Sejarah Jam Tangan & Penunjuk Waktu Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Sejarah] Sejarah Jam Tangan & Penunjuk Waktu

Sejarah Jam Tangan

Bayangkan jika saat ini kita tidak memiliki alat yang dapat mengukur dan memastikan waktu.
Mungkin setiap hari kita akan terlambat ke kantor,sekolah dan kuliah, mungkin kita akan
di marahi pacar setiap hari kerena terlambat melulu.

Oleh karena itu jam sangat penting dalam kehidupan Manusia.
Orang sudah terbiasa untuk bertanya:
Jam berapa sekarang ?
atau berapa jam perjalanan anda ?
Dan jam berapa anda datang ?

Pada tahun 1524, Peter Henlein menciptakan arloji saku pertama. Asithi 1524, Petrus Henlein menciptakan arloji Saku pertama. Awal watches hanya memiliki jam tangan-tangan menit akan sia-sia karena tidak tepatnya mekanisme menonton. Jam Mutasi hanya Punya Satu jam waktu sebentar Tangan-Tangan Lagi sia akan keanaeragaman sia KARENA ketidaktelitian USING mekanisme arloji. Akhirnya, miniaturisasi ini berbasis desain musim semi yang diizinkan untuk timepieces portabel akurat (kronometer laut) yang bekerja dengan baik bahkan di laut. Asithi akhirnya, miniaturisasi berbasis Suami Musim semi desain portabel Yang diperbolehkan untuk Artikel akurat timepieces (kronometer laut) Yang Baik bekerja bahkan Di Laut. Pada tahun 1556, Taqi al-Din membuat arloji saku musim semi-powered, yang mampu mengukur waktu dalam menit dengan memiliki tiga memanggil untuk jam, derajat dan menit. Tahun 1556, Musim Jawad al-Din menciptakan bertenaga Saku semi arloji, Yang mampu mengukur waktu dalam menit Artikel Baru memiliki Tiga cepat Perdana selama selai Kerja, menit Dan derajat. Contoh lain awal dari sebuah arloji yang diukur waktu dalam menit telah dibuat oleh seorang pembuat jam tangan Ottoman, Meshur Sheyh Dede, pada 1702. Contoh Lain arloji berlangganan My Mutasi USING Yang diukur dalam menit waktu telah Dibuat Oleh berbaring pembuat kemacetan Ottoman, Meshur Sheyh Dede, PADA 1702.

Pada tahun 1850, Harun Lufkin Dennison didirikan Waltham Watch Company, yang merupakan perintis industri manufaktur arloji saku dengan bagian-bagian saling, Sistem Watch Manufaktur Amerika. Asithi Tahun 1850, didirikan Harun Dennison Lufkin Waltham Watch Company, Yang merupakan Perintis industri Pembuatan selai Saku Artikel Baru Bagian tidak saling dipertukarkan-Bagian tidak, Sistem Manufaktur Watch tengah wesel ekspor. Breguet mengembangkan menonton otomatis pertama yang dikenal sebagai abadi tahun 1780. Breguet mengembangkan diri berliku pertama menonton dikenal sebagai abadi pada tahun 1780.

Your watch your personality, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan pergeseran fungsi arloji (jam tangan) saat ini. Fungsi utama arloji sebagai penunjuk waktu saat sedah dikemas apik dalam bingkai fashion dan gaya yang unik sesuai selera masing-masing pribadi. Tapi pernahkah kita terfikir sebenarnya sejak kapan sih arloji itu dikembangkan?

Arloji (merujuk istilah untuk jam tangan) mulai dikembangkan pada tahun 1600an yang merupakan pengembangan jam berpenggerak per/pegas pada tahun 1400an.

semoga bermempaat !!!

BY : http://www.serba-serbi.com/?news=ya&bid=10
serbajamtangan
Village Level

Post: 70
 
Reputasi: 11

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: SEJARAH JAM TANGAN

Ini bahasa mana sih yang dipakai, den?
Kok susah dimengerti.
Second_Sister
Mod

Post: 3.118
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Sejarah Jam Tangan

iya gak ngerti... =="
misa_chan
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 373

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Sejarah Jam Tangan

Gpp... itung2 postingan pertama....
Entar aku tambahin deh...



