Pembubaran Paksa Kongres Papua III

spirit

Mod
Rabu, 19/10/2011 16:12 WIB, Erwin Senduk

110817bbintang-kejora.jpg

Jayapura - Kongres Papua III di Padang Bulan, Kota Jayapura, yang dibubarkan paksa oleh aparat keamanan berbuntut kericuhan. Akibatnya, situasi Kota Jayapura, tepatnya di wilayah Abepura sampai wilayah Padang Bulan yang terlihat mencekam.

Pantauan detikcom, Rabu (19/10/2011), seluruh aktivitas Kota Jayapura menjadi lengang. Toko-toko dan perkantoran yang berada di sepanjang jalur Abepura hingga Padang Bulan nampak ditutup. Ribuan aparat keamanan dari Polsek Abepura Jayapura tumpah di jalan untuk mengamankan situasi.

Kongres hari ketiga yang dibuka pada pukul 10.00 WIT nampak mendapat penjagaan ketat dari pihak keamanan. Kericuhan pecah sekitar pukul 15.00 WIT saat peserta kongres membacakan rekomendasi yang salah satunya menolak negara Indonesia dan menentukan nasib politik bangsa Papua yaitu merdeka.

Pada saat pembacaan tersebut, pihak aparat gabungan yang dipimpin Baracuda langsung menerobos masuk ke area Kongres dan membubarkan secara paksa. Peserta kongres sontak lari membabi buta menuju arah gunung Padang Bulan.

Puluhan bahkan ratusan tembakan aparat keamanan dimuntahkan ke udara untuk membubarkan para peserta kongres. Belum diketahui adanya korban akibat bentrok tersebut. Pihak keamanan sampai saat ini belum memberikan keterangan mengenai kericuhan ini. Aparat juga menahan puluhan peserta kongres yang dinilai sebagai pentolan kongres.

sumber: detiknews
 
Freeport masih rame ... ada lagi kejadian2 panas begini...
Semoga bisa berakhir dengan damai... Kasihan tuh suaminya Dipe nggak bisa pulang karena masalah freeport belum beres ... :D




-dipi-
 
Bagus.
Tindakan bodoh seperti ini memang harus disikapi dengan represif.
Waktu deklarasi aja semangatnya membara, begitu ada senapan meletus pada kabur kebirit-birit.
Itulah kalau motif ekonomi jadi landasan bikin kegiatan seperti ini dan bukan motif nasionalisme yang jadi dasar.
 
wah papua ngak pernah ada habis nya

usir saja semua warga papua yang ingin keluar dari indonesia

kembalikan mereka ke tanah leluhur nya afrika
 
NKRI adalah harga mati bagi irian jaya

kalau rakyat irian tidak suka dengan indonesia

silahkan kalian angkat kaki dari tanah irian

dan silahkan kembali ke tanah leluhur kalian afrika
 
Back
Top