Sejarah Akuisisi Google

crdeikon

New member
Google semakin memperkuat kedudukannya dengan mengakuisisi Motorola. Tetapi, sebelum Motorola, ternyata Google sudah terlebih dahulu mencaplok beberapa perusahaan besar lain. Apa saja?

GoogleMotorola.png


Keberhasilan Google mengakuisisi beberapa perusahaan tampaknya cukup menuai kesuksesan. Salah satu yang cukup berhasil adalah akuisisi Google terhadap perusahaan pengembang platform Android pada 17 Agustus 2005, yang saat ini menjadi salah satu platform yang menguasai pangsa pasar di kategori smartphone dan tablet. Kini, Google berencana akan mengakuisisi Motorola, yang saat ini tengah dalam tahap perundingan. Angka yang ditawarkan oleh Google untuk memuluskan rencananya pun cukup besar, yaitu USD 12.5 miliar. Penawaran akuisisi yang dilakukan Google kali ini merupakan penawaran pertama yang paling besar di antara proses akuisisi Google terhadap perusahaan lainnya.

Sebelumnya, Google selalu terfokus ke bisnis periklanan. Hal itu dapat dilihat melalui proses akuisisi Google terhadap perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, seperti DoubleClick dan Admob. Bila proses akuisisi Google terhadap Motorola Mobility berhasil dilakukan, dapat dipastikan Google akan ikut fokus mengembangkan perangkat smartphone Motorola.

Sebelum melakukan penawaran akuisisi terhadap Motorola, beberapa perusahaan yang telah berhasil di akuisisi Google dengan nilai penawaran yang cukup besar, di antaranya:

  1. DoubleClick, perusahaan yang diakuisisi Google dengan nilai USD 3,1 miliar ini merupakan sebagai perusahaan penyedia manajemen iklan dan penayangan iklan sebagai solusi untuk membeli, membuat, dan menjual iklan secara online. Menurut eMarketer, pencapaian Google DoubleClick tahun lalu meningkat hingga 9.6 persen dan menghasilkan pemasukan sebesar USD 1,3 miliar.
  2. YouTube, perusahaan yang diakuisisi Google 9 Oktober 2006 ini dibayar dengan harga USD 1,65 miliar. Website yang menyajikan video streaming ini merupakan sebagai salah satu website video streaming yang paling banyak diakses pengguna internet di seluruh dunia. Tahun lalu, YouTube menerima laba bersih dengan nominal sebesar USD 544 juta. Sungguh pencapaian yang fantastis yang diraih oleh Google.
  3. Android, Google memang cukup brilian saat memutuskan untuk mengakuisisi perusahaan ini. Saat masih dalam proses pengembangan—yang saat itu dipimpin oleh Andy Rubin, Google langsung membelinya dengan harga USD 50 juta di pertengahan tahun 2005. Para tim pengembangan Android langsung mengujinya di perangkat smartphone. Kini, menurut CEO Google, Larry Page, sekitar 550.000 perangkat smartphone berbasis Android telah diaktifkan tiap harinya. Bahkan, proses aktivasi platform Android diprediksikan akan terus meningkat, apalagi Google sebentar lagi akan meluncurkan platform Android terbaru, Android Ice Cream Sandwich.
  4. Admob, perusahaan yang diakuisisi oleh Google dengan nilai USD 750 juta di akhir tahun 2009 ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang periklanan untuk platform mobile. Saat ini, Google Admob telah mampu memberikan pemasukan hingga mencapai USD 1 miliar dalam kurun waktu 18 bulan.

Sumber: http://www.jagatreview.com/2011/08/sejarah-akuisisi-oleh-google/
 
kayanya indonesia musti bikin startup company sendiri nih khusus buat nyaingin google, bikin yuk...hehe
 
Back
Top