pertentangan antara pasal pertama dan kedua dari Kitab Kejadian?
 
Go Back   Home > Agama > Kristen Protestan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

pertentangan antara pasal pertama dan kedua dari Kitab Kejadian?

Kita semua telah mendengar pernyataan bahwa ada banyak pertentangan di dalam Kejadian. Banyak orang, sebagai contoh, percaya adanya ketidaksesuaian antara kisah penciptaan dalam Kejadian pasal 1 dan pasal 2. Jadi bagaimana dengan semua kontradiksi tersebut?
Semua adalah nihil!


Jika, dengan NIV, kita membaca 'Sekarang Tuhan Allah membuat taman di sebelah timur...' (Kejadian 2:8) dan, 'Lalu Tuhan Allah membentuk dari tanah segala binatang di darat...' (Kejadian 2:19 dengan penekanan), sangat jelas terlihat dimana pasal 2 menyatakan bahwa tetumbuhan dan segala binatang telah dibentuk sebelum Adam. Saat Adam memberikan nama pada binatang-binatang (Kejadian 2:20), mereka jelas-jelas sudah ada sebelumnya. Tak ada pertentangan arti tentang urutan binatang yang tercantum dalam Kejadian 2:20; kemungkinan itu adalah urutan dimana Adam bertemu dengan binatang, sementara urutan penciptaannya seperti yang terdapat dalam Kejadian 1:20-25. Menurut Dr Henry Morris:

"Hanyalah binatang yang sangat dekat dan sangat mungkin merupakan binatang yang dimaksudkan untuk menemani manusia dan dengan sengaja dibawa ke hadapannya. Semua ini termasuk burung di udara, ternak (ayat 20 - kemungkinan segala binatang yang jinak), dan binatang buas di darat, yang sepertinya adalah binatang-binatang liar lebih kecil yang akan hidup dekat dengan habitat manusia. Tidak termasuk ikan di laut, segala yang merangkak, dan biantang-binatang buas yang disebutkan dalam Kejadian 1:24, yang diperkirakan adalah binatang liar yang hidup jauh dari manusia dan tanah garapannya." [1].

Tentang nama tempat-tempat geografis, kita tak mengetahui bagaimana susunan daratan atau sungai-sungai saat sebelum Air Bah, karena dunia sebelum Air Bah telah habis musnah. Tanah daratan dan sungai yang disebutkan sebelum Air Bah tidak sesuai dengan yang ada setelah Air Bah.
Maksud Kejadian 2:18-25 bukan untuk memberikan diskripsi lain tentang penciptaan namun untuk menunjukkan bahwa tidak ada pertalian atau sejenisnya antara Adam dengan segala binatang. Tak satu pun menyerupai dia, sehingga tak satu pun dapat menawarkan kekerabatan ataupun hubungan bagi dia. Mengapa tidak? Karena Adam tidak berevolusi dari mereka, tapi merupakan 'jiwa hidup' yang Tuhan ciptakan 'berdasarkan gambarNya sendiri' (Kejadian 2:7 dan 1:27). Artinya (diantara yang lain) Allah menciptakan Adam sebagai seseorang dengan siapa Dia dapat berbicara, dan yang dapat menanggapi dan berinteraksi dengan Dia. Di sini, sebagaimana juga di banyak tempat lainnya, pernyataan-pernyataan sederhana Alkitab menghadapi dan menolak ide evolusi manusia.

Ada cukup bukti bagi kita kemudian untuk menyimpulkan bahwa Adam sangat mungkin merupakan pengarang Kejadian 2:4b-5:1, dan ini adalah catatannya tentang pengalamannya sendiri yang berhubungan dengan kejadian dalam Taman Eden, penciptaan Hawa, Kejatuhan, dan kehidupan Kain, Habil, and Seth.


Bagian selanjutnya adalah dari pasal 5:1b sampai 6:9a, dan mengenai silsilah dari Adam sampai Nuh, berakhir dengan, 'Ini lah riwayat Nuh.'
Bagian selanjutnya adalah dari pasal 6:9b sampai 10:1a, yang menguraikan terutama tentang Kapal dan Air Bah, berakhir dengan, 'Inilah generasi anak-anak Nuh, yaitu Sem, Ham dan Yafet.' Perkataan dalam sub-tulisan ini memberikan kesan bahwa bagian ini ditulis oleh salah satu anak Nuh, kemungkinan Sem, sebab Musa adalah turunan Sem. Pasal-pasal ini sungguh seperti catatan seorang saksi mata karena kedekatan detail yang amat sangat yang dikandungnya. Pehatikan Kejadian 8:6-12 dan lihat bagaimana ini mengandung ciri keaslian yang khas laporan seorang saksi mata. Bahkan mungkin juga merupakan buku catatan harian Sem! (in English)

Kejadian 8:6-12:


