Cara memasak Gethuk
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Bahan] Cara memasak Gethuk

Ada yang tahu gethuk?? makanan ringan yang dibuat dari bahan utama singkong dan kelapa..

Berikut cara memasaknya yang aku dapat dari organisasi.org..

A. Bahan-Bahan Yang Diperlukan Antara Lain :

1. Gula Yang Sudah Dihaluskan = 250 gram atau 1/4 kg
2. Vanili = seperempat sendok makan
3. Singkong = 1 kilogram
4. Kelapa Parut = Secukupnya
5. Garam = secukupnya
6. Pewarna Makanan = secukupnya
7. Santan Kental = 1 cangkir

B. Peralatan Masak Yang Diperlukan Antara Lain :

1. Penggilingan Getuk
2. Alat untuk penumbuk singkong seperti cobek atau penggilingan.

C. Panduan Cara Memasak Secara Bertahap Yaitu :

1. Kukus singkong sampai matang
2. Buang serabut di tengahnya kemudian ditumbuk sampai halus.
3. Beri gula halus secukupnya.
4. Masukkan panili dan santan kental sampai adonan lemas.
5. Beri pewarna secukupnya sesuai selera asalkan aman untuk makanan.
6. Masukkan ke gilingan getuk dan potong setiap 5 atau 6 cm.
7. Beri kelapa secukupnya di atasnya.

Ini dia penampakanya..




Selamat Menikmati !
HulkHogan
HulkHogan HulkHogan is offline
Continent Level

Post: 9.404
 
Reputasi: 184

misa_chan:
__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk



ini den yang lebih enak, namanya Gethuk Lindri...
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

indonesia: Sebelumnya Solve Answer
__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua

Recent Blog: (no title)   





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk

yang kayak zoe tuh, enak getuknya, misa suka

btw, makasih resepnya bang hulk, reppu ya
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk

Getuk Lindri itu emang itu enak, tapi cara membuatnya ini yang sering gak bener, getuknya kadang terlalu keras dan tidak awet. resep diatas megha coba deh
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk

Supaya jadinya nggak keras, numbuknya saat singkong masih dalam keadaan panas...terus supaya nggak capek numbuknya, di ujung tumbukan dikasih plastik yang bersih dan sedikit dilumuri mentega, kalo nggak pake cara ini dijamin tangan bakal pegel semua karena sifat singkong yang lengket....



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk

setuju dengan mba dipi, karena dulu dan alm emak saya juga menumbuk singkong pagi buta, tapi bukan buat gethuk, namanya Lenthuk...

pasti pada gak tau...
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua

Recent Blog: (no title)   





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk

lenthuk? temennya gethuk ya joe
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk

bukan non, setelah di tumbuk dibuat bulat gepeng terus di goreng, bumbunya kurang tau saya, ,

kalau di jogja atau di jawa pasti ada yang jual Soto Lenthuk, enak gurih...

jadi kangen rumah...
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua

Recent Blog: (no title)   





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk

Lenthuk itu kadang yang dikasih kedele, kan ya?
Second_Sister
Second_Sister Second_Sister is offline
Continent Level

Post: 3.117
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Cara memasak Gethuk

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Supaya jadinya nggak keras, numbuknya saat singkong masih dalam keadaan panas...terus supaya nggak capek numbuknya, di ujung tumbukan dikasih plastik yang bersih dan sedikit dilumuri mentega, kalo nggak pake cara ini dijamin tangan bakal pegel semua karena sifat singkong yang lengket....



-dipi-
wuiihh ada pengaruhnya juga ya pada cara menumbuknya memang sejauh ini ibu-ibu yang megha perhatiin menumbuk singkongnya menunggu sampai singkong rebusnya dingin.

andai ada alat untuk menggiling singkong rebus, kentang rebus atau wortel rebus hingga kita gak harus pegel-pegel numbuk hehehe
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Cara Memasak Pare? Gastaseni Memasak & Makanan 10
cara menghilangkan amis saat anda memasak telor dadar... vitchamin Memasak & Makanan 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.