Selebriti Dunia Penderita Diabetes

nizhami

New member
Diabetes memang tak kenal strata sosial, usia, profesi dan latar belakang lainnya. Banyak orang terkenal, tokoh, artis, bahkan olahragawan –apalagi politisi– yang terkena diabetes. Ada yang terdiagnosa di usia yang masih muda, ada juga yang di usia gaek baru terkena penyakit kencing manis ini.

Artikel edisi ini sengaja menampilkan beberapa selebriti dunia yang terdiagnosa diabetes, agar dapat menjadi contoh bagi kita. Bagaimana mereka yang terkena diabetes tidak terhalang untuk berkatifitas dan berprestasi. Mudah-mudahan menjadi motivasi bagi kita para diabetesi (penderita diabetes) ataupun yang beresiko DM.



Nick Jonas

nick-jonas.jpg


Penyanyi dari grup Jonas Brother terpapar diabetes tipe-1 sejak tahun 2007. Rasa haus dan kehilangan berat badan adalah gejala awal yang dia alami, ungkap Nick. Ketika didiagnosa terkena diabetes tipe-1, gula darahnya mencapai 700 –angka normal adalah 70 s/d 120–. Jonas dirawat dan belajar mengatur diabetes tipe-1 nya. Tipe diabetes yang disebut juga Juvenile diabetes sangat umum terjadi pada usia muda atau anak-anak diabawah 20 tahun, walaupun pada beberapa kasus usia berapapun bisa terkena.


Halle Berry

halle-berry.jpg


Siapa nyana kalau aktris cantik dan sexy Halle Berry menderita diabetes tipe-2. Sempat digosipakan bahwa dia menderita diabetes tipe-1 dan berhasil mengubahnya ke tipe 2, ini kabar yang tidak benar dan sangat muskil. Penderita DM tipe-1 sama sekali tidak dapat menghasilkan insulin sehingga perlu suntikan insulin seumur hidupnya. Beberapa penderita DM tipe-2 juga memerlukan suntikan insulin sebagai tambahan tindakan medis untuk mengendalikan gula darah. Tidak seperti penderita DM tipe-1, penderita kencing manis tipe 2 masih dapat bertahan tanpa suntikan insulin.


Randy Jackson

american-idol-is-randy-jackson-leaving-the-show-too.jpg


Randy JacksonRandy Jackson adalah salah seorang juri American Idol, terkena diabetes pada 2001. Sebelumnya dia memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Disamping itu dari riwayat keluarga Randy, dia memang tergolong beresiko tinggi terkena diabetes. Setelah operasi usus (gastric bypass surgery), beratnya berkurang 100 pound, lalu dia meningkatkan diet dan olahraganya, termasuk jalan di treadmill dan yoga, langkah maju untuk hidupnya yang lebih baik.


Salma Hayek

salma-hayek.jpg


Aktris Salma Hayek mengalami gestational diabetes atau diabetes selama hamil sewaktu mengandung putrinya Velentina. Keluarga Hayek memang memiliki riwayat diabetes. Saat usia kehamilan 24 – 28 minggu wanita hamil harus diperiksa kemungkinan resiko diabetes tipe ini. Golongan yang beresiko (karena riwayat keluarga atau obesitas) sebaiknya diperiksa lebih awal.
Diabetes tipe ini biasanya hilang dengan sendirina setelah masa kehamilan/ melahirkan, namun tipe ini meningkatkan resiko terkena DM tipe 2 atau ada kemungkinan akan mengalaminya kembali.


Jay Cutler

jay-cutler-picture.jpg


Jay CutlerQuarterback klub American football Chicago Bears ini terdiagnosa diabetes tipe-1 pada 2008, diawali dengan kehilangan berat badan 35 pounds dan merasa tidak bertenaga. Tapi Cutler pantang menyerah, Cutler menggunakan pompa insulin, memonitor gula darahnya, dan menyebut kondisnya sbagai “Manageable” atau terkendali. DM tipe-1 adalah penyakit auto imun, dimana system pertahanan tubuh menyerang sel pancreas, sel yang menghasilkan insulin (hormone yang mengendalikan gula darah).


Patti LaBelle

pattilabelle400a0607.jpg


Penyanyi Patti LaBelle menderita diabetes tipe 2. Di situs webnya, LaBelle menyampaikan kisah ketika terdiagnosa diabetes pertama kali: “Saat itu aku pingsan di panggung … dan dokter datang kembali ke saya dan berkata,” Apakah kau tahu kau tipe 2 diabetes? ” dan aku berkata, ‘Aku tidak tahu,’ “kata LaBelle, yang memiliki sejarah keluarga diabetes ini. Sejak itu LaBelle menulis buku resep masakan sehat, dan berolahraga secara teratur. Dia menyebut dirinya sebuah “divabetic” – gabungan kata diabetes dan diva – kepada majalah People Desember 2008.


