Herpes Zoster Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Herpes Zoster

Herpes Zoster
DEFINISI

Herpes Zoster (Shingles) adalah suatu infeksi yang menyebabkan erupsi kulit yang terasa sangat nyeri berupa lepuhan yang berisi cairan.

Herpes zoster bisa terjadi pada usia berapapun tetapi paling sering terjadi pada usia diatas 50 tahun.

PENYEBAB

Penyebab herpes zoster adalah virus varicella-zoster, virus yang juga menyebabkan cacar air.

Infeksi awal oleh virus varicella-zoster (yang bisa berupa cacar air) berakhir dengan masuknya virus ke dalam ganglia (badan saraf) pada saraf spinalis maupun saraf kranialis dan virus menetap disana dalam keadaan tidak aktif.
Herpes zoster selalu terbatas pada penyebaran akar saraf yang terlibat di kulit (dermatom).

Virus herpes zoster bisa tidak pernah menimbulkan gejala lagi atau bisa kembali aktif beberapa tahun kemudian.
Herpes zoster tejadi jika virus kembali aktif. Kadang pengaktivan kembali virus ini terjadi jika terdapat gangguan pada sistem kekebalan akibat suatu penyakit (misalnya karena AIDS atau penyakit Hodgkin) atau obat-obatan yang mempengaruhi sistem kekebalan.
Yang sering terjadi adalah penyebab dari pengaktivan kembali virus ini tidak diketahui.

GEJALA

3-4 hari sebelum timbulnya herpes zoster, penderita merasa tidak enak badan, menggigil, demam, mual, diare atau sulit berkemih.
Penderita lainnya hanya merasakan nyeri, kesemutan atau gatal di kulit yang terkena.

Muncul sekumpulan lepuhan kecil berisi cairan dikelilingi oleh daerah kemerahan.
Lepuhan ini hanya terbatas pada daerah kulit yang dipersarafi oleh saraf yang terkena.
Lepuhan paling sering muncul di batang tubuh dan biasanya hanya mengenai satu sisi (kanan saja atau kiri saja).
Daerah yang terkena biasanya peka terhadap berbagai rangsangan (termasuk sentuhan yang sangat ringan) dan bisa terasa sangat nyeri.

Lepuhan mulai mengering dan membentuk keropeng pada hari kelima setelah mereka muncul.
Lepuhan mengandung virus herpes zoster, yang jika ditularkan bisa menyebabkan cacar air.
Lepuhan yang lua atau menetap lebih dari 2 minggu biasanya menunjukkan bahwa sistem kekebalan penderita tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Suatu serangan herpes zoster biasanya memberikan kekebalan yang cukup lama sebelum terjadi serangan berikutnya; kurang dari 4% penderita yang mengalami serangan kedua.
Sebagian besar penderita mengalami penyembuhan tanpa meninggalkan gejala sisa. Tetapi bisa terbentuk jaringan parut yang luas meskipun tidak terjadi infeksi bakteri sekunder.
Jika mengenai saraf wajah yang menuju ke mata bisa menimbulkan masalah yang cukup serius.

Neuralgia pasca-herpetik

Neuralgia pasca-herpetik adanya nyeri di daerh kulit yang dipersarafi oleh saraf yang terkena.
Nyeri ini bisa menetap selama beberapa bulan atau beberapa tahun setelah terjadinya suatu episode herpes zoster.
Nyeri bisa dirasakan terus menerus atau hilang-timbul dan bisa semakin memburuk pada malam hari atau jika terkena panas maupun dingin.

Nyeri paling sering dirasakan pada penderita usia lanjut; 25-50% penderita yang berusia diatas 50% mengalami neuralgia pasca-herpetik.
Tetapi hanya 10% dari seluruh penderita yang mengalami neuralgia pasca-herpetik.

Pada sebagian besar kasus, nyeri akan menghilang dalam waktu 1-3 bulan; tetapi pada 10-20% kasus, nyeri menetap selama lebih dari 1 tahun dan jarang berlangsung sampai lebih dari 10 tahun.

Pada sebagian besar kasus, nyeri bersifat ringan dan tidak memerlukan pengobatan khusus.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya yang mengikuti pola dermatom pada satu sisi tubuh.

PENGOBATAN

Obat anti-virus bisa diberikan untuk memperpendek lamanya erupsi kulit, terutama pada penderita yang mengalami gangguan sistem kekebalan.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit agar tidak terjadi infeksi bakteri sekunder.

