Pencekalan Yang Dilakukan MUI Terhadap Artis Dangdut. Sudah Tepatkah?

Sudah Tepatkan Pencekalan Yang Dilakukan Oleh MUI?


  • Total voters
    8
  • Poll closed .

Dipi76

New member
Artis nggak jelas eeh maaf artis dangdut, Julia Perez belum lama ini dicekal saat akan menjalankan show di Palembang. Pencekalan artis dangdut yang bersuara tidak terlalu merdu itu dilakukan oleh MUI setempat.
Bisakah dan sudah tepatkah MUI melakukan tindakan2 pencekalan seperti ini?
Kejadian pencekalan oleh MUI seperti ini tidak hanya menimpa artis porno eh artis dangdut Julia Perez saja, tapi juga sempat menimpa beberapa penyanyi dangdut yang lain sebelumnya.

Bagaimana secara kewenangan, legalitas hukum dan pandangan agama dalam hal yang dilakukan MUI ini?



-dipi-
 
kalau secara kewenangan dan legalitas hukum MUI tidak dapat mencekal seseorang, tapi mungkin MUI melihatnya dari segi Agama. Sebenarnya mungkin kalau menyanyi dangdut tidak akan berbuat macam macam tu artisnya, tapi wis kadung dapat imej yang kurang bagus, mau gimana lagi...
 
MUI sudah sangat tepat, yang tentunya sudah melalui berbagai macam pertimbangan. negara ini terlalu permisif, pencekalan2 seperti ini sesekali perlu dilakukan. apalagi ini jupe, sapa yang ndak tau sepak bola eh sepak terjangnya coba?

 
Kalu sekedar himbauan sih nggak masalah.
Tapi kalau udah mencekal dan itu bersifat mengikat, emang MUI itu lembaga apa di dalam hukum negara?
Ini Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan Negara Islam Indonesia. Emang mau dijadiin NII? Kalau dijadiin NII daku sih setuju banget.
 
sudah tepat sie, apalagi yg dicekal 'cuma' shownya aja ...jd mreka2 yg dicekal msh bsa brkunjung untk liburan ato urusan keluarga ...


Yg jd masalah skrg itu dangdut2 erotis jg menjd konsumsi anak2 -_-'

kembalikan dangdut k era bang roma :D
lirik bagus, jogednya pun biasa2 aja :)
 
tepat ga tepat MUI harus lebih pintar mengkaji.
saya aja orang bodoh bisa menilai kalo jupe itu naik tahta di dunia dangdut hanya karena ada duit & punya body.
kalo dari penilaian suara jangankan untuk nyanyi dangdut, nyanyi lagu anak2 aja kyknya ga masuk nominasi.
 
MUI itu harus jadi lembaga hukum negara dulu baru bisa mencekal.
Kalau daku jadi pedangdut yang dicekal, daku bakal tetep manggung karena nggak ada konsekuensi hukumnya sama sekali.
Kalau bersifat himbauan itu sudah tepat, tapi kalau sampai mencekal itu namanya nggak tahu diri.
Himbau itu pihak kepolisian yang mengeluarkan ijin untuk tidak memberikan ijin, himbau juga pemda, promotor dll.
 
MUI hanya bisa menghimbau warga muslim agar tak nonton pertunjukan Julia Peres dan kewenangan pencekalan hanya dapat dilakukan oleh PEMDA setempat dan jajarannya
 
what? MUI mencekal artis gak jelas? eh bukan, maksudnya penyanyi dangdut? kayaknya gak ngefek deh ;) kan bukan lembaga hukum, tapi kalau sekedar memberikan nasihat (atau apa sih bahasa kerennya nasihat?) tentang pakaian, aksi panggung itu boleh-boleh aja.. Tapi kalo sampe bisa mencekal itu bapak polisi sama pemerintah daerah fungsinya apa?


Tapi yang sudah-sudah jika sebuah lembaga dengan anggota masyarakat yang banyak (biasanya) bisa mengalahkan lembaga hukum dan bisa "bermain sendiri"
 
Last edited:
saya pikir MUI juga tidak peduli dengan legalitas hukum negara, mau resmi atau tidak, mau enak atau tidak, kalau tentang agama pastinya hukum negara jelas di bawah hukum agama. Pancasila sila pertama saja kan tentang Ketuhanan. Jadi saya pikir tindakan MUI juga sudah tepat, yang pencekalan itu tentu saja juga sebagai bentuk himbauan secara keras, masalah ditindaklanjuti tidaknya oleh pemerintah itu kan urusan pemerintah yang menganut Pancasila, bukan urusan MUI lagi, yang penting MUI sudah menyampaikan apa yang benar menurut kaidah² agama, nanti klo gak bereaksi disalahkan lagi ulamanya...
 
Back
Top