4 Perangkat Penunjang Lingkungan Kantor Eco-Friendly

omeoo

New member
Kebanyakan pribadi yang telah menyadari pentingnya kelestarian alam memulai gaya hidup ‘go green’ dari lingkungan tempat tinggalnya. Apabila Anda telah menerapkan kebiasaan-kebiasaan ramah lingkungan di kawasan tempat tinggal, berarti Anda telah siap untuk menunjukkan kepedulian Anda terhadap bumi tercinta di lingkup yang lebih luas lagi, yaitu lingkungan kerja.
Kesadaran akan kelestarian lingkungan tentu akan memiliki dampak yang lebih signifikan ketika diterapkan di lingkungan kantor. Namun konsep eco-friendly office jelas tidak mudah untuk diaplikasikan, mengingat sebuah kantor umumnya beroperasi minimal 8 jam per hari, 5 hari per minggu, dan melibatkan beragam piranti elektronik yang menghabiskan banyak energi.
Untuk mengawali langkah dalam menciptakan tempat kerja yang ramah lingkungan, berikut ini adalah beberapa contoh perlengkapan kantor yang ideal untuk membangun konsep sustainability dan menanamkan kepedulian terhadap kelanjutan lingkungan hidup.

1. Furniture bersertifikat C2C
HP1.jpg


Saat ini telah ada banyak produsen furniture yang gemar memutar otak untuk menghasilkan desain produk yang sustainable. Produk-produk semacam ini dirancang dan diproduksi dengan mengikuti protokol sertifikasi cradle-to-cradle (C2C): menggunakan material yang mudah didaur ulang, tidak menggunakan bahan baku yang langka serta minim bahan kimia.
www.ramseymadsendesign.com

2. Perangkat cetak all-in-one
HP2.jpg


Terlepas dari jenis usahanya, setiap kantor umumnya membutuhkan printer, scanner, mesin fotokopi dan mesin faksimili. Dengan memiliki satu unit perangkat cetak yang mencakup seluruh fungsi mesin-mesin tersebut, tentu saja sebuah kantor akan dapat menghemat penggunaan listrik secara signifikan. Terlebih lagi, perangkat semacam ini kini telah memenuhi kualifikasi ENERGY STAR yang menjamin efisiensi energinya hingga 40%.
www.crave.cnet.co.uk

3. Eco-friendly server computer
HP3.jpg


Departemen IT di setiap kantor memiliki tantangan berupa biaya operasional yang tidak sedikit. Karena itu, untuk keperluan penyimpanan dan pengelolaan data dalam satu sistem jaringan dibututuhkan sebuah komputer server dengan performa yang prima namun tetap efisien dalam hal pengeluaran energi. Ragam produk HP ProLiant Servers merupakan contoh-contoh produk komputer server yang memenuhi kedua kriteria tersebut.
www.productwiki.com

4. Stiker eco reminder
HP4.jpg


Salah satu media yang paling efektif untuk membawa aura ‘go green’ ke dalam lingkungan kerja Anda adalah dekorasi ruangan. Stiker dinding yang ditempelkan di sekitar saklar listrik dan stop kontak dapat berfungsi efektif sebagai reminder agar Anda selalu hemat energi, dan tentunya juga sebagai pemberi inspirasi bagi rekan-rekan kerja Anda untuk melakukan hal yang sama.
www.unpressablebuttons.com

Nah, kalo udah semuanya dilakuin, paling enak sih cek apakah kita sudah semakin hemat energi atau belum ya.
Kemarin sih ane nemuin satu aplikasi buatan anak negri yg bisa buat tes gan..Namanya kalo gak salah Proliant.
Cek disini aja nih Proliant Kalo ada info lain aplikasi sejenis, share juga ya ..

Semoga membantu...=b=
 
Back
Top