Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Packing] Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini



KOMPAS.com — Selama ini banyak wisatawan domestik, terutama yang berasal dari Jakarta, enggan pergi ke Raja Ampat, Papua Barat. Hal ini karena isu mahalnya penginapan yang dikelola pihak asing di sana. Padahal, dengan cara backpacker, kita bisa pergi ke Raja Ampat.

Para backpacker yang ingin pergi ke Kepulauan Raja Ampat, rajin-rajinlah membuka situs jalur pesawat Jakarta-Sorong pada waktu bukan musim liburan. Untuk menuju Sorong, Anda bisa melihat situs penerbangan Batavia Air, Wings Air, dan Express Air. Sekitar Rp 3 juta harga tiket Jakarta-Sorong pergi-pulang dengan waktu tempuh tujuh jam karena transit di Makassar sekitar dua jam.

Dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, Anda bisa berjalan kaki keluar bandara. Di luar bandara akan dijumpai jalan utama menuju kota Sorong dan pelabuhannya. Di sana banyak sekali angkutan kota warna kuning menuju Pelabuhan Sorong, cukup dengan ongkos Rp 3.000.

Di pelabuhan, Anda bisa naik kapal rakyat menuju ibu kota Raja Ampat. Kapal rakyat dengan biaya Rp 120.000 per orang berlayar tiap hari sekitar pukul 14.00 WIT. Usahakan pesawat Anda datang di Sorong sebelum pukul 12.00 WIT sehingga Anda bisa istirahat dahulu menunggu kapal berangkat. Perjalanan dengan kapal rakyat dari Sorong menuju Raja Ampat perlu waktu sekitar dua jam.

Di Waisai, Pulau Waigeo, ibu kota Raja Ampat, Anda bisa mencari hotel-hotel dengan harga Rp 300.000-Rp 400.000 per malam. Untuk keperluan diving dan eksplorasi berlayar ke pulau-pulau Raja Ampat, Anda bisa menyewa perahu penduduk asli.

Di Sorong terdapat banyak hotel bagus berbintang dua dan tiga yang menyediakan makanan dengan nasi dan lauk-pauk beragam. Para wisatawan domestik yang ingin tetap menginap di Sorong karena fasilitas tersebut bisa melakukan perjalanan satu hari tanpa perlu menginap di Waisai.

Untuk melakukan hal ini, Anda perlu menyewa speedboat sekitar Rp 8 juta per hari dengan kapasitas 20 orang per kapal. Anda harus mengumpulkan 20 orang sehingga cukup patungan Rp 400 ribu per orang sudah bisa berlayar ke Raja Ampat selama 12 jam penuh pada siang hari.

Mulai pukul 07.00 WIT sampai petang Anda bisa berlayar ke empat sampai lima pulau yang berdekatan. Mulai dari Selat Dampir, Pulau Pensil, Gua Karang yang ada tengkorak makam leluhur Raja Ampat, sampai ke Resor Sorido atau langsung ke Kepulauan Wayag. Kepulauan Wayag merupakan ikon Raja Ampat yang terdiri dari beberapa pulau kecil yang indah apabila dilihat dari atas.

Jika Anda ingin melihat suasana resor yang dikelola bule, Anda diperbolehkan mampir dan parkir di dermaganya. Anda bisa melihat keindahan pantainya yang putih bersih dan air lautnya yang sangat bening sehingga karang dan ikan bisa dilihat langsung dari dermaga.

Pulau kecil di seberang dermaga Sorido yang terhubung dengan pantai pasir putih dan laut lepas sangat indah dilihat. Pemandu dari resor akan mengantar Anda melihat suasana penginapan dan sekitar pulau yang banyak ditumbuhi pohon pandan bali yang sudah tua dan subur.

