Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

ya tergantung yang menjalani. kalau ane berpendapat sih, perlu soalnya itu gampangnya kita kasi DP ke ortu pasangan kita kalau kita bener2 serius ma dia. Cuma ada yg berpendapat ga perlu. Alasannya kalau emang serius ya udah langsung nikah aja ga perlu pake tunangan segala dan itu berlaku bagi orang yg udah mapan tentunya yang udah siap semuanya.
Kl tunangan kan biasanya belum siap dari segi materi makanya dikasi DP dulu ortunya biar ga diambil orang
GMediator
GMediator GMediator is offline
National Level

Post: 1.120
 
Reputasi: 98

__________________
Jual beli Liberty Reserve, C-Gold, EGC, GDP, Insta Balance, Liberty Reserve Euro, dan FXopen Prepaid Card
www.goldmediator.com
       





Reply With Quote     #12   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

Dari pendapat den GM saya setuju untuk yang tunangan dulu di karenakan segala sesuatu belum siap untuk menuju proses menikah. Tapi saya juga setuju untuk menikah langsung lantaran segala sesuatu sudah siap, jadi kenapa harus tunangan kalau sudah siap semuanya.

Contoh untuk tunangan. Sepasang kekasih (cie...) sudah berpacaran lama dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius alias menikah, tapi dari laki laki (umumnya orang Jawa laki laki yang nembung) mungkin belum ada modal seperti yang dikatakan den GM, atau masih melanjutkan studi dan hanya kurang 2 tahun lagi lulus, maka untuk menunjukan keseriusannya, sang laki laki melamar (dalam istilah Jawa nembung dulu) atau tunangan dulu dikarenakan orang tua pihak perempuan juga sudah ingin ada bukti keseriusan dari sang laki laki, makanya mereka bertunangan dulu....

tapi jika modal sudah ada, umur sudah mapan, sekolah juga sudah selesai, laki lakinya udah punya kerjaan, langsung saja menikah, karena bersegeralah menikah....hehehe
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua

Recent Blog: (no title)   





Reply With Quote     #13   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

trus tunangan itu sendiri apa den zoe? legalitas pacarĀ²an?
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.523
 
Reputasi: 155

__________________
INDBONEKSIA





Reply With Quote     #14   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

klo abis lamaran itu namanya tunangankah?
Miki_Miki
Miki_Miki Miki_Miki is offline
Continent Level

Post: 4.709
 
Reputasi: 131

__________________





Reply With Quote     #15   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

cak niz : menurut q pribadi tunangan itu bukan legalitas pacaran yang kemudian menghalalkan untuk "ini-itu", menurut ku tunangan itu hanya keseriusan pihak laki laki (pada umumnya) untuk menjadikan pihak perempuan sebagai calon istri. dan hubungannya pun juga tidak berbeda dengan orang yang belum menikah, bukan berarti kalo udah tunangan terus bisa "ini-itu"....

cak mik : wah kalo itu mah terserah ae, menurut q lamaran dan tunangan itu sama aja...
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua

Recent Blog: (no title)   





Reply With Quote     #16   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

Beda dong.
Engaged dan propose. ~LoL~
Second_Sister
Second_Sister Second_Sister is offline
Continent Level

Post: 3.117
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #17   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

Kutip:
Oleh lelly View Post
haha.. ikut nyimak dulu deh, sapa tau aja ada yang kasih definisi bahkan penjelasan perlu ga nya tunangan
langsung nikah aja non ga usah pk lama eh pk tunangan
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.129
 
Reputasi: 1621






Reply With Quote     #18   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

Kalo tiap hari masih bertemu, apa perlunya tunangan?
Itu mah nggak jelas banget tujuannya. Kalo dikatakan mau lebih mengikat, ikatan seperti apa bentuknya yang bisa dihasilkan oleh sebuah pertunangan? Esensinya sama aja bentuk 'ikatan'nya dengan tanpa pertunangan.

Kalo di Indonesia, tradisi pertunangan ini rata2 cuma untuk keren2an doang dan nggak punya tujuan yang jelas.

Eniwei, Mungkin ini bisa dijadikan pertimbangan apakah kita perlu melakukan sebuah pertunangan atau enggak, dengan melihat sejarah apa yang disebut pertunangan atau dalam bahasa aslinya disebut betrothal ini?

Pertunangan itu awalnya adalah tradisi dari hukum yahudi yang ada dalam kitab talmud. Tapi ini merupakan rangkaian proses sebuah pernikahan. Ketika ada pria dan wanita melakukan pertunangan, itu adalah dalam rangkai melaksanakan tradisi pernikahan. Setelah bertunangan, keduanya akan dipisah dan tidak diperbolehkan bertemu, sampai menjelang hari pernikahan.

Tradisi ini kemudian diadopsi oleh peradaban Yunani Kuno, yang diteruskan oleh orang2 di jaman Romawi yang saat itu sudah mulai mengenakan cincin ketika sudah bertunangan...
Apa tujuan tunangan saat itu?
Tujuannya adalah untuk membuat ikatan dan tanda bahwa seorang wanita itu sudah menjadi 'hak' pria lain. Di saat itu banyak sekali pria yang berangkat untuk berperang dalam waktu yang cukup lama, dan tradisi pertunangan ini dipakai untuk membuat ikatan agar si wanita tidak berpaling ke pria lain.

Tradisi ini kemudian ada juga dalam agama Katholik Roma pada sekitar abad ke 13, pada masa Paus Innocent III. Saat itu tunangan disebut sebagai 'marriage to-be', tujuannya adalah karena dalam katholik Roma tidak mengenal perceraian setelah pernikahan, maka marriage to-be dipakai untuk 'mengetes' apakah pasangan calon pengantin itu memang benar2 cocok sehingga mantap untuk melangkah ke jenjang pernikahan.
Tradisi ini dilegalkan dan ditetapkan oleh pihak gereja, jadi bisa dikatakan adalah sebuah tradisi yang legal dan resmi.


Nah dari tradisi Yahudi sampai ke Katholik Roma itu, mungkin itu bisa dipakai pertimbangan kalo ada yang masih mau untuk bertunangan?
Mungkin karena Yahudi...
Mungkin karena Mau berangkat perang....

Kalo itu memang seperti itu ... Ya bertunanganlah ...



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #19   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

baru tau klo sejarahnya adalah dari si jews wkwkwkwk parah banget ini,,, untung dulu pas diajak tunangĀ²an ane gak mau, soale kurang sreg di hati... langsung lamar saja deh,,,

nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.523
 
Reputasi: 155

__________________
INDBONEKSIA





Reply With Quote     #20   Report Post  

Re: Tunangan perlu ga sih? Tunangan itu apaan sih?

kalo gitu nanti kalo udah sama-sama mantep aku langsung dilamar dan menikah aja dah
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.