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Sejarah Jam Tangan

Selama ribuan tahun, berbagai alat telah digunakan untuk mengukur dan mengetahui waktu. Sistem pengukuran waktu sexagesimal sudah diketahui sejak 2000 tahun sebelum masehi di Sumeria. Peradaban Mesir kuno pun sudah membagi hari menjadi dua belas bagian waktu menggunakan obelisk besar dengan mengikuti gerakan matahari. Mereka juga menemukan jam air, yang mungkin pertama kali digunakan di wilayah Amun-Re, dan karena penduduk Amun-Re banyak dipekerjakan oleh bangsa Yunani Kuno, jam model ini berkembang juga di sana yang disebut dengan clepsydrae. Dinasti Shang juga dipercaya sudah menggunakan jam air di saat yang sama ketika ditemukannya jam itu di Mesopotamia pada 2000 tahun sebelum masehi. Beberapa alat penunjuk waktu yang lainnya adalah jam lilin (candle clock) yang digunakan di China, Jepang, Inggris, dan Iraq, tongkat waktu (time stick) yang digunakan di India dan Tibet dan juga beberapa daerah di Eropa dan jam pasir (hour glass), yang berfungsi sama seperti jam air.



Jam air


Penunjuk waktu pada masa awal ditemukan sangat bergantung pada bayangan yang dihasilkan matahari, sehingga tidak begitu berfungsi dengan baik pada cuaca berawan atau di malam hari. Jam pertama yang mengabaikan penggunaan matahari menggunakan sistem rotasi yang mentransfer energi rotasi menjadi gerak diskret, ditemukan di China pada abad ke 8 setelah masehi, lalu ilmuwan2 islam menciptakan jam bandul pada abad ke 11. Jam mekanis pertama ditemukan di Eropa pada abad ke 14, dan menjadi standar penunjuk waktu bagi seluruh dunia hingga abad ke 20. Di abad ke 20, telah ditemukan quartz oscillator, lalu jam atom mengikuti. Quartz oscillators mudah diproduksi dan sangat akurat. Jam atom sangat akurat dan tidak ada yang bisa mengalahkan keakuratannya. Standar waktu dunia berpatokan pada jam atom.

Beberapa peradaban kuno berpatokan pada pergerakan benda-benda langit, umumnya bulan dan matahari, untuk menentukan waktu, tanggal, dan musim. Metode sexagesimal sekarang umum digunakan, ditemukan 4000 tahun lalu di Mesopotamia dan Mesir. Sistem yang sama juga ditemukan di peradaban Amerika kuno. Kalender pertama kemungkinan ada di masa sesudah jaman glasial, di mana para pemburu mengumpulkan tongkat dan tulang untuk menandakan fase bulan dan musim. Lingkaran batu seperti Stonehenge, di beberapa wilayah di Eropa dibangun dengan menunjukkan konsep titik balik matahari (solstice) dan keadaan di mana matahari berada tepat di ekuator (equinox).

Jam matahari hanya bisa menunjukkan waktu di siang hari. Jam matahari tertua terdapat di Mesir, berupa obelisk raksasa dan terbuat dari batu schist, yaitu sejenis batu metamorf. Obliesk kuno dibangun pada tahun 3500 sebelum masehi, yang juga merupakan jam tertua dan pertama di dunia.

Jam air populer pertama kali di Yunani Kuno atas petunjuk Plato yang juga sebagai penemunya. Jam air bekerja berdasarkan mengapungnya suatu bahan di atas air di dalam tangki yang diberi air secara konstan secara terus menerus melalui suatu saluran. Di pagi hari, tangki itu akan penuh dan harus diatur kembali. Sayangnya, jam air bermasalah pada temperatur. Seperti yang diketahui, air termasuk zat cair yang mudah menguap, sehingga jam air pada suatu saat akan kekurangan air sehingga tidak akurat lagi. Masalah ini pernah dipecahkan oleh ilmuwan China, Zhang Sixun yang mengganti air dengan mercury. Ia mengaplikasikan ini pada menara jamnya yang setinggi sepuluh meter, dan jam itu dimodifikasi sehingga berbunyi setiap seperempat jam.



