Liu: Utang Pemerintah China Aman Terkendali

hepcat

New member
26 Juli 2011​
Liu.jpg

Liu Shangxi – Wakil Direktur institut ilmu fiskal di Departemen Keuangan China berkomentar pada resiko utang pemerintah lokal. “Tidak seperti negara bagian barat, otoritas China memiliki jumlah sumber daya publik yang dan aset milik negara yang besar” katanya.

“Selain itu, perekonomian China telah mempertahankan pertumbuhan ekonominya tetap stabil. Berdasarkan 2 alasan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa resiko yang terkait dengan utang pemerintah daerah dapat di atasi,” lanjutnya.

Liu menambahkan, “Pemerintah daerah China tidak memiliki neraca yang lengkap, sehingga sulit untuk menilai resiko yang terkait dengan kewajiban mereka. Hal itu akan memerluka reformasi yang sangat rumit.”

Aset pemerintah stempat dikendalikan oleh departemen pemerintah yang berbeda, mereka semua memiliki buku mereka sendiri akan tetapi tidak memiliki satu kesatuan.

“China tidak memerlukan lembaga manajemen aset atau pemberi pinjaman kebijakan untuk membantu menyerap utang pemerintah daerah. Karena kami tidak memiliki krisis utang lagi, mengapa kita harus melakukan bailout seperti itu ? Selama ekonomi tumbuh dengan stabil, resiko tersebut akan berkurang dikit demi sedikit.” Tegasnya.

 
Back
Top