Anne Rice

large_RICE1.JPG


Novelis Anne Rice awalnya tidak tahu kalau dia menderita diabetes hingga diabetes hampir merenggut nyawanya pada tahun 1998, ketika dia mengalami koma diabetes. “Saya rasa waktu itu gula darah saya mencapai 800 atau sekitar itu, dan saya mengalami koma diabetes sekitar lima sampai 15 menit mati,” kata Rice dalam suratnya tahun 1999 yang diposting pada situs web-nya. Dari krisis tersebut, akhirnya Rice mengetahui bahwa dia memiliki diabetes tipe 1. “Saya menggunakan insulin selama sisa hidup saya,” ungkap Rice. “Dan saya harus membiasakan diri dengan hal ini… seperti ribuan orang lain yang menderit diabetes tipe-1″


Mike Huckabee

Mike_huckabee.jpg


Mike Huckabee, mantan gubernur Arkansas yang mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2008 lalu dan sekarang menjadi pembawa acara TV di Fox News Channel, didiagnosa menderita diabetes tipe 2 pada tahun 2003. Sejak itu, Huckabee meningkatkan dietnya dan rutin berolah raga lari. Kerja kerasnya terbayar, dia berhasli mengurangi 110 berat badannya, menekan BMI-nya dari kategori obes/ gemuk menjaid notmal, dan berhasil membalik DM tipe-2 nya. Huckabee menulis sebuah buku tentang pengalaman transformasi dirinya dan mempromosikan untuk memulai hidup sehat sejak usia kanak-kanak.


Bret Michaels

1274377912_bret-michaels-290.jpg


Bret Michaels, vokalis grup band rock terkenal Poison dan bintang reality TV show VH1 Rock of Love, didiagnosa menderita diabetes tipe 1 ketika ia berusia 6 tahun. Sebagai orang dewasa, Michaels telah belajar untuk mengendalikan diabetesnya meskipun hidup sebagai seorang bintang rock. “Saya melakuan empat suntikan insulin dan delapan kali tes darah setiap hari untuk bertahan dan selamat dari penyakit ini,” ungkap Michaels dalam situs webnya.


Larry King

cnn-king.jpg


Pembawa acara kondang di acara talkshow CNN Larry King memiliki diabetes tipe 2. “Masih dapat terkendali” ungkap Larry dalam salah satu shownya. Diabetes menyebabkan penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan masalah kesehatan serius lainnya LarryKing telah mengalami lima kali operasi bypass jantung pada tahun 1987.Dalam kasus King, diabetes bukan satu-satunya faktor risiko – ia sebelumnya adalah perokok berat, dan rokok salah satu penyebab kerusakan jantung. Namun dengan merawat penyakit diabetesnya (dan berhenti merokok), Lary King telah membantu kesehatan hatinya dan organ tubuh lainnya.


Mary Tyler Moore

mary-tyler-moore.jpg


Aktris Mary Tyler Moore menderita diabetes tipe 1.Dia terdiagnosa diabetes pada umur 30 tahun, ketika ia dirawat di rumah sakit setelah mengalami keguguran. Sebuah tes darah rutin dilakukan di rumah sakit menunjukkan tingkat gula darah yang tinggi yaitu 750. “Mereka langsung menginjeksi saya dengan insulin,” Moore mengisahkannya kepada CNN dalam talkshow Larry King tahun 2005 lalu.Sekarang dalam usia70-an, Moore masih berpartisipasi aktif dalam mempromosikan riset diabetes, dia menjabat sebagai Ketua Internasional Juvenile Diabetes Research Foundation


Elliott Yamin

0805081707_M_350_080508_elliott_yamin.jpg


Elliot adalah salah seorang penyanyi yang menempati posisi ketiga pada musim kelima American Idol, Elliott Yamin didiagnosis dengan diabetes tipe 1 di pertengahan usia remajanya.
Yamin telah mengatakan kepada pewawancara bahwa tadinya ia marah, malu, dan berusaha menyangkal bahwa ia terkena diabetes saat itu.Tapi Yamin, yang memakai pompa insulin ini, telah berubah dan menjadi teladan bagi orang dewasa muda dengan diabetes.Dalam sebuah wawancara dengan Parade pada 2007, Yamin menganjurkan para pasien diabetes untuk tetap positif … dan tidak membiarkan penyakit ini menjadi hambatan dalam berkreasi dan beraktifitas. (spd/rd)


sumber : diabetes.webmd. com
 
Last edited:
Wah itu favoritnya Kak Dip si oom Bret Michael ternyata kena tipe 1.
Wah repot amat kalau lagi tour tuh.
 
dicek dulu aja om gula darahnya berapa, pake alat yang dijual di pasaran, karena diabetes ini tidak nampak loo,,



atau suruh aja non depe buat periksa

dari keluarga ku ngak ada den yang kena diabetes

kan diabetes penyakit keturunan
 
Ya, ada apa Den Niz? :D

Btw, Diabetes memang salah satu faktor penyebabnya adalah karena keturunan atau genetik, khususnya untuk Diabetes tipe 1 dan tipe 2, sedangkan untuk tipe 3 sangat kecil kemungkinan dikarenakan oleh keturunan. Tapi yang perlu diingat adalah penyakit ini disebabkan karena multi faktor, jadi meskipun punya keturunan diabetes belum tentu juga bisa dipastikan bakal terkena, begitu juga sebaliknya meskipun nggak punya keturunan diabetes belum pasti juga tidak akan terkena.