Jam Lilin

Jam mekanik yang pertama dibuat ada di Chang’an oleh Biksu Tantric dan ahli matematika Yi Xing serta petugas pemerintah Liang Lingzan. Jam ini dibuat untuk mengatasi keterbatasan jam air yang ketika itu sudah populer di sana. Prinsip kerja jam mekanik itu cukup sederhana, yaitu sama seperti jam air dalam perputarannya. Hanya saja, jam ini menggunakan energi potensial pegas. Dalam satu periode, biasanya setiap 24 jam, pegas diputar dan jam berputar dengan mekanisasi yang cukup kompleks.

Jam mekanik yang menggunakan prinsip gerakan bandul dan roda-roda bergerigi ditemukan pertama kali oleh ilmuwan Islam Ibn Khalaf al-Muradi. Lalu teknologi tersebut dibawa ke Spanyol dan disebarkan ke penjuru benua Eropa dengan bahasa Latin dalam buku yang berisi tentang Teknologi Mekanik Muslim.

Jam lilin dipergunakan ketika tidak ada jam yang bisa dipakai untuk menunjuk waktu di malam hari. Tidak ada yang tahu pasti kapan ditemukannya jam lilin ini, tapi sejarah tentang jam lilin pertama kali disebut di puisi buatan You Jiangu pada tahun 520 M yang juga mensiratkan penggunaan jam ini di malam hari. Jam yang sama juga digunakan di Jepang hingga abad 10.

Jam dupa dipergunakan setelah masyarakat tahu bahwa jam lilin tidak akurat. Jam dupa tidak menggunakan api, tetapi hanya menggunakan arang yang terbakar di ujung dupa. Dengan asap yang sedikit dan tanpa api, jam jenis ini aman dipergunakan di dalam ruangan, dan juga lebih akurat.

Jam astronomik, biasa digunakan oleh ahli astronomi muslim di observatorium dan masjid. Jam ini bisa menggunakan jenis penggerak apapun seperti jam air (seperti yang dibuat Al Jazari pada tahun 1206) ataupun jam penggerak bandul. Yang membedakan jam ini dengan jam lain adalah pada muka penunjuk waktunya. Jam ini benar-benar mengacu pada pergerakan benda-benda langit. Berbeda pada jam peradaban lain yang mengacu pada angka-angka yang statif bagaimanapun sudut kemiringan matahari, jam ini akan mengacu pada penunjuk yang sama pada sudut kemiringan matahari yang sama sepanjang tahun. Jadi bisa dibilang, jam ini akan menunjuk titik yang sama dengan jam matahari. Banyak orang jaman dulu, terutama yang tinggal jauh dari khatulistiwa, yang bingung karena matahari tidak selalu terbit dan terbenam pada jam yang sama sepanjang tahun. Jam ini mengatasi kekurangan itu.



Jam Quartz

Pembuat jam pertama pada abad pertengahan Eropa adalah pendeta kristen, karena gereja-gereja pada masa itu sangat membutuhkan jam untuk berdoa sehari-hari dan jadwal kerja yang sangat ketat diberlakukan. Jam pertama dari jaman mereka yang terekam dalam sejarah adalah jam buatan seorang pendeta yang kemudian menjadi Paus Sylvester II yang dipasang di Magdeburg, Jerman, pada tahun 995 M. Lalu, jam yang lebih canggih dibuat oleh pendeta Peter Lighfoot dari Glastonbury. Ia membuat jam tertua yang masih berdetak dan dalam keadaan yang sangat baik dan kini disimpan di Museum Sains London.

Jam yang pertama dibuat pada abad pertengahan Eropa yang menggunakan dasar jam astronomik adalah jam yang dibuat oleh Richard dari Wallingford pada abad ke-14. Tetapi jam itu saat ini sudah tidak ada lagi karena dihancurkan oleh pemerintahan Henry VIII dalam kebijakannya tentang pengurangan pengaruh gereja pada pemerintahan. Tapi sang pembuat menjelaskan bahwa jam itu juga memprediksikan posisi bulan, matahari, gerhana matahari dan bulan secara akurat.

