Macam-macam Keju Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Telur/Susu/Keju] Macam-macam Keju

Kamu tau nggak kalau keju itu ternyata banyak jenis atau macamnya?
coba saya share dari beberapa sumber macam-macam keju



Ricotta


Keju Ricotta adalah keju segar dari Italia yang dibuat dari air dadih sisa pembuatan keju lain yang dimasak lagi. Ricotta berasal dari kata bahasa Latin yaitu "recocta" yang berarti "dimasak lagi". Keju ini diproduksi di seluruh daerah di Italia. Ricotta dapat dimakan begitu saja ataupun digunakan dalam lasagna, cannoli (kue dari Sisilia) dan hidangan-hidangan lainnya.[4] Keju ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan tekstur yang lembut dan warna yang putih seperti salju



Gruyère

Gruyère adalah keju bertekstur keras yang dibuat dari susu sapi mentah dari daerah Gruyère di Swiss. Keju Gruyère dinamakan sesuai dengan desa tempat keju ini pertama kali dibuat. Kulit keju ini berkeriput dan berwarna coklat alami. Keju Gruyère memiliki kemiripan dengan keju Emmental, namun keju Gruyère memiliki warna kuning yang lebih gelap. Selain itu, proses pematangan Gruyère lebih lama dibandingkan dengan Emmental sehingga teksturnya lebih padat dan rasanya lebih tegas.



Keju Emental

Emmental, Emmentaler, Emmenthal, atau Emmenthaler adalah keju dari Swiss yang dibuat dengan susu sapi mentah dan memiliki banyak lubang atau "mata" yang berukuran besar. Keju ini dikenal sebagai "keju Swiss" di Amerika Utara walaupun keju Swiss tidak selalu merujuk kepada Emmental. Tiruan keju Emmental di Norwegia dikenal dengan nama Jarlsberg. Keju ini mendapatkan namanya dari daerah asalnya yaitu lembah Emme di Canton Bern dan telah mendapatkan sertifikasi dari AOC (Appellation d'Origine Contrôlée). Sertifikasi AOC menyebabkan hanya keju yang diproduksi di Emmental saja yang dapat diberi label "Emmentaler Swiss". Namun, nama "keju Emmental" tidaklah dilindungi sehingga banyak tiruannya yang diproduksi di berbagai negara.



Keju Cheddar

Keju Cheddar adalah keju yang relatif keras, berwarna kuning pucat hingga putih gading, dan kadang-kadang memiliki rasa yang kuat. Keju ini berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris dan merupakan keju yang paling populer di Britania Raya dengan pangsa pasar sekitar 51% dari £1,9 miliar pasar keju per tahunnya di Britania Raya.
Keju Cheddar telah dibuat tiruannya secara luas, baik di Inggris, maupun di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Kanada, dan Islandia. Di sebagian besar negara-negara di dunia umumnya tersedia keju "Cheddar" dalam berbagai bentuk, mulai dari jenis keju Cheddar rendah lemak hingga keju Cheddar tua dan tinggi kadar lemak. Menurut standar perdagangan Eropa, hanya keju yang diproduksi dan berasal dari empat county di Barat Daya Inggris (Somerset, Devon, Dorset, dan Cornwall) yang dapat disebut/diberi label "West Country Farmhouse Cheddar" berdasarkan Perlindungan Indikasi Asal (PDO).[3] Keju Cheddar juga merupakan salah satu keju yang paling umum tersedia dan digunakan di Indonesia sebagai bahan kue dan makanan.




Stilton


Stilton adalah keju dari negara Inggris yang dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi (adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, dan khamir.) dan memiliki tekstur yang bercorak biru karena penambahan jamur pada proses pembuatannya. Keju Stilton memiliki bentuk silinder yang tinggi dengan kulit yang tebal, berkerut dan padat. Warna dari kulit tersebut adalah coklat keabu-abuan dengan bercak-bercak putih. Kulit tersebut memiliki lubang-lubang sangat kecil yang merupakan hasil dari menusukkan jarum. Jarum tersebut ditusukkan pada kulit keju agar udara di bagian dalam keju dapat keluar. Berat dari keju ini berkisar antara 2.5 kilogram atau 8 kilogram. Stilton pertama kali dipopulerkan oleh Bell Inn, yaitu sebuah penginapan bagi para wisatawan dari London yang hendak ke York. Keju Stilton muda berwarna seperti gading dan rapuh. Sedangkan keju Stilton tua memiliki warna yang lebih gelap dan memiliki corak biru yang lebih menonjol.




