BenQ Siemens E61

andro_meda

New member
BenQ Siemens E61
(Senin, 21 Agustus 2006) (2604)

BenQ Siemens telah menghadirkan E61 khusus untuk anda yang ingin memiliki handphone yang memiliki fasilitas MP3 player yang lengkap dan murah, jadi bagi anda yg menyukai musik maka ponsel ini memang khusus diperuntukkan untuk anda. Dengan 2 pilihan warna yaitu silver white dan black orange. Beberapa spesifikasi utama E61 adalah triple band GSM (900, 1800, 1900), GPRS Class 10, ukuran bodi 101 x 44 x 17 mm, berat 88 gram, layar TFT beresolusi 128 x 160 yang dapat menghasilkan 65,536 warna (16 bits), kamera VGA, memori slot miniSD dan dukungan J2ME MIDP 2.0.

Sebagai MP3 player, desain E61 cukup unik dengan tombol navigasi audio player yg berada di bagian atas handphone sehingga akan memudahkan anda untuk memutar lagu, mengecilkan atau membesarkan volume. Kualitas suara yg dihasilkanpun cukup baik, sayang keypadnya agak kecil. Pada saat anda melakukan atau menerima panggilan ada fasilitas speaker phone yang mendapat nilai rata-rata dari segi kualitas suaranya.


Mungkin karena handphone E61 ini ditujukan untuk pasar mid-low end serta harganya yang tergolong murah dikelasnya, BenQ tidak memberikan fasilitas koneksi melalui bluetooth ataupun Infra merah pada handphone ini. Tetapi jika anda ingin mensinkronasikan dengan komputer, anda dapat menggunakan kabel data yang sudah disertakan pada saat pembelian handphone baru. Jika anda menggunakan komputer berbasis Windows XP maka anda tidak memerlukan driver untuk transfer file. Jika kabel data dipasang, otomatis akan muncul drive tambahan dan E61 bisa pula dijadikan modem GSM/GPRS.

Ada 2 buah lubang pada bagian bawah E61, lubang sebelah kiri adalah untuk headset handsfree dan koneksi kabel data USB sedangkan lubang sebelah kanan adalah untuk kabel charger. Ada dua lubang kecil diantara kedua lubang besar tersebut yang satu berguna sebagai lubang tali pengikat dan yang lainnya adalah lubang mikropon. Pada bodi bagian samping kiri dan kanan tidak ada tombol sama sekali.


Untuk fasilitas kameranya, ada 3 resolusi pada kamera E61 saat pengambilan foto yaitu 128x160 (QCIF), 320x240 (QVGA) dan 640x480 (VGA). Pada resolusi 128 x 160, zoom dapat dilakukan 4x, pada resolusi 320 x 240 zoom hanya dapat dilakukan 2x dan pada resolusi 640 x 480 sama sekali tidak dapat dilakukan zoom, maka sebenarnya tidak ada fasilitas zoom secara optical maupun digital, yang ada hanya pemotongan resolusi gambar. BenQ Siemens E61 ini tergolong aneh karena pada saat testing tidak ditemukan fasilitas atau fungsi merekam video, jadi E61 hanya bisa untuk mengambil gambar foto saja.

E61 dapat melakukan pengambilan foto 4x multishot yang cocok untuk memotret gerakan yang cepat tapi karena ukuran foto maksimumnya hanya 480 x 640 maka hal ini tidak terlalu berguna karena jika ingin memotret gambar yang bergerak cepat maka biasanya jarak subjek yang diinginkan berjarak jauh sedangkan resolusi sekecil ini tidak akan mampu mengambil gambar tersebut dengan detail yang cukup, pada pengambilan foto ada fasilitas effek seperti Sepia, Mozaic, Negative dan sebagainya.


Memori internal handphone E61 hanya sebesar 2 Mb, Jadi untuk penyimpanan lagu, disertakan juga memori eksternal miniSD sebesar 128 Mb. Pada player MP3-nya memiliki 6 equalizer yaitu flat, bass, rock, pop, jazz dan classic. Ada 2 tampilan yg bisa dipilih selama lagu diputar yaitu standard dan visualization. Tentunya tampilan visualization lebih menarik tetapi juga mungkin lebih boros dalam pemakaian batere. Selebihnya fungsinya seperti player MP3 standard pada umumnya.

Pada handphone BenQ E61 ada 8 pilihan bahasa yaitu Inggris, Indonesia, Thailand, Tieng Viet (Vietnam), India (ada 3 macam bahasa) dan Tagalog (Filipina). Jarang ada handphone yang memiliki fasilitas bahasa India dan Tagalog, jadi E61 ini telah memberikan suatu yang extra tapi sayang tidak ada bahasa China.

Suatu fungsi yang unik dalam E61 yaitu Flight Mode yang tujuannya adalah agar handphone E61 bisa digunakan dalam pesawat terbang dan tidak akan mengganggu radio frekuensi komunikasi kapal tersebut. Pada saat Flight Mode diaktifkan maka E61 tidak bisa membuat dan menerima panggilan telepon dan SMS tapi E61 bisa digunakan sebagai pemutar lagu seperti MP3 player biasa dan juga masih bisa untuk bermain game. E61 memiliki 2 buah game yang sudah terpasang yaitu Twins dan Kevin, Twins adalah sebuah game yang biasa dimainkan orang karena tipe game ini sangat banyak variasinya yaitu menghilangkan objek pada papan permainan dengan cara menyamakan gambar objek yang ada, sedangkan gambar Kevin mirip seperti permainan Bomberman, selain kedua game ini E61 mendukung runtime J2ME (Java) MIDP 2.0 yang memungkinkan pemiliknya untuk menginstall banyak game lain.


Kesimpulan review BenQ Siemens E61 adalah sebuah handphone walkman baru yang murah, jika dibandingkan dengan handphone lain yang memiliki harga pasar yang sama (saat ini harga E61 sekitar 1,3 juta rupiah) dipasaran dan spesifikasi yang mirip maka Motorola E398 mungkin cocok sebagai perbandingan, E398 memiliki layar lebih besar dan suara stereo yang volume nya cukup keras dan baik sedangkan E61 memiliki tombol navigasi audio player yang terpisah yang sangat berguna dan akan cukup sering digunakan.

Keunggulan:
+ Tombol navigasi audio player sangat membantu
+ Kualitas suara cukup baik
+ Fungsi flight mode
+ Ada slot external memori miniSD

Kejelekan:
- SIM card sangat sulit untuk dibuka (butuh penjepit kecil untuk mengeluarkan SIM card).
- Tidak ada modus video
- Tidak ada radio
- Memori miniSD lebih mahal dan kurang banyak beredar dibanding MMC Mobile (DV RS-MMC)


sumber: Cell Phone Reviews and News - Welcome to Mobiledia
 
mas,miniSD pada benq siemen e61 aku kok ga aktif, padahal sebelumnya aktif terus dan baru 2 minggu aku menggunakannya. mohon petunjuknya mas, gmn solusinya??
 
mas cara mendowload games benq E61 gmn sie?
minta petunjuk donk................
 
Merk yang cukup terkenal saat itu, dan tentu saja ini merupakan sebuah hal yang bisa dibeli waktu itu. Sekarang ini sudah diserbu dari merek tirai bambu dan juga korea. Jadi memang semakin sengit saja.
 
Back
Top