Pembuat jam profesional pertama datang dari perkumpulan pandai besi dan ahli perhiasan. Pembuat jam terkenal adalah Julien Le Roy dari Versailles yang memimpin pembuatan desain bentuk yang ornamental. Paris dan Blois adalah pusat pembuatan jam pada masa itu. Le Roy sendiri adalah generasi kelima pembuat jam di Eropa. Persaingan pembuatan jam telah semakin ketat dan persaingan teknologi juga demikian sehingga pencarian teknologi dan metode yang lebih akurat dalam menunjuk waktu semakin maju.

Jam tangan pertama kali populer pada tahun 1904 oleh pembuat jam berkebangsaan Prancis, Louis cartier. Ia mendapatkan ide itu ketika seorang temannya, Alberto Santos- Dumont, seorang penerbang, memintanya untuk membuat jam yang lebih baik ketika dipergunakan dalam penerbangannya. Sebenarnya jam tangan sudah dibuat oleh Patek Phillipe pada tahun 1868, tapi hanya sebagai ‘jam gelang’ untuk wanita. Louis Cartier hanya menyempurnakan dan mempopulerkan jam tersebut.

Seperti teknologi lainnya, jam tangan semakin populer ketika perang dunia pertama, ketika pertempuran menjadi lebih rumit dan kordinasi antar pasukan menjadi sangat penting.

Chronometer adalah alat yang digunakan dalam perjalanan laut untuk penunjuk waktu berdasarkan garis longitude bumi. Tidak setiap titik di bumi memiliki jam yang menunjuk waktu yang sama, dan itu ditentukan oleh garis bujur/longitude. Perjalanan laut sangat membutuhkan penunjuk waktu yang akurat karena biasanya memakan jarak yang cukup jauh. Waktu standar yang mereka pergunakan ketika itu adalah Greenwich Mean Time, seperti saat ini.

Penunjuk waktu Quartz dibuat berdasarkan penelitian bertahun-tahun yang dilakukan oleh berbagai ilmuwan. Pierre Curie dan Jacques pada tahun 1880 menemukan Piezoelectrics properti dari crystal quartz. Osilator kristal quartz pertama dibuat oleh Walter G Cady dan jam Quartz pertama dibuat oleh Warren Marrison dan J. W. Horton di Bell Telephone Laboratories. Selama beberapa dekade, jam quartz mengalami penyempurnaan dari jam dengan alat penghitungan elektronik yang rumit dan adanya tube vakum yang membatasi penggunaannya di berbagai tempat karena akurasi dari jam ini. Hingga pada tahun 1932 jam Quartz pertama, yang mampu mengukur perbedaan mingguan yang kecil pada rotasi rata-rata bumi, dibuat. Dunia menggunakan acuan pada jam ini, hingga jam atom menjadi acuan jam dunia pada tahun 1969. Seiko adalah pembuat jam quartz pertama secara masal. Biaya pembuatan yang kecil dan akurasi yang tinggi membuat jam ini dipergunakan secara luas.

Jam atom adalah jam paling akurat di dunia, dengan tingkat kesalahan hanya beberapa detik dalam beberapa ribu tahun. Jam ini pertama dibuat pada tahun 1949. Dulunya dibuat berdasarkan garis penyerapan oleh molekul amonia, tapi sekarang memakai perputaran atom cesium. Tingkat kesalahan jam atom cesium adalah satu per tiga puluh milyar detik per tahun. Standar Internasional menyatakan bahwa satu detik adalah 9.192.631.770 putaran radiasi dari tingkat energi dua elektron pada keadaan standar dari atom Cesium 133. Jam atom menggunakan banyak bahan, mulai dari hidrogen dan uap rubidium. Jam atom hidrogen menawarkan stabilitas yang lebih baik dan wadah yang lebih kecil, sedangkan jam rubidium menggunakan lebih sedikit energi dan biaya pembuatan dan perawatan.