Dan sesudah melewati hari keempat puluh, Nuh membuka jendela dari kapal yang ia buat itu: Dan ia melepaskan seekor burung gagak, yang terbang seterusnya kian kemari, sampai air mengering dari atas bumi. Juga dilepaskannya seekor merpati, untuk mengetahui apakah air berkurang abated dari muka bumi; Tetapi burung merpati tersebut tidak mendapat tempat untuk tumpuan kakinya, dan ia kembali mendapatkan Nuh ke dalam kapal itu, karena air menutupi seluruh permukaan bumi: lalu Nuh mengulurkan tangannya, dan mengambilnya, dan membawa bersamanya masuk ke dalam kapal. Kemudian ia menunggu tujuh hari lagi; dan kembali dilepaskannya merpati keluar kapal; Dan merpati itu kembali padanya saat senja; dan, pada paruhnya dibawanya daun zaitun segar: hingga Nuh tahu bahwa air telah berkurang dari muka bumi. Kemudian ditunggunya tujuh hari lagi; dan dilepaskannya burung merpati; yang tidak kembali lagi padanya.

Detail yang sangat cermat seperti itu hanyalah milik saksi mata sejati.
Terdapat pula suatu petunjuk yang kuat bahwa bagian-bagian kitab Kejadian ini ditulis oleh orang-orang yang namanya tercantum di dalamnya, untuk kepentingan pembuatan dan penyampaian arsip yang permanen.
Aan Aan is offline
Village Level

Post: 72
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: pertentangan antara pasal pertama dan kedua dari Kitab Kejadian?

Kutip:
Oleh Aan View Post
Kita semua telah mendengar pernyataan bahwa ada banyak
Detail yang sangat cermat seperti itu hanyalah milik saksi mata sejati.
Terdapat pula suatu petunjuk yang kuat bahwa bagian-bagian kitab Kejadian ini ditulis oleh orang-orang yang namanya tercantum di dalamnya, untuk kepentingan pembuatan dan penyampaian arsip yang permanen.
Lima kitab pertama dlm Perjanjian Lama ditulis oleh Musa.
Kitab Kejadian dituliskan oleh Musa dgn detil yg diberikan langsung oleh Allah,
jadi seolah2 Musa menuliskan Kitab Kejadian dgn didiktekan oleh Allah sendiri.
JBU
KitKat
KitKat KitKat is offline
Village Level

Post: 28
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: pertentangan antara pasal pertama dan kedua dari Kitab Kejadian?

Apakah ketika Allah mendikte nabi musa dlm menulis ke 5 kitab itu tdk boleh ya..atau pikiran kamu ingin membatasi kuasa Allah.?
albert_bfr albert_bfr is offline
Home Level

Post: 15
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: pertentangan antara pasal pertama dan kedua dari Kitab Kejadian?

inilah yg terjadi bila pengarangnya adalah manusia
PajaTadi
PajaTadi PajaTadi is offline
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: pertentangan antara pasal pertama dan kedua dari Kitab Kejadian?

kebangeten orang yg memperdebatkan.
cocoknya kalo tu umat yg lagi dtg beribadat 4-5X ke gereja yg mempertentangkan. kalo sudah bertahun menekuni kegiatan gerejani aku bilang gak pantes.
Yesus datang kedunia membawa tuntunan bukan memperdebatkan hal2 yg sudah ada.
Perilaku hidup keseharian beliau itu yg perlu diturut. dan semua sudah dirangkum dlm injil perjanjian baru. gak perlu meluas bacaan ke perjanjian lama.
Pahami perjanjian baru, kerjakan di kehidupan yg ada dg mencontoh apa yg dikerjakan Yesus.

Tuntunan dasar Yesus kepada murid2nya/umat penganutnya:
01 kasihilah Allah Tuhanmu dg segenap hatimu.
02 kasihilah sesamamu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri.
---
mengadopsi aturan yg sudah ada(taurat):

01 Jangan ada padamu allah (Yesus menyebut Allia, saat beliau disalib Allia yg dipanggil) lain di hadapan-Ku
02 Jangan membuat patung untuk disembah
03 Jangan menyebut nama Tuhan dengan sembarangan
04 Kuduskanlah hari Sabat

05 Hormatilah Orang tua mu
06 Jangan membunuh
07 Jangan berzinah
08 Jangan mencuri
09 Jangan berdusta
10 Jangan mengingini milik orang lain.

01-04 manifest aturan tuntunan dasar Yesus ke1
05-10 tuntunan dasar ke2.
mampu?

- n1 -
masih banyak tambahan kalo mau. Puasa vegetarian, tidak kawin/pacaran, beramal.. bagi2 makanan...
halah sulit bagi orang biasa!
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.982
 
Reputasi: 488

spirit:
Reply
 


«
bertanya | Renungan »

(View-All Members who have read this thread : 6
adienoviyani, Bayu_erfastianto, Celynz, n1ngs1h, waterflow_rio
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Adam yang pertama diciptakan? apakah perlu 'Adam kedua'? Aan Kristen Protestan 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.