Kami sempat mampir di salah satu resor dengan tarif Rp 2 juta per orang per kamar. Kami melihat kamarnya memang indah dengan pemandangan pantai dan laut lepas kebiruan yang bisa dilihat dari dari jendela dan pintu. Fasilitas makan, tidur, dan pemandu untuk diving diberikan bagi tamu yang menginap di resor tersebut. Kebersihan kamar dan resornya sangat terjaga. Sekali-sekali ada burung bangau laut yang berjalan di resor. Untuk menginap di resor tersebut, Anda hanya perlu mengirim e-mail dan tanda jadi. Kedatangan Anda akan disambut di Pelabuhan Sorong.

Apabila Anda menginap di Sorong, baik seafood, seperti ikan, kepiting, dan udang bakar, maupun fastfood banyak dijumpai di restoran dan warung-warung tenda di Sorong. Ikan khas Sorong adalah ikan budara. Ikan ini memiliki banyak sekali daging dan tulangnya besar sehingga jarang ada duri kecil yang bisa tersangkut di tenggorokan.

Oleh-oleh khas Sorong adalah keripik talas atau keladi, roti abon gulung dari ikan tuna, dan ikan budara bakar. Untuk suvenir, di Kampung Baru, Sorong, banyak dijumpai toko yang menjual batik khas Papua, seperti corak panah, burung cendrawasih, dan tifa. Suvernir berupa koteka dan ukir-ukiran Asmat juga dapat Anda jumpai di beberapa toko suvenir di Sorong.

Untuk malam hari di Sorong, di sepanjang Pantai Tembok banyak dijumpai warung tenda yang menjual berbagai macam seafood, ayam bakar, dan coto makassar. (Asita Suryanto)



--------------------


disana banyak cewe nya ndak ya?????
Attached Thumbnails
Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini-.jpg  
nizhami
Continent Level

Post: 6.470
 
Reputasi: 155

__________________
INDBONEKSIA

Same hotel, Same room, Different price. Compare hotel prices and find the best deal, in Rupiah or US Dollar

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

tetap mahal cak bagi saya...
zoeratmand
Continent Level

Post: 6.486
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

Wah jadi pengend yak
Home Level

Post: 6
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

raja ampat,,
merupakan surga dunia,,
siapa yang tidak ingin ke sana,,
City Level

Post: 292
 
Reputasi: 3






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

seindah itukah sampai biaya perjalanannya begitu mahal?
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

Aku udah 2 kali ke Raja Ampat untuk urusan kerjaan....
Dan jauh dari kata murah, delay pesawatnya amit-amit, jadwal kapalnya kalah teratur dibanding jadwal masuk anak SD inpres... Saranku, kalo pergi ke sana jangan sampai beli tiket pesawat pulang pergi, karena perginya enak, pulangnya bisa angus tiketnya karena jadwal kapal ke sorong yang luar biasa kacaunya...


Tapi semua itu worth it dengan keindahan tempatnya....



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.576
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

wah gtu ya non, buat bulan madu aja dech....
zoeratmand
Continent Level

Post: 6.486
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

Jadi mesti rombongan ya, biar ongkos kapalnya murah....
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0

__________________
Luxury Bali Villas





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

aaaaaaaa ini list next trip ku juga hehe, beneran itu den? pengalaman sendiri kah? (jangan2 bareng asita suryanto ke raja ampat?)

raja ampat emang mahal, tante ku bilang kesana lebih 20 jt budget nya, mending duit segitu keluar negeri aja dah, ke pucket thailand hihi
lelly
Continent Level

Post: 3.610
 
Reputasi: 239

__________________
Lely Octa





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini

Masih mahal gan...terus mau pindah2 nya juga bingung..masih pada enakan di bali atau nggak lombok lebih beragam...lom cukup kocek gw kesana nya..liburan 20 orang agak susah ngumpulinnya..
Village Level

Post: 61
 
Reputasi: 1

__________________
Bantu Like FansPage ane ya agan2 semua
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Anda Islamofobia? Baca dulu nih! musthaf9 Islam 7
TAMAN LAUT DI RAJA AMPAT louisiana Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel 0
Kamu baca doa dulu sebelum makan? pentolan Agama 13
Jaman kaisar dan raja dulu orang gampang banget di hukum mati indonesiaindonesia Sejarah & Budaya 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.