Keju Edam


Edam (bahasa Belanda Edammer) adalah keju yang berasal dari Belanda yang secara tradisional berbentuk bulat dan berwarna kuning terang dan dibungkus dengan parafin dan malam (zat) berwarna merah. Keju ini dinamai demikian karena pertama kali dibuat di Edam, Holland Utara Edam yang berumur setidaknya 17 minggu dibungkus oleh malam berwarna hitam, bukan merah atau kuning.
Keju Edam memiliki rasa yang sangat lembut, sedikit asin atau terasa seperti kacang, keju ini juga tidak berbau bila dibandingkan keju lainnya. Keju ini juga memiliki kandungan lemak jauh lebih rendah dibandingkan keju tradisional lainnya sebanyak 28 persen dengan kandungan protein sebanyak 25 persen. Keju Edam yang modern jauh lebih lembut dibandingkan keju yang lain, seperti Keju Cheddar, karena kandungan lemaknya yang lebih rendah.



Manchego

Manchego adalah keju bertekstur keras dari daerah La Mancha di Spanyol yang dibuat dengan menggunakan susu domba yang dipasteurisasi. Keju ini merupakan keju Spanyol yang paling populer dan diekspor ke banyak negara di dunia. Keju ini memiliki tekstur yang padat dan kering dengan kulit seperti lilin. Bagian dalam dari keju ini memiliki lubang-lubang kecil.




Keju Gorgonzola


Gorgonzola adalah keju biru bertekstur lunak dari susu sapi yang di pasteurisasi yang berasal dari Italia. Jamur #####ilin yang berwarna biru kehijau-hijauan ditambahkan pada keju ini sehingga rasanya menjadi tajam dan pedas. Keju Gorgonzola dibuat di sebuah desa di utara Italia yang bernama sama dengan keju ini. Keju ini biasanya dibungkus dengan kertas timah untuk menjaga kelembabannya. Warna Gorgonzola bervariasi dari putih hingga kuning jerami dengan urat-urat yang berwarna hijau atau biru kehijau-hijauan. Rasa dari keju ini bergantung pada lama pematangannya, semakin lama waktu pematangannya maka semakin tajam rasa keju tersebut.



masih banyak macam-macam keju, yang tau ikutan share disini dong, reppu atau yang terbaik sms bintang deh


referensi wikipedia.org
misa_chan
Mod

Post: 13.824
 
Reputasi: 373

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Macam-macam Keju

Keju permisan nggak ada ya?
Itu tuh keju yang sering dipakai untuk topping pizza.
Second_Sister
Mod

Post: 3.118
 
Reputasi: 350

misa_chan:
__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Macam-macam Keju

Kutip:
Oleh Second_Sister View Post
Keju permisan nggak ada ya?
Itu tuh keju yang sering dipakai untuk topping pizza.
iya bener juga, coba kita cari tau..
oh tulisannya permesan, mungkin dibaca permisan ya ka?

ada dua perbedaan nih kayanya tadi sa cari artikel-artikelnya, ada keju yang disebut Parmigiano-Reggiano dan diluar itu disebut dengan keju Permesan;


Parmigiano-Reggiano / Keju Permesan




Parmigiano-Reggiano adalah keju bertekstur keras dari susu sapi yang diproduksi di daerah-daerah di Italia oleh pembuat keju yang tergabung dalam Consorzio Formaggio Parmigiano-Reggiano. Consorzio Formaggio Parmigiano-Reggiano adalah suatu organisasi mandiri yang mengurusi produk susu. Keju ini dibuat juga di negara-negara lain seperti Argentina, Australia, dan Amerika Serikat dengan nama parmesan. Hanya keju yang dibuat di Italia yang dapat dinamakan Parmigiano-Reggiano.
Keju ini mendapatkan namanya dari daerah dimana keju tersebut diproduksi. Parmigiano berari dari Parma dalam bahasa Italia. Sedangkan Reggiano merujuk pada daerah Reggio-Emilia. Keju ini diproduksi di beberapa daerah di Italia, antara lain adalah Bologna, Modena, Parma, Reggio Emilia, dan Montova.
misa_chan
Mod

Post: 13.824
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Macam-macam Keju

Yang bener memang permesan dan bukan permisan ...
Kejunya memang keras banget, bahkan hasil parutannya pun teksturnya nggak lembek dan seringnya memang untuk dipakai sebagai taburan makanan ....

