pulau jemur

anak_dumai

New member
Koordinat 2 52'12.06"N - 100 33'30.19"E
Negara Indonesia
Gugus kepulauan Kepulauan Arwah
Provinsi Riau
Kabupaten Rokan Hilir
Garis pantai -
Luas 250 ha
Populasi -
Kota terbesar

pulaujemur1.jpg

Pulau Jemur (luas 250 ha) adalah sebuah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Letaknya sekitar 72,4 km dari Bagansiapiapi dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia. Pulau ini merupakan pulau terluas dari Kepulauan Arwah, gugusan sembilan pulau, di antaranya Pulau Jemur, Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik.

Pulau jemur ini pada tahun 1960 adalah pulau penghasil ikan terbesar no 2 di dunia setelah norwegia. selain itu Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai habitat penyu hijau.

ulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut. Sebuah pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi.

20090902pjemur.jpg


20090911050014pulau2.jpg


17915047.jpg

p495991a2a7571.jpg


Pulau jemur ini memiliki pemandangan yang indah, pemandangan yang indah ini yang membuat wisatawan betah berlama lama tinggal di pulau ini. Pulau jemur ini amat kaya dengan biota laut dan terumbu karang.

Aktifitas yang dapat dilakukan wisatawan di pulau jemur ini ialah berenang, trakking keliling pulau, memancing dan juga menyelam. Selain itu pulau jemur ini juga memiliki potensi wisata lain yaitu Goa jepang, sisa sisa benteng jepang, mercusuar, batu panglima layar, taman laut dan pantainya yang berpasir kuning.

Penyu hijau menjadi sangat unik karena dikabarkan jenis penyu ini hanya terdapat di perairan sekitar pulau jemur. Penangkaran penyu hijau yang pernah dicanangkan oleh Bupati Rokan Hilir sepertinya kurang berjalan baik karena tempat penangkaran ini tidak dirawat oleh pemerintah setempat

pulaujemur4.jpg


pulaujemur2.jpg


pulaujemur11.jpg


pulaujemur01.gif

Untuk menuju pulau jemur ini cukup sulit, kita harus menyewa speed boat kepada nelayan sekitar yang berkapasitas sekitar 60 - 100 penumpang, ini tergantung besar kecilnya kapal. selain itu jarak tempuh yang cukup lama yaitu sekitar 2 jam untuk sampai ke pulau jemur ini.

Untuk akomodasi dan fasilitas di pulau ini juga sangat terbatas, di pulau ini hanya terdapat bangunan mesjid yang cukup bersih dan nyaman yang bisa anda manfaatkan. Selain itu juga terdapat sebuah taman kecil yang berada persis di pinggiran garis pantai. Suasana rileks dan tenang ditambah belum adanya signal operator handphone membuat anda akan melupakan semua kerumitan aktivitas sehari-hari. Luangkan waktu untuk menikmati.

Untuk anda yang berniat untuk menginap di pulau ini harus berkemah, selain itu juga harus membawa bekal makanan sendiri karena pulau ini tidak berpenghuni, dan yang pasti pulau ini tidak memiliki restaurant.

Walaupun kondisi pulau seperti ini, kita harus tetap menjaga pulau ini di karenakan negara tetangga telah mengklaim pulau jemur ini sebagai pulau milik mereka. di bawah ini ada bukti keteganggan antara militer malaysia dan indonesia.

pulau ini sempat menjadi objek sentimen anti-Malaysia di Indonesia, setelah sejumlah media Indonesia pada bulan Agustus 2009 melaporkan bahwa Malaysia bermaksud mengelola Pulau Jemur sebagai tujuan wisata.melalui situs traveljournals.net.Kepemilikan sah Pulau Jemur (dan gugusan Kepulauan Arwah) oleh Indonesia didasarkan atas sertifikat tanah yang dimiliki oleh Raja Siak. Ketegangan ini baru mereda setelah diketahui terdapat pulau bernama Pulau Jemor sebagai bagian dari Kesultanan Selangor.

SUMBER
 
wah sangat indah sekali

gue suka nih tempat suasana nya yang sepi dan tenang

pasti sangt menyenangkan kalau tinggal disana
 
TNI memantau pergerakan militer Malaysia dari sana ya.. hahaha awas di claim sama malaysia tuh pulau
 
Last edited:
Back
Top