Sumber:
  • David Landes: “Revolution in Time: Clocks and the Making of the Modern World”, rev. and enlarged edition, Harvard University Press, Cambridge 2000.
  • Bedini, Silvio A. (1963). "The Scent of Time. A Study of the Use of Fire and Incense for Time Measurement in Oriental Countries". Transactions of the American Philosophical Society.
  • sainsrulz.blogspot.com

Gambar:
  • Google Image
  • Wikipedia




-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Sejarah Jam Tangan


Menurut catatan sejarah, sundial atau jam matahari merupakan jam tertua dalam peradaban manusia. Jam ini dibuat oleh seorang ahli Astronomi muslim bernama Ibnu al-Shatir sekitar 3.500 tahun sebelum Masehi. Jam ini menunjukan waktu berdasarkan letak matahari, dengan cara memanfaatkan bayangan yang menimpa permukaan datar. Ibnu al-Shatir membagi waktu dalam sehari dengan 12 jam, pada musim dingin waktu pendek, sedangkan pada musim panas waktu lebih panjang.

Sekitar 5.000-6.000 tahun yang lalu, orang Mesir mengukur waktu dan membuat kalender dengan menggunakan obelisk. Pada tahun 1400 SM orang Mesir juga menggunakan jam air yang diberi nama Clepsydra. Jam air paling canggih pertama kali ditemukan di zaman kejayaan Islam yang dibuat oleh Al-Jaziri pada tahun 1136-1206 yang berbentuk gajah dan bisa menghasilkan suara ditiap jam. Jam astronomi terbesar yang dibuat Al-Jazari disebut Castle Clock, yang dianggap menjadi analog komputer terprogram pertama.

Di dunia Islam, Al-Jazari memang bukan satu-satunya ilmuwan yang menciptakan jam. Banyak ilmuan lain yang juga tercatat telah menemukan beberapa jenis jam. Namun, penemuan jam air yang paling terkenal adalah yang dilakukan oleh Al-Jazari. Sedangkan jam pasir muncul sekitar 1400 Sebelum Masehi, berdasarkan peninggalan yang ditemukan di kuburan Amenhoterp I, berupa bejana kecil berisi air yang memiliki lubang di bagian bawahnya yang berfungsi meneteskan air.



Untuk jam dengan alat penggerak mekanik, tidak pernah diketahui asal mula ditemukannya. Namun, peralatan itu diduga pertama kali ditemukan dan digunakan di biara-biara sebagai alat panggil para biarawan atau biarawati untuk berdoa agar dapat dibunyikan tepat pada waktunya.

Masyarakat Eropa baru mengenal jam yang dikendalikan pemberat pada tahun 1300. Lonceng yang berdentang setiap jam, pertama kali ditampilkan oleh lonceng kota Milan tahun 1335 dan lonceng di Katedral Salisbury, London pada tahun 1386. Sedangkan jam yang dikendalikan pegas baru dikuasai peradaban Barat tahun 1430. Masyarakat Inggris mulai membuat arloji pada tahun 1580. Dan sekitar tahun 1525 Peter Henlein, tukang kunci dari Nurnberg, Jerman memperkenalkan jam rumahan dengan diameter10-12,5 cm dan ketebalan7,5 cm.

Akhir abad ke-16, lonceng mulai dibuat tegak dan di awal abad ke-17 mesinnya mulai diberi pembungkus dari kuningan, diperkaya dengan penutup kaca dan jarum penunjuk menit. Tidak hanya itu, mulai tahun 1656 diperkenalkan pula lonceng dengan pemberat dan pendulum bertali pendek yang dibungkus dalam kotak kayu dan bisa digantung didinding.

Pada tahun 1929 mulai diterapkan kristal quartz pada alat pengukur waktu/jam. Jam digital/elektrik pertama kali dibuat oleh perusahaan The Hamilton Watch Co of Lancaster, Pennsylvania sekitar tahun 1950. Setelah itu, mulailah bermunculan beberapa merk dan model jam tangan hingga saat ini.



Sumber:
  • History of Science and Technology in Islam.
  • engineeringtown.com




-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: SEJARAH JAM TANGAN

Kutip:
Oleh Second_Sister View Post
Ini bahasa mana sih yang dipakai, den?
Kok susah dimengerti.
wah,saya gagal paham baca artkel ini, saya pikir inil Artikel menarik seputar jam kayak yang pernah aku baca
abe27
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Sejarah Jam Tangan & Penunjuk Waktu

Kutip:
Oleh serbajamtangan View Post
Sejarah Jam Tangan

Bayangkan jika saat ini kita tidak memiliki alat yang dapat mengukur dan memastikan waktu.
Mungkin setiap hari kita akan terlambat ke kantor,sekolah dan kuliah, mungkin kita akan
di marahi pacar setiap hari kerena terlambat melulu.