Eniwei, selain Cheedar rasa2 keju di atas itu hoek banget lho ... kalo buatku sih ... karena mungkin aku nggak terlalu suka keju. Ini sempet bikin aku tersiksa soal makanan saat dulu kuliah di Zurich karena orang Swiss itu apapun yang masuk mulut bakal dikasih keju emmental ataupun gruyere ... Mulai dari kentang sampai dilarutkan di wine .. untunglah lama2 jadi terbiasa .. Tapi untuk makan secara langsung keju emmental sampai sekarang masih belum bisa karena sedari kecil bayanganku adalah keju emmental ini kejunya tikus .. Coba deh lihat film2 kartun yang ada tikusnya, pasti makanan kejunya adalah jenis emmental ini, ketambahan lagi aku selalu kebayang saat ibuku bilang "Wow this is a rat cheese. Lovely!! " ...

O ya .. lobang2 yang ada di emmental cheese itu terbentuk karena reaksi dari karbondioksida saat proses pasteurisasi yang sedikit berbeda dari keju lain ...



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.576
 
Reputasi: 1117

misa_chan: indonesia: Sebelumnya Solve Answer





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Macam-macam Keju

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Yang bener memang permesan dan bukan permisan ...
Kejunya memang keras banget, bahkan hasil parutannya pun teksturnya nggak lembek dan seringnya memang untuk dipakai sebagai taburan makanan ....

Eniwei, selain Cheedar rasa2 keju di atas itu hoek banget lho ... kalo buatku sih ... karena mungkin aku nggak terlalu suka keju. Ini sempet bikin aku tersiksa soal makanan saat dulu kuliah di Zurich karena orang Swiss itu apapun yang masuk mulut bakal dikasih keju emmental ataupun gruyere ... Mulai dari kentang sampai dilarutkan di wine .. untunglah lama2 jadi terbiasa .. Tapi untuk makan secara langsung keju emmental sampai sekarang masih belum bisa karena sedari kecil bayanganku adalah keju emmental ini kejunya tikus .. Coba deh lihat film2 kartun yang ada tikusnya, pasti makanan kejunya adalah jenis emmental ini, ketambahan lagi aku selalu kebayang saat ibuku bilang "Wow this is a rat cheese. Lovely!! " ...

O ya .. lobang2 yang ada di emmental cheese itu terbentuk karena reaksi dari karbondioksida saat proses pasteurisasi yang sedikit berbeda dari keju lain ...



-dipi-
gkgkgkgk
belum pernah nyobain keju yang kayak ka dipi makan, sama nih sa juga gak terlalu suka keju, keju biasa yang diroti2 yang kayak ditipi-tipi aja gak doyan, apalagi ngeliat keju yang diatas
hoo iya yang di tom & jerry, kejunya itu keju emmental ya, banyak lubang-lubangnya.
misa_chan
Mod

Post: 13.824
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Macam-macam Keju

ternyata, ada lagi keju yang lebih aneh rupanya, dari Stilton atau Keju Gorgonzola (atas), maksudnya biasanya kan keju warnanya kuning atau halus, ternyata keju sejenis mereka malah ada seperti baret-baret hitam atau biru2nya.
nih adalagi nemu, namanya keju Requefort;


Requefort



Roquefort adalah keju biru dari Perancis yang dibuat dengan susu domba mentah. Keju ini berasal dari Rouergue yang dahulu merupakan salah satu propinsi di negara Perancis. Untuk memenuhi permintaan, susu domba yang digunakan untuk membuat keju ini dapat diimpor dari Korsika ataupun Pyrenees. Keju Roquefort berbentuk silinder dengan diameter 19 sampai 20 sentimeter dan tinggi 10 hingga 99 sentimeter. Berat dari keju ini berkisar antara 2.5 hingga 3 kilogram. Keju ini tidak memiliki kulit dan bercorak abu-abu kehijauan akibat jamur yang digunakan pada proses pembuatannya. Cara tradisional dalam penggunaan jamur adalah dengan menaruh roti gandum hitam disebelah keju Roquefort. Roti tersebut didiamkan selama 70 hari sehingga menjadi kering dan berjamur. Kemudian roti tersebut digiling hingga menjadi bubuk halus dan ditaburkan pada dadih. Keju Roquefort dimatangkan selama tiga bulan dan prosesnya haruslah dilakukan di gua Roquefort-sur-Soulzon di daerah Midi-Pyrenees.
misa_chan
Mod

Post: 13.824
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Macam-macam Keju

ahh ngilerrrrr, saya biasa suka iseng ngga ada cemilan makanin aja keju yg biasa dijual di supermarket
floweradvisor
National Level

Post: 537
 
Reputasi: 11

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Macam-macam Keju

Kutip:
Oleh floweradvisor View Post
ahh ngilerrrrr, saya biasa suka iseng ngga ada cemilan makanin aja keju yg biasa dijual di supermarket
wahh keju dicemil, keju gak enakk, rasanya aneh
misa_chan
Mod

Post: 13.824
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Macam-macam Keju

lanjut ya...

