Perlukah Warung Makan Tutup Siang Hari Ketika Bulan Puasa?

Perlukah Warung-Warung Makan Tutup Siang hari Pada Bulan Puasa?


  • Total voters
    17
  • Poll closed .
Status
Not open for further replies.
tak perlu semua warung makan d tutup pada siang hari. Biarkan org yang bukan muslim mendapatkan haknya. Yang perlu d tutup itu warung makan yg d kelola muslim seperti warteg atau RM Padang. Sedangkan kedai-kedai milik tionghoa atau lapo batak yang nota bene bukan muslim ak pikir ga masalah buka d siang hari. Toh yg mereka jual itu makanan yang mengandung B2. yang d haramkan umat muslim
 
Tak Perlu Lah.. [<:)
kita mau di hargai ya harus bisa juga menghargai orang lain.
Puasa tujuannya menahan hawa nafsu dan yang melakukan puasa itu harus bertanggung jawab atas tujuan dia berpuasa.
kalau orang lain tidak puasa.. masa seh harus di suruh puasa.. harus di suruh berhenti cari makan..?|:mad: "agamamu, agamamu.. agamaku, agamaku..!
jadi gak perlu nyuruh2 orang yang tidak berpuasa untuk menutup usaha rumah makan/minum/hiburan atau apalah..! jalankan saja inti puasa itu.[<:)
 
ga perlu lah ...kcuali ntu warung memang kompor dan sngaja 'menggoda' org yg puasa, sperti memprovokasi untk membatalkan puasa dll (tp perasaan, saia blum pernah menemui warung kayak gtu :D)
 
warung makan umum ea gak perlu, karena di indonesia tidak hanya orang muslim saja yang tinggal di indonesia. Justru dengan membuka warung makan, umat muslim yang berpuasa mendapat ujian yang sebenarnya... :D

kalau misalnya ada warung makan khusus buat orang muslim ya harus tutup, kalau pun buka kan gak ada yang beli juga :D (kecuali perempuan yang sedang diberi keringanan untuk tidak berpuasa)
 
kalau di tutup pakai tabir atau hordeng biar orang di dalam lagi makan ngak masalah

biar orang seperti gue kalau terlihat mereka yang lagi minum air es teh atau es cendol jadi ngak ngiler
 
warung makannya tidak perlu tutup, tapi perlu ditutup (pake kain, tirai dll) biar tidak terlihat dari luar
 
nggak perlu ditutup,
klo warungnya di tempat yg banyak warga muslimnya, pemilik warung makan sebaiknya ngasih sebuah penutup (biar gak kliatan langsung). paling tidak ini bisa menghargai orang yg lg puasa.
 
gak perlu ,..emang kita negara islam?...ingat ada 4 agama lain yg tidak berpuasa,..ingat semakin besar godaan yg ada semakin besar pahala yg menunggu....ameen
 
Tidak perlu ditutup. Alasannya :
1. Kita negara yang berdasarkan Pancasila dan kita hidup di negara yang memiliki suku, agama, bahasa yang jamak. Jika semua rumah makan harus ditutup b'arti itu sudah menjurus ke agama tertentu (karena ada yg puasa).
2. Tujuan dari ditutupnya Rumah Makan itu apa? Akan sangat tidak relavan dengan alasan akan membatalkan orang yg sedang puasa, karena puasa mengandung arti menahan nafsu godaan (termasuk makan, emosi, dll). Jika dia marah karena hanya melihat orang makan / ada yg buka tempat makan, bukankah orang itu lebih berdosa karena marah?
3. Kita memiliki hukum negara yang sudah aturannya, kenapa hanya dengan puasa kita harus menutup apa yang menjadi hak orang yg membuka warung untuk mengais rejeki ?
 
Di negera kita gak bisa diterapkan hukum menutup warung makan/restoran ketika bulan puasa seperti di Malaysia atau Arab Saudi karena negara kita bukan menganut hukum syariat Islam. Masalah mau buka atau tutup dikembalikan kepada si pengusaha warung makan. Biasanya.. untuk menghormati orang" yg berpuasa diharapkan untuk menggunakan tirai. (gak pake juga gapapa.. :)) biar keliatan siapa yg gak puasa).

Ada beberapa pengusaha muslim yg imannya kuat punya kebiasaan menutup total selama bulan puasa (gak dagang) atau buka warungnya ketika menjelang buka puasa dan tutup menjelang sahur. Yg seperti ini gw demen..
 
Nah karena itu khan memang sifat asli bangsa kita toh?
Penuh dengan toleransi, yang terkadang memang harus berlebihan dalam menerapkannya agar sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang sangat sakti itu.
 
hehehe ...ya bgitulah, alangkah lucunya negeri ini :D
suka dan sering menempatkan ssuatu tdak pd tmpatnya ...piiissss
 
ramadhan udah belalu berarti ga perlu lagi nutup2 warung makan ya :)
persentase poling lbh banyak yang mendukung tak perlu d tutup

pemenang debat thread ini den jmw01, post #13
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.
Back
Top