terlambat datang bulan

ira.ireng

New member
dok, saya mau tanya ni. seharusnya seminggu yang lalu saya sudah waktunya datang bulan, tapi sampai sekarang saya belum datang bulan. biasanya saya datang bulan maju atau mundur cuma 3-5 hari saja. untuk beberapa hari ini saya sering merasa pusing, badan pegal dibagian pinggul, dan perut serasa nyeri seperti gejala waktu saya mau haid atau lagi haid. ini kenapa ya dok?
 
wah saya kebetulan bukan dokter. gimana ya?

hm saya coba jawab setahu saya, mungkin karna nona ira lagi stres? atau lagi diet? atau kecapekan? makanya telat datang bulan.
Banyak-banyak makan buah-buahan atau sayur-sayuran.

Kalau ragu-ragu, atau bukan karna itu, dimungkinkan bisa jadi hamil ya.
Bisa nona Ira langsung cek aja ke dokter kandungan.


mungkin aden/nona dibawah saya ada yang tau?
 
Sayang datanya kurang lengkap ya, non.

Kalau terlambatnya seminggu, masih terhitung normal.
Mengenai gejala-gejala tersebut, ada beberapa kemungkinan. Kemungkinan pertama karena memang akan mengalami haid, di mana gejala itu disebabkan karena proses peluruhan dinding rahim. Kalau ini yang terjadi, berarti nggak perlu ada yang dikhawatirkan.

Kemungkinan kedua bisa juga karena gejala endometriosis, yaitu suatu keadaan di mana endometrium terdapat di luar rongga rahim. Sebagai informasi, endometrium adalah selaput yang melapisi bagian dalam rahim (uterus). Untuk mengetahui dan menganalisa hal ini, tentu nggak bisa dilakukan secara sekilas. Perlu penanganan dokter, dalam hal ini adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi.

Kemungkinan berikutnya adalah gangguan dysmenorrhea. Gejalanya ditandai dengan rasa mual, ingin muntah, sakit kepala, nyeri punggung dan pusing. Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui secara pasti namun kalangan medis menduga bahwa rasa sakit tersebut disebabkan oleh kontraksi otot dinding rahim.

Kemungkinan yang lain adalah karena terjadi kehamilan.

Semuanya itu perlu tindak lanjut dengan berkonsultasi langsung ke dokter. Yang pasti, jangan melakukan tindakan apapun terlebih dahulu sebelum mengetahui kondisi yang sebenarnya, termasuk jangan minum obat-obatan apapun, jangan menambah porsi makan terlebih dahulu, dll.


Semoga cepet baikan.
 
Back
Top