Gejala penyakit ini sebenarnya bisa diraba-raba sebelum diperiksa secara laboratoris, seperti sering merasa haus, lapar, frekuensi buang air kecilnya sering, gampang terasa capek, penurunan berat badan secara drastis dan sering merasa pusing. Kalau punya gejala-gejala seperti itu sebaiknya segera diperiksakan, karena besar kemungkinan mengidap penyakit ini.
 
Ya, ada apa Den Niz? :D

Btw, Diabetes memang salah satu faktor penyebabnya adalah karena keturunan atau genetik, khususnya untuk Diabetes tipe 1 dan tipe 2, sedangkan untuk tipe 3 sangat kecil kemungkinan dikarenakan oleh keturunan. Tapi yang perlu diingat adalah penyakit ini disebabkan karena multi faktor, jadi meskipun punya keturunan diabetes belum tentu juga bisa dipastikan bakal terkena, begitu juga sebaliknya meskipun nggak punya keturunan diabetes belum pasti juga tidak akan terkena.

Gejala penyakit ini sebenarnya bisa diraba-raba sebelum diperiksa secara laboratoris, seperti sering merasa haus, lapar, frekuensi buang air kecilnya sering, gampang terasa capek, penurunan berat badan secara drastis dan sering merasa pusing. Kalau punya gejala-gejala seperti itu sebaiknya segera diperiksakan, karena besar kemungkinan mengidap penyakit ini.

wah saya juga sering pusing tuh non, klo pas tanggal tua,,,,,

btw, diabetes itu ada obatnya nggak sih non? sepertinya ngeri juga ni penyakit,,,, atuuuuttt
 
wah saya juga sering pusing tuh non, klo pas tanggal tua,,,,,

btw, diabetes itu ada obatnya nggak sih non? sepertinya ngeri juga ni penyakit,,,, atuuuuttt
Diabetes itu nggak bisa disembuhkan, penyakit ini masuk ke dalam golongan lifelong disease. Pengecualian untuk penderita diabetes tipe 3 atau dalam dunia medis disebut sebagai Diabetes mellitus gestasional yang terjadi hanya selama kehamilan dan pulih setelah melahirkan. Meskipun bersifat sementara, bila tidak ditangani dengan baik dapat membahayakan kesehatan janin maupun sang ibu. Resiko yang dapat dialami oleh bayi meliputi makrosomia (berat bayi yang tinggi/diatas normal), penyakit jantung bawaan dan kelainan sistem saraf pusat, dan cacat otot rangka.

Di luar diabetes tipe 3 itu, penyakit ini nggak bisa disembuhkan tapi gejala dan komplikasi yang ditimbulkannya dapat diminimalkan asal kita dapat mengelolanya dengan baik. Yang bisa kita lakukan adalah kita harus rajin dan disiplin mengatur pola diet dan olahraga, di samping rutin memeriksakan kadar gula darah kita serta disiplin makan obat sebagaimana yang ditentukan dokter. Diet perlu dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat (berbagai jenis gula dan tepung termasuk nasi, kentang, ubi, singkong dan lain sebagainya), mengurangi makanan berlemak (daging berlemak, kuning telur, keju, dan susu tinggi lemak) serta memperbanyak makan sayur dan buah sebagai sumber serat, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein kita dapat memanfaatkan ikan, ayam (terutama daging dada), tahu dan tempe. Selain mengatur pola makan, penderita diabetes disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur dengan cara bertahap sesuai dengan kemampuan. Olahraga yang ideal adalah yang bersifat aerobik seperti jalan atau lari pagi, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya. Olahraga aerobik ini paling nggak dilakukan selama 30-40 menit didahului dengan pemanasan 5-10 menit dan diakhiri pendinginan antara 5-10 menit. Olah raga akan memperbanyak jumlah dan meningkatkan aktivitas reseptor insulin dalam tubuh kita.
 
banyak juga yah
paman aku juga penderita diabetes
trus dia minum susu formula untuk diabetes[/URL]
sekarang sudah lumayan sehat, semoga saja bisa semakin membaik
 
Last edited by a moderator:
Back
Top