Buah Lontar Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Buah Lontar

Belum lama ini megha sempat mencoba buah lontar yang dijual abang-abang di area sekolah dasar Ciputat. Bentuk buahnya yang aneh dan isinya yang irit ini membuat megha penasaran untuk mencicipinya. Rasa dari buah lontar ini hemmm,, agak mirip dengan kelapa hanya saja teksturnya yang kenyal dan bentuknya itu mirip dengan buah kolang kaling.

Buah ini termasuk langka di Jakarta, dimana menurut sang penjual buah ini memang umumnya tumbuh subur dan melimpah di tanah tandus di lingkungan tropis. Minimnya lahan dan juga ulah nakal kera-kera liar makin mempersulit keberadaan buah lontar di ibu kota.

Tiap satu pohon lontar dapat menghasilkan enam liter air nira perhari. Air nira ini menurut neneknya megha, dapat menahan rasa lapar. Buahnya yang setengah tua biasanya diberikan ke hewan ternak sebagai makanan sampingan setelah rumput. Kalau megha perhatikan sih, buah lontar ini dari strukturnya hampir sama dengan buah kelapa. Kira-kira bisa dijadikan gula dan kecap gak ya

Menurut cerita nenek, Air nira dari buah lontar ini biasanya diminum dipagi hari sebagai pengganti makan, dan disiang hari baru makan nasi. Air nira dari buah lontar ini disajikan dengan cara dihangatkan dulu lalu dicampur dengan sedikit gula. Sarapan ini biasa disantap oleh anak-anak saat berangkat sekolah dan para bapak yang hendak mencari makan ke perkebunan. Megha jadi penasaran, apakah air nila dari buah lontar ini akan mengental diperut atau tidak ya?

Buah lontar biasa dijajakan oleh penjual dalam bentuk airnya saja (biasanya dijual per botol 250 ml), buahnya dalam keadaan bulat (dengan sabut dan cangkang) atau perbuahnya saja (sudah dikupas) harga berbuahnya ini adalah Rp1.000 dan besarnya buah lontar ini cuma segede jempol kaki doang. ckckck harga yang cukup mahal tapi setimpal dengan kesegarannya.

yaudah biar gak penasaran, yuk liat gambar buah lontar dari pohon sampai buahnya


Sumber : aboutindo.com


Sumber : blogspot.com


Sumber : pusakanusantara.com


Sumber : gstatic.com


Sumber : blogspot.com


Sumber : blogspot.com


Sumber : blogspot.com






Share yuk pengetahuan kamu tentang buah lontar
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Buah Lontar

Mirip dengan buah kelapa ya?! wah sayang gua belum pernah nyicipin rasanya kyak gimna..
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Buah Lontar

Kak Dip sempet nanem di halaman depan rumah, tapi belum sempet berbuah udah keburu ditebang waktu ada pengajian di rumah saat daku mau nikah waktu itu. ~LoL~

Di daerah Tuban banyak banget nih.
Second_Sister
Mod

Post: 3.118
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Buah Lontar

Kutip:
Oleh Second_Sister View Post
Kak Dip sempet nanem di halaman depan rumah, tapi belum sempet berbuah udah keburu ditebang waktu ada pengajian di rumah saat daku mau nikah waktu itu. ~LoL~

Di daerah Tuban banyak banget nih.
kira-kira udah berapa meter tuh pohonnya kak?
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Buah Lontar

Wah kalo di amrik bakalan di lontar-lontarkan buat maen ragbi, iya penasaran rasa buahnya, apa yang rasanya kenyel2 itu yaa.. oh iya daunnya apa yg di sebut daun lontar itu yaa?
Irawansaja
Village Level

Post: 88
 
Reputasi: 14






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Buah Lontar

rasanya menurut tia ga beda sama kulang kaling --a
tiaseptiani
Staff

Post: 24.575
 
Reputasi: 253

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Buah Berformalin Megha Flora, Pertanian & Perkebunan 1
ini buah apa namanya?? robot-gedek Flora, Pertanian & Perkebunan 15
Ada yg tau ini buah apa? idiotnation Flora, Pertanian & Perkebunan 15
keajaiban buah wnks Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.