Daun suji dan Khasiatnya

Status
Not open for further replies.

Megha

New member
240px-Suji.jpg



daun_suji.jpg


Daun suji

daun_pandan.jpg


Daun pandan


Banyak orang seringkali bingung mebedakan daun suji dan daun pandan, sepintas memang terlihat sama namun kedua daun ini mempunyai manfaat yang berbeda di dalam masakan. Daun pandan biasanya digunakan sebagai pengharum kue tradisional, minuman maupun masakan. Berbeda dengan daun suji yang lebih sering dipakai sebagai pewarna hijau pada kue jajan pasar atau minuman.

Daun Suji
Daun suji (Pleomale angustifolia) banyak digunakan sebagai bahan pewarna hijau pada makanan, kue-kue tradisional dan minuman seperti untuk pewarna hijau pada es cendol. Daun suji adalah tanaman perdu yang dapat mencapai tinggi 8 meter. Bentuk daunya memanjang dan tersusun melingkat, tanaman ini sesekali berbunga. Karena keindahan bentuk daunya, tanaman ini seringkali digunakan sebagai tanaman hias.

Selain memberikan pewarna hijau, daun suji juga memberikan aroma harum yang khas, meskipun tidak seharum daun pandan. Di dalam penggunaanya, daun suji seringkali dicampur dengan daun pandan agar aroma makanan, kue dan minuman yang dihasilkan lebih harum. Cara penggunaanya cairan hasil perasan daun suji ditambahkan ke dalam bahan kue atau makanan yang diinginkan. Daun Suji biasanya digunakan sebagai bahan pewarna untuk cendol, kue pisang, dan makanan lain yang menggunakan warna hijau.

Bagian dari batang, akar dan daun dapat Dimanfaatkan untuk mengobarti beberapa penyakit diantaranya ; Kencing Nanah, Disentri dan beri-beri, nyeri lambung, nyeri haid dan penawar racun.

Sumber : pipitfajar.wordpress.com, prachtyo.wordpress.com

gambar : wikimedia, web.ipb.ac.id
 
gambarnya yang dua gak muncul ya? tapi aku baru tahu klo ada daun yang mirip bentukny dengan daun pandan..
 
pertama denger daun suji dari istri ternyata beda ya sama daun pandan..pohon nya tinggi banget ya tanaman suji kalau dilihat di gambarnya. kalau daun pandan tumbuhnya menyebar semakin tua semakin rimbun ya. apa khasiat dan manfaat daun pandan sama daun suji sama ya?
 
Daun suji buat menyembuh kan sakit panas,,
Oh iya kalau daun pandan bisa bikin buat campuran kue,,kolak pisang juga campuran nya bisa ko pakai daun pandan
Trims
 
dari wikipedia

Suji/Pudak (Dracaena angustifolia (Medik.) Roxb. syn. Pleomele angustifolia (Medik.) N.E. Br. merupakan tumbuhan perdu tahunan yang daunnya dimanfaatkan orang sebagai pewarna hijau alami untuk makanan. Daun suji memberi warna hijau yang lebih pekat daripada daun pandan wangi, yang juga merupakan sumber warna hijau, tetapi tidak memiliki aroma.

Selain dimanfaatkan sebagai pewarna, tumbuhannya biasa ditanam di pekarangan karena bentuknya yang indah dan bunganya yang menyebarkan aroma wangi, terutama pada sore hari. Bunga majemuk tersusun dalam karangan dengan mahkota bunga berwarna putih kekuningan, kadang-kadang dengan semburat ungu. Kultivar hias telah dikembangkan dengan daun variegata (loreng hijau kuning).

Pengobatan tradisional Asia Timur mengenal rimpang dan akar suji sebagai sumber tonikum dan diduga berkhasiat mengobati leukemia.


450px-Dadar_gulung.jpg


Dadar gulung, warna hijau kulitnya biasa menggunakan perasan daun suji.
 
Gmbarnya kurang jelas, setelah diperjelas saya baru tau itu pohon suji yang biasa saya tebangin depan rumah haha, gatau kalau daunnya itu berkhasiat non :D
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top