Probenesid, Obat Asam Urat dan Encok

pottahogwarts

New member
Jakarta, Deskripsi
Probenesid digunakan untuk mengobati asam urat atau encok arthritis kronis. Encok arthritis ditandai dengan serangan yang rasa sakit parah dengan tiba-tiba, kemerahan dan nyeri di sendi, seringkali sendi di pangkal jempol kaki. Kondisi ini disebabkan oleh asam urat terlalu banyak dalam darah.

Obat ini bekerja dengan menghilangkan asam urat berlebih dari tubuh. Probenesid tidak menyembuhkan asam urat, tapi setelah digunakan selama beberapa bulan akan membantu mencegah serangan encok. Obat ini akan membantu mencegah serangan encok hanya selama digunakan.

Probenesid juga digunakan untuk mencegah atau mengobati masalah medis lainnya yang mungkin terjadi jika kandungan asam urat terlalu banyak dalam tubuh.
Probenesid kadang-kadang digunakan dengan beberapa jenis antibiotik agar lebih efektif dalam pengobatan infeksi. Probenesid hanya tersedia dengan resep dokter. Produk ini tersedia dalam bentuk sediaan tablet.

Dosis
Dosis obat berbeda untuk pasien sesuai perintah dokter atau petunjuk pada label. Informasi berikut hanya mencakup rata-rata dosis obat. Jika dosis berbeda, jangan mengubahnya kecuali atas saran dokter.

Jumlah obat yang dipakai tergantung pada kekuatan obat. Jumlah dosis yang diambil setiap hari, waktu yang diberikan antara dosis, dan panjang waktu minum obat tergantung pada masalah medis yang diderita.

Untuk mengobati asam urat atau menghapus asam urat dari tubuh:
Dewasa: 250 mg (satu-setengah dari 500 mg tablet) dua kali sehari selama sekitar satu minggu, kemudian 500 mg (satu tablet) dua kali sehari selama beberapa minggu. Setelah itu, dosis akan tergantung pada jumlah asam urat dalam darah atau urin. Kebanyakan orang memerlukan 2, 3, atau 4 tablet sehari, tetapi beberapa orang mungkin memerlukan dosis yang lebih tinggi.

Probenesid tidak diperlukan untuk mengobati asam urat atau menghilangkan asam urat dari tubuh pada anak-anak. Jika seorang anak membutuhkan obat ini, namun, dosis harus ditentukan oleh dokter.

Untuk membantu antibiotik bekerja lebih baik:
Dewasa: Jumlah probenesid akan tergantung pada kondisi yang sedang dirawat. Kadang-kadang, hanya satu dosis 2 tablet diperlukan. Lain kali, dosis tersebut menjadi 1 tablet empat kali sehari.

Anak-anak : Dosis harus ditentukan oleh dokter. Tergantung pada berat badan anak, serta pada kondisi yang sedang dirawat. Anak-anak dan remaja mungkin memerlukan jumlah yang sama seperti orang dewasa.

Penyimpanan
Simpan obat dalam wadah tertutup pada suhu kamar, jauh dari panas, kelembaban, dan cahaya langsung. Jauhkan dari pembekuan.
Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Perhatian
Bagi pasien yang memakai probenesid untuk encok atau membantu menghilangkan asam urat dari tubuh, mengkonsumsi aspirin atau salisilat lainnya dapat mengurangi efek probenesid. Hal ini akan tergantung pada dosis aspirin atau salisilat lainnya yang diambil, dan seberapa sering digunakan.

Minum alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan jumlah asam urat dalam darah dan mengurangi efek dari obat ini. Untuk pasien diabetes, Probenesid dapat menyebabkan hasil tes urin menjadi tidak valid.

Efek Samping
1. Sakit kepala
2. Bersama nyeri, kemerahan, atau bengkak
3. Kehilangan nafsu makan
4. Mual atau muntah (ringan)
5. Periksa dengan dokter segera jika salah satu efek samping berikut terjadi:

Sangat jarang ditemui:
1. Nafas cepat atau tidak teratur
2. Pembengkakan pada kelopak mata atau sekitar mata
3. Sesak napas, pernapasan terganggu, sesak di dada, atau mengi
4. Perubahan warna kulit wajah yang terjadi bersama dengan salah satu efek samping lain yang tercantum di sini
5. Ruam kulit, gatal-gatal, atau gatal yang terjadi bersama dengan salah satu efek samping lain yang tercantum di sini

Periksa dengan dokter Anda secepat mungkin jika salah satu dari efek samping berikut terjadi:
1. Kurang umum
2. Kencing berdarah
3. Sulit atau sakit ketika buang air kecil
4. Punggung bawah atau samping nyeri

Jarang ditemui
1. Urin keruh
2. Batuk atau suara serak
3. Demam
4. Nyeri di punggung dan / atau tulang rusuk
5. Luka, borok, atau bintik-bintik putih pada bibir atau di mulut
6. Sakit tenggorokan dan demam dengan atau tanpa menggigil
7. Penurunan jumlah urin dengan mendadak
8. Pembengkakan wajah, jari, kaki, dan / atau kaki bagian bawah
9. Kelenjar bengkak dan / atau sakit
10.Perdarahan atau memar yang tidak biasa
11.kelelahan atau kelemahan yamh tidak biasa
12.Mata atau kulit kuning
13.Berat badan naik

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi yang biasanya tidak perlu perhatian medis. Efek samping ini dapat hilang selama pengobatan karena tubuh menyesuaikan diri dengan obat. Perawat kesehatan profesional dapat memberitahu tentang cara untuk mencegah atau mengurangi beberapa efek samping.


Sumber : detikHealth
 
Back
Top