Lusinan Jejak Dinosaurus Ditemukan di Gurun

kurdadia

New member
Meksiko, Kamis - Seorang pria Meksiko telah menemukan lusinan jejak kaki dinosaurus yang usianya lebih dari 10 juta tahun. Jejak itu berada di tepian sebuah sungai kering.

Menurut ahli biologi Oscar Polaco, jejak yang ditemukan di sebuah wilayah gurun di Meksiko tengah itu berasal dari tiga spesies hewan purba. Mereka sepertinya datang ke sana untuk minum di lokasi yang dahulu berupa berupa rawa-rawa dekat lautan.

Namun dikatakan Polaco, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan jenis dinosaurus apa yang meninggalkan jejak kaki berukuran lebih dari 60 cm tersebut. "Saat ini kami hanya bisa mengatakan bahwa jejak itu berasal dari dinosaurus yang hidup pada awal periode Cretaceous awal," ujarnya.

Periode Cretaceous awal dimulai sekitar 144 juta tahun lalu, setelah periode Jurassic akhir. Periode ini diyakini sebagai masa-masa terakhir dinosaurus sebelum hewan-hewan tersebut lenyap dari Bumi sekitar 65 juta tahun lalu.

Tahun lalu para peneliti mengidentifikasi 30 jejak dinosaurus lain di wilayah yang sama. Jejak tahun 2006 itu berasal dari hewan sepanjang 20 meter yang beratnya antara 30 hingga 40 ton, berkepala kecil, leher panjang, serta kaki-kaki besar. Para peneliti Meksiko mengatakan jejak itu kemungkinan ditinggalkan oleh seekor brontosaurus.
 
Back
Top