Bolu Gulung

andree_erlangga

New member
Bolu gulung ini dapatnya dari blog-nya Inong yg ternyata sama dengan bolu gulung Meranti yg pernah diposting Vita, cuma Inong pake loyang 22 sedangkan punya Vita loyang 28 atau 30. Karena ini pertama kali aku bikin jadi aku pilih bikin pakai loyang kecil yaitu resep yg ditulis Inong, supaya kalau gagal gak sakit hati hahaha... Sebelum membuat bolu gulung ini semua teori tentang cara membuat bolu gulung aku baca, dari tulisan mbak Ine yg sangat detail ttg bolu gulung, tips dan trik yg ada di milis NCC dan Dapur bunda plus menggali ingatanku pas ikutan demo Unilever di Matraman (rumah mbak Fatmah). Resep aku cari di komputer (belum ada google desktop, eh buat linux apa sudah ada ya google dekstop..??) dan ada beberapa yg menarik seperti punya Monica yg pake putih telur (berhubung stok putih telur banyak banget) sampai akhirnya pilihan jatuh ke punya Inong. Setelah aku baca dan timbang semua bahan, mulai deh mengocok dengan hand mixer, trus tuang-tuang dan tuang baru keinget kalau air putihnya belum masuk, ahhh di skip aja deh, kemudian alhamdulillah jadi..!!! I did it. Gitu aku bilang. Sampai mas Tras heran, emang apa susahnya sih bikin bolu gulung...gitu katanya. Bukan susah sih cuma kadang-kadang untuk pertama kalinya suka retak permukaannya. Cuma dengan loyang 22 cm yg jadi bukan bolu gulung tetapi bolu lipat hehehe (itu kata mas Tras) karena ternyata bolu-nya tidak bisa digulung tapi hanya bisa dilipat.

Saking tebalnya bolu jadi isiannya terkumpul di tengah dan bolunya kurang punya kesan digulung. Maklum masih percobaan pertama apalagi daku masih amatir di bidang masak memasak. T api buatku yg baru pertama kali bikin bolu gulung dengan hasil seperti ini aja udah jingkrak-jingkra norak...hehehe..

Kemudian dari komentar mas Tras seperti itu aku merubah strategi, resepnya sedikit aku ganti dan loyang-nya juga aku lebarin supaya aku bisa menggulung. Alhamdulillah hasilnya kali ini lebih menggulung kalau menggunakan loyang 24x24x4 cm.

Bolu Gulung ala Rina Rinso

Bahan :

3 butir kuning telur

3 butir telur antero

70 gr gula pasir

1 sdm emulsifier

1 sdm susu bubuk

40 gr tepung terigu

10 gr maizena

1 sdm baking powder

? sdt vanila

1 sdm susu cair

Cairkan :

65 gr margarine

Olesan :

butterceram (ada sisa bikin bday cake kemarin)

keju cheddar yg diparut kasar

Cara Membuat :

1. Panaskan oven di suhu 180 0C.
2. Kocok gula, telur dan emulsifier sampai berjejak dan kental.
3. Masukkan tepung terigu, baking powder, vanila, dan susu bubuk, aduk rata.
4. Masukkan margarine cair dan susu cair, aduk rata.
5. Siapkan loyang ukuran 24x24x4, olesi dengan mentega dan kertas roti.
6. Tuang adonan ke dalam loyang, oven 15 menit.
7. Bila sudah matang balik ke atas serbet, gulung dalam keadaan panas, kemudian lepas lagi. Setelah itu oleskan dengan bahan olesan, gulung dan padatkan. Siap disantap.

sumber : Dapurnya Rina Rinso
 
Back
Top