Zakat Langsung

Pembagian Zakat Secara Langsung


  • Total voters
    7
Status
Not open for further replies.

spirit

Mod
Setiap bulan ramadhan ada aja masyarakat dermawan yang membagi2kan uangnya pada masyarakat yang kurang mampu secara langsung. Padahal udah ada lembaga Amil tempat penyaluran resmi zakat. Pembagian zakat secara langsung ini menunjukkan adanya ketidakpercayaan pemberi zakat terhadap Badan Amil Zakat.


silahkan berkomentar
 
Kalo menurut saya ada beberapa orang yang ingin memberikan zakatnya secara langsung,

pertama, mereka ingin langsung memberi karena ingin zakat itu langsung diterima kepada siapa yang memperoleh zakat dan bisa "tepat sasaran".

kedua, ada juga yang memang "kurang percaya" pada badan zakat.

ketiga, mungkin ada juga yang ingin dilihat langsung oleh para tetangga atau orang lain bahwa dia dermawan.

Kalau menurut saya, lebih baik secara langsung tanpa "tangan kiri melihat" dan tepat pada sasaran. Bukan untuk dipuji tetapi menjadikan kita lebih ikhlas dan mantab dalam memberikan zakat itu.
 
hemmm gak setuju deh, kalo secara langsung akan ada kemungkinan ricuh seperti yang pernah terjadi di Pasuruan 2 tahun lalu dan miris banget, demi mendapat uang zakat orang sampai rela berdesakan, lebih baik lewat badan amil zakat setempat aja biar semuanya tertib
 
Last edited:
kalu saia sie setuju-setuju aja ...itukan hak mereka yang punya kewajiban, asal si wajib zakat lah yang mendatangi para mustahiq, ga kayak yang kebanyakan terjadi di indo, si mustahiq yang mendatangi si wajib zakat ...jadinya kacau
 
Menurut gw yg ilmunya cetek ini.. khusus pemberian zakat contohnya zakat fitrah memang harus diperlihatkan kepada khalayak, terlepas itu langsung ataupun melalui badan amal.

Kecuali sedekah yang memang harus dilakukan secara sembunyi kalau perlu yg menerima sedekah tak tau siapa yg memberi sedekah.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top