Aspirin atau kodein bisa meringankan nyeri untuk sementara waktu dan bisa diberikan jika rasa nyeri menyebabkan penderita tidak dapat tidur atau melakukan aktivitas.
Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena memiliki resiko terjadinya sindroma Reye.




SUMBER : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Herpes Zoster

dok mau tanya.tgl 15 bdn meriang,demam tdk enak tdk napsu mkn.tgl 16 msh sy biarkan.tgl17 kbetulan jatuhnya hr minggu dan terpaksa tgl 18 sy baru ke dr.mata sdh bengkak.pipi dan muka sebelah bengkak parah.dr blg cacar ular.diberi zovirax4200 selama5hari.sampai tgl22 msh belum smbuh,sy ke dr lain katanya pemberian dosis pertama salah.kmudian sy diberi diberiherclov31000mg(3hari).skr luka nya di wajah masih ada merah2.blm kering seluruh nya.skt kepala sebelah,kalau menyisir.dan hidung skt bgt.sebaiknya,antibiotiknya dteruskan apa tdk?kalau tdk mkn obat lg apa bisa kena mata dan otak?skr menginjak hari ke 9.apa herclov nya hrs dteruskan?sebab dr kulit yg menangani blg stop saja tapi saya tanya hanya via tlp.cuma sy msh agak takut sebab baca2 di internet,penggunaan herclov/antivirus hrs sampai bnr2 smbuh.herpesnya terkena di pipi,hidung dan bawah mata.dan bila cek ke dr lg,sbaiknya ke dr kulit lg atw internist lbh tepatnya?kalau memang herclov nya hrs terus diminum terus sampai luka bnr2 mengering/skt kepala&hidung sembuh,sy akan lanjutkan.jadi keterangan nya=
hari1 zovirax4200
hari2 zovirax4200
hari3 zovirax4200
hari4 zovirax4200
hari5 zovirax3200.ganti dr diberi herclov1000
hari6 herclov31000
hari7 herclov31000
hari8 herclov21000
obat habis.skrg sy msh hrs minum anti virus tdk dok?luka sdh kering.tapi skrg nyeri kepala masih.kira2 bgmn ya dok,.sebab baca2 di internet,penggunaan antivirus hrs benar2 tuntas.selama2minggu.apa bnr bgt dok?sy takut kalau tdk tuntas,akan menyerang lbh parah lg.merusak syaraf mata dan otak.tlg keterangan nyatakutnya stlh sy berhentikan herclovnya,virusnya makin menyerang ke mata dan otak dan hidung,sebab msh nyeri sekali.apa antivirusnya hrs diteruskan sampai luka nya bnr2 kering.kalau iya apa sy perlu berobat ke internist?apa tdk ada efek samping meminum herclov 31000 lbh dari3hari dok.dan bagaimana sekrg untuk ke depan nya agar sakit post herpetic segera hilang?dan biasanya brp lama?untuk usia58.thx.tlg dibalas ke princeu666@yahoo.com
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Herpes Zoster

Terimakasih infonya gan.....
nabielrossid
Village Level

Post: 25
 
Reputasi: 0

__________________
Obat Sipilis Cari Obat Herbal Obat Kutil Kelamin





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Herpes Zoster

bagi yang mencari obat herpes ampuh silahkan hubungi saya
Village Level

Post: 61
 





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Herpes Zoster

informasi yang sangat bagus gan...!!

obat herpes




Spam LINK
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Herpes Zoster

ini yang biasanya selalu gatal itu bukan sih? kayaknya kakak gue pernah kena deh.. terus dipakein salep atau bedak gitu.
husnirt
Village Level

Post: 89
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Herpes Zoster

ini cacar air bukan sih maksudnya? abis definisinya kayak begitu yaa
lokita
Village Level

Post: 98
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Herpes Zoster

Infonya bagus bgt nih
davidrahman76
Village Level

Post: 74
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Herpes Zoster

keponakan kita ada yang kena herpes, tapi gatau yang zoster atau gimana. cuma sampe kuku gitu suka kelupas jadinya
kitabeda
Village Level

Post: 84
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Herpes Zoster

wah, berarti lebih parah dari cacar air ya... ngeri banget. sakit emang gak pernah enak
lokita
Village Level

Post: 98
 
Reputasi: 2

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Herpes Simplex nurcahyo Kesehatan 7
Herpes Genitalis nurcahyo Kesehatan 11
Herpes nurcahyo Kesehatan 2
Infeksi Herpes Zoster Pada Kornea nurcahyo Kesehatan 0
Herpes Simpleks nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.