Oleh karena itu jam sangat penting dalam kehidupan Manusia.
Orang sudah terbiasa untuk bertanya:
Jam berapa sekarang ?
atau berapa jam perjalanan anda ?
Dan jam berapa anda datang ?

Pada tahun 1524, Peter Henlein menciptakan arloji saku pertama. Asithi 1524, Petrus Henlein menciptakan arloji Saku pertama. Awal watches hanya memiliki jam tangan-tangan menit akan sia-sia karena tidak tepatnya mekanisme menonton. Jam Mutasi hanya Punya Satu jam waktu sebentar Tangan-Tangan Lagi sia akan keanaeragaman sia KARENA ketidaktelitian USING mekanisme arloji. Akhirnya, miniaturisasi ini berbasis desain musim semi yang diizinkan untuk timepieces portabel akurat (kronometer laut) yang bekerja dengan baik bahkan di laut. Asithi akhirnya, miniaturisasi berbasis Suami Musim semi desain portabel Yang diperbolehkan untuk Artikel akurat timepieces (kronometer laut) Yang Baik bekerja bahkan Di Laut. Pada tahun 1556, Taqi al-Din membuat arloji saku musim semi-powered, yang mampu mengukur waktu dalam menit dengan memiliki tiga memanggil untuk jam, derajat dan menit. Tahun 1556, Musim Jawad al-Din menciptakan bertenaga Saku semi arloji, Yang mampu mengukur waktu dalam menit Artikel Baru memiliki Tiga cepat Perdana selama selai Kerja, menit Dan derajat. Contoh lain awal dari sebuah arloji yang diukur waktu dalam menit telah dibuat oleh seorang pembuat jam tangan Ottoman, Meshur Sheyh Dede, pada 1702. Contoh Lain arloji berlangganan My Mutasi USING Yang diukur dalam menit waktu telah Dibuat Oleh berbaring pembuat kemacetan Ottoman, Meshur Sheyh Dede, PADA 1702.

Pada tahun 1850, Harun Lufkin Dennison didirikan Waltham Watch Company, yang merupakan perintis industri manufaktur arloji saku dengan bagian-bagian saling, Sistem Watch Manufaktur Amerika. Asithi Tahun 1850, didirikan Harun Dennison Lufkin Waltham Watch Company, Yang merupakan Perintis industri Pembuatan selai Saku Artikel Baru Bagian tidak saling dipertukarkan-Bagian tidak, Sistem Manufaktur Watch tengah wesel ekspor. Breguet mengembangkan menonton otomatis pertama yang dikenal sebagai abadi tahun 1780. Breguet mengembangkan diri berliku pertama menonton dikenal sebagai abadi pada tahun 1780.

Your watch your personality, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan pergeseran fungsi arloji (jam tangan) saat ini. Fungsi utama arloji sebagai penunjuk waktu saat sedah dikemas apik dalam bingkai fashion dan gaya yang unik sesuai selera masing-masing pribadi. Tapi pernahkah kita terfikir sebenarnya sejak kapan sih arloji itu dikembangkan?

Arloji (merujuk istilah untuk jam tangan) mulai dikembangkan pada tahun 1600an yang merupakan pengembangan jam berpenggerak per/pegas pada tahun 1400an.

semoga bermempaat !!!

BY : http://www.serba-serbi.com/?news=ya&bid=10
wah,saya gagal paham baca artkel ini, saya pikir inil Artikel menarik seputar jam kayak yang pernah aku baca
abe27
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kerja Paruh Waktu, Bebas Waktu dan tempat . valerouz Bisnis Online 204
Sajjadah yang menyala penunjuk kiblat satriani Politik, Ekonomi & Hukum 8
Waktu zaman nabi, shalatnya 50 waktu. Gia_Viana Islam 4
Waktu-waktu Shalat Yang Makruh nurcahyo Islam 8


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.