Pancake dengan buttermilk.

andree_erlangga

New member
Judul resep itu sengaja agak lengkap supaya aku gampang nyari di komputer. Maklum koleksi resep pancake-ku buanyak sekali (hiperbola dari kata banyak). Beberapa hari yg lalu Fenny (salah seorang NCC-ers, waving mode ke Fenny, hai Fen thanks ya dah sharing resep ini di milis) posting resep ini ke milis dan aku baru coba hari ini. Hasilnya ternyata memang enak, seperti yg digambarkan NCC-ers yg lain yg sudah mencobanya. kalau menurutku sih pancake seperti ini mengingatkan aku akan pancake-nya Wendy's. Yup jaman aku masih kost di Dago 97 yg tak jauh dari Wendy's menu sarapan pagi Wendy's pancake sempat aku nikmati beberapa kali. pancake-nya yg lembut dan empuk meskipun sudah dingin tetap terbayang. Apalagi diolesi dengan butter dan disiram sirup...slrupppp sedap sekali untuk sarapan. Menurut Fenny resep ini diambil dari majalah Santap edisi Mei-Juni 2003. Bahannya seperti di bawah ini tapi cara bikinnya ala rina rinso ya (alias cowboy mode on, hehehehe) plus tips dari Luluk (hallo Luluk, ibu hebat)

Pancake with buttermilk

Bahan untuk buttermilk : 250 ml susu plain + 1 ? sdm cuka (atau air perasan jeruk), aduk rata. Hasilnya susu akan menggumpal dan mirip seperti yoghurt Cisangkuy yg encer itu.

Bahan yg lain :
165 gr tepung terigu
2 sdm gula pasir
2 sdt baking powder
? sdt garam
1 butir telur
2 sdm mentega, cairkan

Cara Membuat :

1. Campur tepung terigu, gula pasir, garam dan baking powder.
2. Masukkan buttermilk (campuran susu + cuka). Aduk rata.
3. Masukkan telur dan mentega cair, aduk rata (seperti biasa...pakai whisker aja)
4. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. (pernah merhatiin acara Gula-gula-nya Bara katanya adonan didiamkan supaya terigu, telur dan susu atau dalam hal ini buttermilk, benar-benar tercampur dengan sempurna, itu kata dia lho....).
5. Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan datang. Tutup sampai setengah matang dan sudah terbentuk pori-pori di atas permukaan pancake, kemudian balik. Apabila di rasa adonan terlalu kental tambahkan 1-2 sdm susu atau air, bila terlalu encer bisa ditambahkan 1-2 sdm terigu. Kok bisa begitu ? ya...kan ukuran telur bisa mempengaruhi adonan.
6. Pancake siap dihidangkan. Bisa disiram dengan madu, sirup, coklat, atau sesuai selera.

SUMBER : Dapurnya Rina Rinso
 
Back
Top