Pencipta Situs AltaVista Tutup Usia

irigster

New member
Tanggal: 27 Mar 2006
Sumber: Dewi Widya Ningrum

NamaDomain.com, Paul A. Flaherty, 42, seorang engineer komputer yang ikut andil dalam mempelopori dan menciptakan situs mesin cari online AltaVista, pergi meninggalkan dunia untuk selama-lamanya.

Menurut pengakuan pihak keluarganya, Flaherty menghembuskan nafas terakhir 16 Maret silam, karena terkena serangan jantung di rumahnya di Belmont, San Francisco.

Lewat idenya mengindekskan Web Page, Flaherty berhasil membuat mesin cari AltaVista menjadi salah satu tools pencarian Internet yang paling populer di pertengahan tahun 1990an.

"Flaherty adalah sosok laki-laki yang hangat dan penyayang, dan kepintarannya juga sangat luar biasa," kata Michael, saudara laki-laki Flaherty.

"Jarang sekali kita bisa menemui seseorang yang memiliki banyak 'kekuatan' intelektual, tapi juga punya banyak kehangatan," ujarnya lagi.

Flaherty dulunya bekerja sebagai seorang engineer penelitian di Digital Equipment Corp. di Palo Alto. Pada tahun 1995, Flaherty bersekutu dengan dua orang staf peneliti lain untuk mengembangkan teknologi situs AltaVista. Situs tersebut mulai dipublikasikan Desember 1995. Dan hanya dalam beberapa minggu saja, situs itu sudah berhasil memproses beberapa juta pencarian per hari.

Flaherty dulu sempat menjabat sebagai direktur technical strategy di AltaVista. Tahun 2000, dia meninggalkan AltaVista dan bekerja di manajemen konsultan. Pada saat wafat, Flaherty masih menjabat sebagai wakil presiden pengembangan produk di TalkPlus, perusahaan software telekomunikasi di Menlo Park.

Semasa hidupnya, Flaherty juga pernah mendapat gelar doktor di teknik elektro pada tahun 1994 dari Stanford University. Demikian dilansir detikINET dari Associated Press Sabtu (25/3/2006). (dwn)
 
Back
Top