasingkan oleh Caligula karena dia mempunyai hubungan (percintaan?) dengan Marcus Lepidus, seseorang yang berkonspirasi melawan pemerintahan Caligula....
Sebagai tambahan, Agrippina inilah yang menjadi ibu dari kaisar Nero, yang ketika Agrippina diasingkan, Nero yang ketika itu masih kecil, ditawan oleh Caligula....

Selanjutnya ada sumber tulisan yang berasal dari Gaetulicus, yang membuat tulisan dalam bentuk puisi-puisi yang berisi sanjungan kepada Caligula, catatan ini juga tak tentu rimbanya...

Sebenarnya ada banyak tulisan mengenai Caligula yang ditulis oleh 2 orang yaitu tulisan Suetonius dan tulisan Cassius Dio...Suetonius menulis sejarah mengenai Caligula setelah 80 tahun kematiannya, sedangkan Cassius Dio menulis sejarah Caligula setelah 180 tahun dari saat kematian Caligula...Tapi tulisan2 mereka jadi tidak berarti dan tidak berharga karena sumber primernya sangat minim serta kehilangan kronologi masa pemerintahan Caligula. Sumber primer mereka hanya berdasarkan cerita dari seorang pendeta Roma yang bernama John Xiphillinus....

Sedangkan beberapa penulis yang lain hanya menulis versi kecil dari kehidupan Caligula, seperti Josephus yang menulis soal pembunuhan Caligula, Tacitus yang menceritakan kehidupan Caligula saat berada di bawah 'cengkeraman' Tiberius, atau yang ditulis Pliny dalam Natural History, yang memuat beberapa sejarah Caligula seperti saat penaklukan Mauritania, penyerbuan pasukan Caligula ke Inggris dan perseteruan Caligula dengan Senat...

Itu mungkin yang menyebabkan penulisan sejarah mengenai Caligula cenderung sedikit bias...Karena banyak sumber primer yang hilang dan pemakaian sumber yang bersifat misinterpretasi...Itu bukan berarti apa yang kita baca selama ini adalah hal yang salah, tapi juga belum pasti benar karena masih banyak hal yang bisa diperdebatkan mengenai kehidupan Caligula ini...

Di atas adalah bahasan soal sumber sejarah dari kehidupan Caligula, nanti kita bahas hal selanjutnya, sehingga kita pelan2 bisa lebih memahami seperti apa sejarah Caligula itu sebenarnya....



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121

spirit:





    #9   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

megha sendiri agak-agak mengerut alis untuk kisah di postnya den mojave, agak penasaran kok bisa ya seorang kaisar bertindak sekonyol itu dan dibiarkan berlarut-larut oleh para pengikutnya? masih penasaran sama kelanjutan kisahnya nih, non dipi nanti tolong di tuliskan lagi kelanjutannya ya
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.426
 
Reputasi: 547

__________________






    #10   Report Post  

Re: Kaisar paling gila yang pernah ada

Oke...coba kita bahas berdasarkan postingan dari Mojave dan kita cocokkan dengan berbagai sumber mengenai kehidupan Caligula ini...

Sebelumnya kita nggak perlu mencari mana yang benar dan yang salah, karena dalam penelusuran sejarah seperti ini yang lebih penting adalah membahas melalui banyak sisi dan sumber sehingga akan terlihat mana yang sekiranya bisa dijadikan pegangan...

Oke kita mulai dari postingan seperti di bawah ini...
Kutip:
Caligula adalah kaisar ketiga Roma, dia diangkat pada musim semi tahun 37. Selama tujuh bulan pertama pemerintahannya, Caligula merupakan teladan dari hidup sederhana. Ia meyakinkan Senat bahwa ia akan mendengarkan mereka – bahwa ia adalah hamba mereka. Ia mengadakan perjamuan-perjamuan besar bagi umum dan dia bersikap murah hati terhadap para penentangnya. Tetapi pada waktu akhir musim gugur ia menderita penyakit keras. setelah sembuh ia menjadi orang yang berbeda atau bisa kita katakan “gila”.
Soal sakitnya ini ada beberapa hipotesa dan dugaan...
Dari sumber yang dipercaya hasil tulisan Suetonius, para sejarawan modern rata2 mengambil kesimpulan bahwa Caligula menderita penyakit epilepsi. Hal itu didasarkan pada cerita bahwa Caligula tidak bisa berenang atau menghindar dari kegiatan berenang, padahal untuk keluarga kerajaan Romawi berenang adalah hal yang wajib. Seperti kita ketahui kejang akibat epilepsi akan berakibat fatal pada saat berada di dalam air. Selain itu juga didasarkan pada laporan bahwa ketika bulan purnama penuh, Caligula selalu berbicara dengan bulan. Pada masa itu penyakit epilepsi selalu dihubungkan dengan keberadaan bulan purnama....

Analisa lainnya adalah Caligula mengidap penyakit yang sering disebut sebagai hipertiroidisme, suatu penyakit yang disebabkan karena kelebihan hormon tiroid. Kesimpulan ini didasarkan pada tulisan oleh Pliny, di mana digambarkan bahwa Caligula yang cepat sekali marah dan bentuk tatapan mata dari Caligula yang terkadang nanar, di mana itu semua adalah sebagian dari ciri2 orang yang mengidap penyakit tersebut....

Dalam sebuah studi yang dilakukan baru2 ini ada kesimpulan juga bahwa sakitnya Caligula disebabkan karena keracunan timbal. Bangsa Romawi percaya bahwa anggur murni hanya bisa diseduh dalam mangkuk timah, dan Caligula dikenal sebagai orang yang doyan minum anggur. Sebuah artefak mangkuk kontemporer diuji dan mengungkapkan jumlah kandungan timbal yang sangat tinggi...

Bahasan selanjutnya, nanti ya....



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 6
1102oggy, agungsuhada, mujahid06, tegarkurniawan, Tonisanjaya
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.