Trojan Perekam Pembicaraan Menyerang Android

crdeikon

New member
Waspada nih buat yang pakai gadget dengan OS Android! Kabarnya trojan yang bisa merekam pembicaraan telepon telah menyerang Android!

Kehadiran hacker, baik yang beroperasi sendiri ataupun dalam kelompok, meningkatkan risiko pencurian data, khususnya dengan penyebaran malware. Perkembangan jenis dan jumlah malware yang beredar telah mematahkan batasan risiko bagi perangkat-perangkat ICT. Penyebarannya telah menghantui para pengguna komputer hingga perangkat mobile. Salah satu sistem operasi mobile yang banyak menjadi target adalah Android dengan ekosistem aplikasi terbuka yang mereka tawarkan kepada pengguna.

android_trojan.jpg


Kini, sebuah malware Trojan baru yang menyerang para pengguna perangkat berbasis Android telah hadir. Sebelumnya, jenis Trojan serupa hanya dapat mengambil daftar panggilan dari call log pengguna. Namun, jenis Trojan terbaru ini justru dapat merekam isi percakapan yang dilakukan oleh pengguna ke dalam format “arm”. Berdasarkan laporan dari CA Security Advisor, malware ini akan meng-install sebuah file konfigurasi ke dalam ponsel korban. Proses peng-install-an file konfigurasi ini akan disertai dengan permintaan izin untuk mengakses panggilan suara pengguna. Namun, sama halnya dengan Terms of Service, tidak banyak pengguna yang menyempatkan waktu untuk berhati-hati dan membaca keseluruhan isinya.

permissions.jpg


File konfigurasi yang ter-install ke dalam perangkat korban akan memungkinkan pengambilan rekaman panggilan suara ke dalam kartu SD pengguna. Malware ini hanya bekerja jika panggilan suara dilakukan dari perangkat yang terinfeksi, bukan panggilan dari luar perangkat. Hingga saat ini, belum diketahui apakah malware ini dapat bekerja tanpa kehadiran kartu SD atau tidak. Namun, kehadiran malware ini memaksa pengguna smartphone berbasis sistem operasi apa pun untuk lebih berhati-hati dalam meng-install aplikasi dan software lainnya.

Sumber: http://www.jagatreview.com/2011/08/trojan-baru-merekam-percakapan-dari-smartphone-android/
 
Maka dari itu hindari saja agar tidak terkena trojan gan, karena bahaya itu. Apalagi pembicaraan yang tidak sip. Selanjutnya bisa mendapatkan hasil yang top dan aman.
 
Back
Top