Fontina

Fontina adalah keju dari negara Italia yang dibuat dengan menggunakan susu sapi mentah. Keju Fontina dibuat di daerah pegunungan pada bulan Mei hingga September. Bagian dalam dari keju ini berwarna seperti jerami dengan lubang-lubang bulat berukuran kecil. Keju ini memiliki bentuk yang bundar dengan berat 8 hingga 18 kilogram. Keju Fontina memiliki rasa seperti kacang dengan sedikit rasa madu. Hidangan fondue dari Italia yang bernama Fonduta menggunakan keju Fontina sebagai bahan utamanya. Selain itu, keju Fontina juga digunakan sebagai olesan pada roti. Hal tersebut dikarenakan kualitas dari keju ini yang baik untuk dilelehkan. Fontina dimatangkan selama 3 bulan di dalam ruangan dengan suhu 6° sampai 10 °C dan kelembaban 90%.




Keju Gouda

Gouda (ejaan Inggris: [ˈɡaʊdə] atau ejaan Inggris: [ˈɡuːdə];, dari bahasa Belanda: Goudse kaas "Keju dari Gouda") adalah keju kuning yang dibuat dari susu sapi. Keju ini diambil namanya dari kota Gouda di Belanda, tetapi namanya tidak dilindungi dalam Perlindungan Indikasi Asal (PDO). Keju Gouda dibuat dan dipasarkan di seluruh dunia.




Havarti

Havarti adalah keju bertekstur semi-lunak dari susu sapi yang berasal dari Denmark. Nama keju ini didapat dari peternakan di Denmark dimana Hanne Nielsen membuat keju ini pertama kali. Keju ini merupakan versi yang lebih halus dari keju Tilsit dan memiliki beberapa persamaan terutama pada warnanya yang kuning pucat. Keju Havarti sering disajikan dengan roti lapis. Karena kandungan lemaknya yang tinggi maka keju ini baik untuk dipanggang dan dapat meleleh dengan baik. Versi Amerika dari keju ini ditambahkan dengan rempah-rempah seperti jintan, lada, dan lain-lain.





Provolone

Provolone adalah keju jenis pasta filata yang berasal dari Italia. Keju ini memiliki berbagai bentuk, antara lain bentuk buah pir, melon atau kerucut. Tekstur keju ini semi-keras dengan kulit yang berwarna kuning keemasan. Provolone memiliki rasa yang manis namun apabila dimatangkan untuk waktu yang lama rasanya menjadi lebih tajam. Nama Provolone berasal dari kata dalam dialek Neapolitan yaitu prova yang lalu menjadi provola. Kata tersebut merujuk kepada bentuk dari keju Provolone yang seperti bola.





Halloumi


Halloumi adalah keju dari negara Siprus yang diasamkan dan dibuat dari susu domba atau kambing atau campuran dari keduanya. Susu sapi juga dapat digunakan untuk membuat halloumi. Rennet tidak digunakan dalam pembuatan keju ini. Halloumi memiliki tekstur yang berlapis dan rasa yang asin. Warna keju halloumi bervariasi mulai dari putih hingga kekuning-kuningan. Rasa asin pada keju ini dikarenakan air garam yang digunakan untuk mengawetkan keju tersebut. Seringkali halloumi ditambahkan dengan daun mint. Daun mint tidak hanya menambah rasa tetapi secara tradisional daun ini digunakan sebagai pengawet. Walaupun berasal dari Siprus, keju ini juga populer di Timur Tengah.
misa_chan
Mod

Post: 13.824
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Macam-macam Keju

Hmmmm yummy.
Gw suka semua jenis keju.
depe_3rd
National Level

Post: 1.334
 
Reputasi: 262

__________________
Berani Sumpah!!
Gw itu lucu!!!
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Macam-Macam Ransel Deuter Harga Super Murah. dhany2311 Pakaian, Aksesoris & Sepatu 0
Macam-Macam Ransel Deuter Harga Super Murah. dhany2311 Pakaian, Aksesoris & Sepatu 0
Macam-Macam Hujan Meteor yang Sering Menghantam Bumi Raniiagel Science & Penemuan 4
Jual Macam-Macam Ransel Deuter Harga Super Murah. dhany2311 Pakaian, Aksesoris & Sepatu 0
Jual macam-macam CD dan DVD diisi movie,mp3,game,software(INCLUDE LINUX-MAC) kilop23ty VCD, DVD, Film, Musik & Buku 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.